Ekonomi

Dorong Pertumbuhan, Banggar DPR Dukung Penerapan Ekonomi Sirkular

Rabu, 13 Juli 2022 - 21:48 | 21.96k
Anggota Banggar DPR RI Mukhtarudin - (FOTO: Partai Golkar)
Anggota Banggar DPR RI Mukhtarudin - (FOTO: Partai Golkar)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Anggota Banggar DPR RI Mukhtarudin menilai upaya perbaikan pada sektor perekonomian nasional terus berlanjut. Pasalnya, tidak hanya untuk mengembalikan kondisi ekonomi sebagaimana sebelum krisis.

"Tapi hal ini ke kondisi yang jauh lebih baik (build back better) dengan melakukan transformasi ekonomi ke arah yang lebih hijau atau ekonomi sirkular," kata Mukhtarudin dalam keterangan tertulisnya, Rabu, (13/7/2022).

Politisi Golkar dari daerah pemilihan (Dapil) Kalimantan Tengah menyampaikan hal itu menanggapi Menko Perekonomian Airlangga Hartarto yang menyebut ekonomi sirkular dapat meningkatkan produk domestik bruto (PDB) Indonesia.

Ekonomi sirkular merupakan model industri baru yang berfokus pada reducing, reusing, dan recycling yang mengarah pada pengurangan konsumsi sumber daya primer dan produksi limbah.

Untuk itu, Anggota Komisi VII DPR ini berharap penerapan transisi menuju ekonomi sirkular tersebut akan mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi dan menciptakan lapangan kerja baru dalam jumlah yang besar.

"Jadi saya kira transportasi menuju ekonomi sirkular sangat penting bagi Indonesia, karena akan membawa dampak positif bagi lingkungan serta pertumbuhan di masa yang akan datang," pungkas Mukhtarudin.

Diketahui, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebutkan bahwa penerapan sistem ekonomi sirkular dapat membawa manfaat besar bagi perekonomian Indonesia, termasuk bagi produk domestik bruto (PDB).

“Potensi ekonomi sirkular sangatlah besar. Di Indonesia sendiri, pendekatan sirkular dapat menghasilkan tambahan keseluruhan PDB sebesar 593.638 triliun rupiah,” kata Airlangga saat membuka seminar “Blue, Green, and Circular Economy: The Future Platform for Post-Pandemic Development”.

Seminar tersebut merupakan bagian dari rangkaian pertemuan sherpa G20 kedua yang diselenggarakan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Rabu, (13/7).

Ekonomi sirkular adalah sistem ekonomi yang melibatkan strategi seperti rancangan yang inovatif, memperbaharui, meningkatkan dan mendaur ulang sampah dalam rantai pasok guna menjaga nilai produk komponen, dan bahan-bahan untuk waktu yang lama.

"Hal tersebut kemudian dapat menekan tingkat konsumsi dan emisi gas rumah kaca," kata Airlangga.

Menurut Airlangga, ekonomi sirkular merupakan bagian penting dalam mendukung tujuan berkelanjutan dengan mengeliminasi sampah dan polusi dari sistem ekonomi.

"Secara global, ekonomi sirkular memberikan alternatif yang dapat membawa manfaat ekonomi sebesar 4,5 triliun dolar AS pada tahun 2030," tandas Airlangga Hartarto.

Bagi Indonesia, selain terhadap PDB, penerapan ekonomi sirkular juga dapat mengurangi sampah di masing-masing sektor sebesar 18-52 persen dan mengurangi emisi CO2 sebesar 126 juta ton, serta penggunaan air sebesar 6,3 miliar meter kubik.

Selain itu, 4,4 juta pekerjaan net kumulatif juga dapat tercipta, berbarengan dengan penyimpanan rumah tangga tahunan (annual household savings) sebesar hampir 9 persen dari anggaran mereka, yakni sebesar 4,9 juta per tahun, pada 2030.

Meski demikian, Airlangga menggarisbawahi bahwa hingga hari ini hanya 8,6 persen ekonomi di dunia yang telah menerapkan pendekatan sirkular.

“Ini mengindikasikan bahwa masih banyak yang harus dilakukan,” ujarnya.

Selain terkait ekonomi sirkular, Airlangga juga membahas pentingnya penerapan ekonomi biru dan hijau guna menjaga keseimbangan konservasi alam.

Pertemuan Sherpa G20 kedua diselenggarakan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, mulai 10 hingga 13 Juli.

Pada hari keempat, Rabu, para peserta mengikuti seminar terkait ekonomi hijau, biru, dan sirkular, menyusul perjalanan mereka menjelajahi Pulau Messah, Taman Nasional Komodo, dan Pulau Padar, NTT, pada Rabu (12/7). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES