Wisata

Yuk Intip Rangkaian Ritual Adat Seblang Bakungan di Desa Penari

Sabtu, 16 Juli 2022 - 13:47 | 63.36k
Yuk Intip Rangkaian Ritual Adat Seblang Bakungan di Desa Penari
Prosesi Ritual Adat Seblang Bakungan oleh Suku Osing Banyuwangi. (Foto: Fazar Dimas/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Banyuwangi di ujung timur Pulau Jawa sudah lama dikenal dengan ritual budaya yang masih lestari hingga saat ini. Salah satunya, Ritual Seblang yang dilakukan masyarakat Suku Osing.

Ritual ini dilaksanakan turun temurun dan dipercayai sebagai prosesi bersih desa dan tolak bala agar desa tetap aman dan jauh dari mara bahaya.

Di Banyuwangi, ritual Seblang hanya bisa ditemui di dua desa yang berada di area Kecamatan Glagah. Dua desa itu adalah Desa Bakungan dan Desa Olehsari.

Meski begitu, Ada perbedaan yang signifikan antara kedua ritual adat Seblang ini. Yang membedakan adalah waktu pelaksanaan dan sang penarinya. Olehsari menyelenggarakan seblang pada satu minggu setelah Hari Raya Idul Fitri, sedangkan Desa Bakungan biasa menyelenggarakan seblang pada satu minggu setelah Hari Raya Idul Adha.

Prosesi-Ritual-Adat-Seblang-Bakungan-a.jpgProsesi Ritual Adat Seblang Bakungan oleh Suku Osing Banyuwangi. (Foto: Fazar Dimas/TIMES Indonesia)

Selain berbeda waktu, pementasan tari seblang di dua desa juga memiliki perbedaan dari segi penari. Desa Olehsari mengharuskan penari seblang seorang perempuan yang masih perawan. Adapun Desa Bakungan mengharuskan penarinya seorang perempuan yang sudah manupouse.

Namun, keduanya memiliki kesamaan, yaitu sama-sama ditarikan selama tujuh hari berturut-turut dalam kondisi sang penari tidak sadarkan diri dan dirasuki oleh roh leluhur. Para penari dipilih melalui ritual yang biasa disebut Gambuh atau juga dikenal sebagai pawang. Adapun penari harus dipilih dari keturunan penari seblang sebelumnya.

Dari segi busana, penari Seblang di Olehsari dan Bakungan memiliki sedikit perbedaan. Khususnya pada bagian mahkota atau dalam Bahasa Osing disebut omprog. Pada penari Seblang di Desa Olehsari, omprog biasanya terbuat dari suwiran pelepah pisang.

Sementara pada penari Seblang di Bakungan, omprog yang dipakai terbuat dari suwiran kain kafan dan dihiasi bunga segar yang diambil dari kebun atau area sekitar pemakaman,

Rangkaian acara ritual adat tari seblang Bakungan akan dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut, mulai tanggal 16 hingga 18 Juli 2022.

Ketua panitia kegiatan ritual adat tari seblang Bakungan, Lukman Hakim saat ditemui di Balaidesa Bakungan menjelaskan bahwa rangkaian acara pada hari pertama akan diisi dengan bazar usaha mikro kecil menengah (UMKM) asli warga desa setempat. hari kedua diisi dengan pertunjukan tari Seblang, dan hari ketiga di isi bazar UMKM serta akan diadakan pentas seni.

Lukman menyampaikan bahwa bazar yang akan dilaksanakan selama rangkaian ritual adat tari seblang, selain untuk menarik minat pengunjung, dipergunakan pula untuk membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Bakungan.

"UMKM di Bakungan seperti usaha kain batik, souvenir, kuliner tradisional akan hadir dalam acara ritual adat ini, semoga ini dapat meningkatkan perekonomian warga," harapnya, Jumat, (15/7/2022).

Pada hari kedua, tepatnya Minggu, 17 Juli 2022 esok, akan menjadi puncak dari rangkaian ritual adat Seblang Bakungan. Terdapat beberapa aktivitas seperti ziarah makam leluhur, selamatan, ider bumi, tari seblang, hingga kirab. Namun kegiatan pada hari puncak biasanya akan diawali dengan prosesi ziarah ke makam leluhur, lalu dilanjutkan dengan selamatan desa.

Setelah selamatan dan makan bersama, rangkaian ritual dilanjutkan dengan ider bumi atau keliling desa. Dalam ider bumi ini, para laki-laki akan membawa obor, sedangkan listrik dipadamkan guna menciptakan suasana yang semakin sakral. Dalam sela- sela ider bumi, disetiap sudut desa akan dilakukan pembacaan doa keselamatan.

Setelah itu, dimulailah pementasan tari seblang yang dibuka oleh gambuh. Penari seblang sudah dirias dan siap untuk menjalankan tugas. Uniknya, penari Seblang di Bakungan akan diolesi atal, tepung dari batu halus berwarna kuning di sekujur tubuh dan wajahnya.

Setelah siap, dengan iringan dari nyanyian para wanita setempat. Mata penari akan ditutupi dengan kedua tangan sesepuh desa ketika menuju area pertunjukan. Saat itu pula, penari dibekali tempeh atau nampan bambu yang berbentuk bulat. 

Sambil membaca mantra dan memanggil nama leluhur yang dipercaya sebagai penjaga desa gambuh mengasapi sang penari dengan dupa. Setelah sang penari kesurupan alias tak sadarkan diri (kejiman dalam istilah lokal) tampah yang dipegang penari akan terjatuh, hal itu lah yang menjadi tanda dimulainya pertunjukan Seblang.

Penari seblang yang sudah kejiman tadi menari dengan gerakan monoton, mata terpejam, dan mengikuti arah sang gambuh, serta irama gending yang dimainkan. Kadang juga berkeliling desa sambil menari, penampilan inipun mirip seperti adegan Ayu menari untuk Badarawuhi dalam film KKN di Desa Penari yang viral baru-baru ini.

Panitia-Ritual-Adat-Seblang-Bakungan-a.jpgPanitia Ritual Adat Seblang Bakungan oleh Suku Osing Banyuwangi. (Foto: Fazar Dimas/TIMES Indonesia)

Dalam pertengahan pertunjukan, si seblang akan melempar selendang ke arah penonton. Siapapun penerima selendang tersebut harus mau menemani si seblang untuk menari bersama didepan. Jika penerima selendang tidak mau dan menolak, maka dia akan dikejar-kejar oleh seblang sampai mau menari.

Di sesi akhir tarian, penari akan membagikan bunga yang ditancapkan pada lidi, yakni Kembang Dermo yang dianggap dapat mendatangkan kemakmuran.

Bagi masyarakat asli Suku Osing, ritual seblang merupakan wujud syukur atas keberhasilan dalam masa panen raya. Sementara itu, tari Seblang ini juga diyakini sebagai wujud pantulan kekuatan bawah sadar yang lahir dari rasa takut dan hormat terhadap kekuatan di luar manusia.

Seblang memiliki filosofi menghilangkan pengaruh buruk. Karena itu, Gerakan tangan yang dilakukan oleh penari seperti membuang tangan ke kanan dan ke kiri. Karena, seblang ini menurut bahasa Osing merupakan singkatan dari Sebele Ilang (hilang sialnya), sehingga gambaran mengusir semua hal yang tidak menyenangkan seperti penyakit dan bala-bala agar hilang serta digantikan dengan kemakmuran.

Jadi, bisa dibayangkan bukan bagaimana kemeriahan Ritual Adat Tari Seblang, sebuah momentum pesta rakyat warisan budaya dibalut dengan unsur magis asli masyarakat Banyuwangi. Kamu jangan lupa datang juga ya ! (*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Publisher : Sholihin Nur

EKORAN

TERBARU

  • Perselisihan Lahan Antar Warga dengan PT GPK, DPRD Bontang Bantu Menyelesaikan
    Perselisihan Lahan Antar Warga dengan PT GPK, DPRD Bontang Bantu Menyelesaikan
    17/08/2022 - 20:48
  • 73 Warga Binaan Rutan Banjarnegara Terima Remisi, 4 Diantaranya Bebas
    73 Warga Binaan Rutan Banjarnegara Terima Remisi, 4 Diantaranya Bebas
    17/08/2022 - 20:42
  • 77 Bendera Merah Putih Dikibarkan di Bundaran Glaser Probolinggo
    77 Bendera Merah Putih Dikibarkan di Bundaran Glaser Probolinggo
    17/08/2022 - 20:36
  • Umbul Dongo Kirab 77 Tumpeng, Cara Warga Kalikuning Pacitan Maknai Kemerdekaan
    Umbul Dongo Kirab 77 Tumpeng, Cara Warga Kalikuning Pacitan Maknai Kemerdekaan
    17/08/2022 - 20:33
  • Membanggakan! Siswi Banyuwangi Jadi Pembawa Baki Upacara Penurunan Bendera di Istana
    Membanggakan! Siswi Banyuwangi Jadi Pembawa Baki Upacara Penurunan Bendera di Istana
    17/08/2022 - 20:30

TIMES TV

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

10/11/2021 - 09:39

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

iGuides

  • Tawarkan Konsep Baru, Saygon Hotel and Cottage Terekomendasi Iguides 5 Star
    20/03/2022 - 18:00
  • Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    28/01/2022 - 10:38
  • Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    07/12/2021 - 20:06
  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05

KOPI TIMES

  • Tujuan Indonesia Merdeka
    Tujuan Indonesia Merdeka
    17/08/2022 - 18:17
  • Lingkaran Togog Membunuh Dursasana
    Lingkaran Togog Membunuh Dursasana
    17/08/2022 - 10:46
  • 17 (pitulasan) ke 77: Pitulungan, Pituduh, Pitutur
    17 (pitulasan) ke 77: Pitulungan, Pituduh, Pitutur
    17/08/2022 - 05:33
  • Bangkit Lebih Kuat dalam Mengisi Kemerdekaan
    Bangkit Lebih Kuat dalam Mengisi Kemerdekaan
    17/08/2022 - 04:02
  • Gus Men & Pelaksanaan Haji Paripurna Pasca Corona
    Gus Men & Pelaksanaan Haji Paripurna Pasca Corona
    16/08/2022 - 07:32
  • Perlukah 'Motif' dalam Kasus Irjen Ferdy Sambo?
    Perlukah 'Motif' dalam Kasus Irjen Ferdy Sambo?
    15/08/2022 - 17:14
  • Retrospeksi 77 tahun Kemerdekaan di Sektor Pendidikan
    Retrospeksi 77 tahun Kemerdekaan di Sektor Pendidikan
    15/08/2022 - 16:11
  • KKN di Perguruan Tinggi: Sebuah Pengabdian atau Sekadar Penggugur Kewajiban?
    KKN di Perguruan Tinggi: Sebuah Pengabdian atau Sekadar Penggugur Kewajiban?
    15/08/2022 - 15:29

KULINER

  • Pepes Ayam Kemangi, Olahan Tak Biasa yang Bikin Kangen 
    Pepes Ayam Kemangi, Olahan Tak Biasa yang Bikin Kangen 
    17/08/2022 - 00:47
  • Ragam Kue Beras, Makanan Khas Korea yang Sering Muncul di Drakor
    Ragam Kue Beras, Makanan Khas Korea yang Sering Muncul di Drakor
    16/08/2022 - 10:07
  • Bola-Bola Nasi Keju, Menu Bekal Enak Pasti Kenyang
    Bola-Bola Nasi Keju, Menu Bekal Enak Pasti Kenyang
    16/08/2022 - 05:00
  • Bola-Bola Nasi Keju, Menu Bekal Enak Pasti Kenyang
    Bola-Bola Nasi Keju, Menu Bekal Enak Pasti Kenyang
    16/08/2022 - 05:00
  • Dijual di Pusat Perbelanjaan, Jajanan Jadul Khas Gresik Naik Kelas
    Dijual di Pusat Perbelanjaan, Jajanan Jadul Khas Gresik Naik Kelas
    15/08/2022 - 19:04