Wisata

Pesona Alam Objek Wisata Krueng Babahrot di Aceh Pikat Wisatawan

Kamis, 14 Juli 2022 - 12:30 | 146.14k
Pengunjung menaiki perahu ketek di Krueng Babahrot. (FOTO: T. Khairul Rahmat Hidayat/TIMES Indonesia)
Pengunjung menaiki perahu ketek di Krueng Babahrot. (FOTO: T. Khairul Rahmat Hidayat/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, ACEH – Udara sejuk, air jernih dan pemandangan elegan yang dimiliki objek wisata Krueng Babahrot mampu pikat wisatawan terlebih pada hari libur. ‘Krueng’ dalam Bahasa Aceh berarti sungai ini terletak di antara Desa Pantee Rakyat dan Desa Pantee Cermin, Kecamatan Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh.

Lokasi wisata ini berada di kaki pegunungan bukit barisan dan tidak jauh dari ibukota kabupaten hanya berkisar sekitar 30 menit perjalanan dengan kendaraan dari Kota Blangpidie. Letaknya sangat strategis, jika anda melintasi jalan pantai barat selatan Aceh, anda akan melewati sungai ini dan bisa menyaksikan secara langsung keindahan alam yang disuguhkan Krueng Babahrot dari jembatan Babahrot.

Pepohonan hijau nan rimbun juga tumbuh disana, sehingga menambah kesan sejuk dan asri. Tempat wisata yang berada dikabupaten bertuan tanah Teungku Peukan ini menyuguhkan air yang jernih yang membuat lega ketika wisatawan berkunjung ke sana.

Krueng-Babahrot-2.jpgWisatawan Krueng Babahrot bermain air dan menyaksikan keindahan alam (FOTO: T. Khairul Rahmat Hidayat/TIMES Indonesia)

Wisatawan yang datang pun bukan hanya dari kabupaten setempat saja, pengunjung juga berasal dari kabupaten tetangga seperti warga Kabupaten Aceh Nagan Raya, Aceh Barat, Aceh Jaya, Aceh Selatan, Aceh Singkil, Kota Subulussalam, dan daerah lainnya juga kerap mendatangi tempat wisata tersebut.

"Airnya sangat dingin. Disini juga dikelilingi dengan pepehonan sehingga menambah daya pikat. Objek wisata ini pantas dan patut untuk dikunjungi," kata Dewi, salah seorang pengunjung asal Kabupaten Nagan Raya kepada TIMES Indonesia, Kamis (14/7/2022).

Pada hari libur setelah Hari Raya Idul Adha 2022 ini, setidaknya hampir seribuan masyarakat mengunjungi destinasi wisata Krueng Babahrot setiap harinya. Hal itu dapat mendongkrak perekonomian pedagang yang berjualan berbagai jenis makanan disana.

Tempat ini mempunyai daya pikat tersendiri, hingga semakin digemari masyarakat sebagai sebagai tempat tujuan berdarmawisata bersama keluarga, partner tempat bekerja, terutama pada hari libur.

Hal senada juga disampaikan Bukhari, salah satu wisatawan asal Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut). Ia mengetahui keberadaan wisata alam ini dari media sosial. Karena penasaran, ia menyempatkan diri singgah di Krueng Babahrot sebelum berangkat menuju Banda Aceh bersama keluarga.

"Airnya berasal dari hulu sungai yang terletak di hutan Leuser. Pemandangannya juga sangat luar biasa. Pantasnya Krueng Babahrot menjadi salah satu ikonik wisata yang ada di pantai barat selatan Aceh," ujar Bukhari.

Krueng-Babahrot-3.jpgPengunjung bermain air di Krueng Babahrot (FOTO: T. Khairul Rahmat Hidayat/TIMES Indonesia)

Objek wisata Krueng Babahrot ini merupakan tempat wisata yang ramah dan sangat bersahabat dengan isi dompet. Anda bisa menikmati wisata alami ini free, alias gratis. Disana juga tersedia kantin, menu makanan dan minum yang disediakan juga harga normal.

Untuk menambah daya tarik, warga setempat juga menyediakan perahu ketek. Bagi yang berminat mengelilingi Krueng Babahrot, pemilik perahu hanya memungut tarif Rp10 ribu per pengunjung. Sangat murah bukan?

Ayo para traveler dan wisatawan, tunggu apa lagi. Objek wisata alam ini, patut dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata anda selanjutnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES