Peristiwa Internasional

Cuaca Panas Sebabkan Ribuan Hektar Lahan di Eropa Alami Kebakaran

Kamis, 14 Juli 2022 - 19:15 | 51.90k
Kebakaran hutan di Portugal, Selasa (12/7/2022). (FOTO: Armando Franca/AP) 
Kebakaran hutan di Portugal, Selasa (12/7/2022). (FOTO: Armando Franca/AP) 

TIMESINDONESIA, LISBON – Cuaca panas serta perubahan iklim yang tak menentu disinyalir menjadi penyebab utama terjadinya kebakaran di beberapa negara Eropa. Setidaknya ada 4 negara Eropa yang secara bersamaan pada Selasa (12/7/2022) kemarin mengalami kebakaran di beberapa sudut daerahnya.

Negara-negara tersebut adalah Portugal, Spanyol, Kroasia, dan Perancis. Dilansir dari AP, di Portugal kebakaran ini mengakibatkan setidaknya sekitar 600 warga dievakuasi dari tempat tinggal mereka. Bahkan, 120 orang harus dirawat di rumah sakit dan dua diantaranya mengalami luka bakar serius.

Kebakaran-hutan-di-Portugal-2.jpg

Masih di Portugal, setidaknya sekitar 1300 petugas pemadam kebakaran diterjunkan untuk mengatasi masalah tersebut. Sekitar 1000 petugas lainnya diterjunkan langsung ke lapangan dengan alat seadanya untuk langsung mengatasi titik api.

Kebakaran-hutan-di-Portugal-3.jpg

Sementara itu di Perancis kebakaran juga terjadi di sekitar wilayah Landiras dan Teste-de-Buch. Setidaknya sekitar 800 petugas damkar diturunkan untuk membantu proses pemadaman. Bahkan hingga Rabu pagi waktu setempat, api masih juga belum berhasil dipadamkan.

Kebakaran-hutan-di-Portugal-4.jpg

Sekitar 6500 penduduk lokal perancis dievakuasi ke tempat yang lebih aman. Kebakaran di seluruh Eropa ini setidaknya menghanguskan 3000 hektar lahan baik hutan, ladang, maupun pemukiman. Angin kencang serta lahan kering diduga menjadi salah satu faktor sulitnya proses pemadaman kebakaran. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES