Peristiwa Internasional

Perang Dingin Iran vs AS, Joe Biden Cari Dukungan ke Arab Saudi

Sabtu, 16 Juli 2022 - 11:48 | 33.18k
Biden berjabat tangan dengan Raja Salman di Istana Kesultanan Salam di Jeddah, Arab Saudi, Jumat (15/7/2022). (Foto: Twitter)
Biden berjabat tangan dengan Raja Salman di Istana Kesultanan Salam di Jeddah, Arab Saudi, Jumat (15/7/2022). (Foto: Twitter)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Rencana Iran memiliki pangkalan nuklir sendiri membuat AS ketar ketir. Hal inilah yang diperkirakan akan dibahas dalam kunjungan Presiden AS Joe Biden ke Arab Saudi. Negara adikuasa ini diperkirakan akan meminta dukungan Arab Saudi perihal penolakan terhadap rencana Iran tersebut.

Kedatangan Biden di Arab Saudi pada Jumat (15/7/2022) disambut Iran dengan memamerkan armada kapal perang dengan persenjataan drone canggih mereka. Sejumlah kapal perang dan kapal selam dipamerkan dengan persenjataan kuat.

Beberapa hari belakangan hubungan AS dengan Iran memang agak memanas. AS menuduh Iran memasok persenjataan drone ke Rusia. Namun hal tersebut dibantah tegas oleh pihak kementrian keamanan Iran dan menyatakan tuduhan tersebut tanpa dasar.

Permintaan dukungan ini sudah dilayangkan Biden ke pihak Israel. Dan nampaknya gayung bersambut, Israel mengamini pendapat Biden tentang rencana pembuatan pangkalan nuklir tersebut. Dan hal ini juga diperkirakan akan diperbincangkan dalam pertemuannya dengan Raja Salman.

Namun hingga kini, pertemuan Biden dengan Raja Salman masih membahas seputar harga minyak dunia. Diketahui, AS kini mengalami inflasi tertinggi selama 40 tahun terakhir akibat naiknya harga barang-barang pokok temasuk harga bahan bakar.

Kedatangan Joe Biden ke Arab Saudi diharapkan warga AS mampu mneurunkan harga minyak yang terus meroket. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES