Kesehatan

Cacar Monyet Masuk Rusia

Selasa, 12 Juli 2022 - 20:03 | 70.95k
Kementerian Kesehatan Rusia mengatakan sistem perawatan kesehatan negara itu telah mempersiapkan masuknya pasien cacar monyet sejak Mei. (FOTO: The Moscow Times/Kantor Berita Moskow)
Kementerian Kesehatan Rusia mengatakan sistem perawatan kesehatan negara itu telah mempersiapkan masuknya pasien cacar monyet sejak Mei. (FOTO: The Moscow Times/Kantor Berita Moskow)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Otoritas Kesehatan Federal Rusia Selasa (12/7/2022)  telah mengkonfirmasi untuk kali pertama mencatat kasus cacar monyet.

"Infeksi itu ditemukan pada seorang pria muda yang kembali dari perjalanan melalui negara-negara Eropa dan pergi ke fasilitas medis dengan ruam yang khas," kata pengawas perlindungan konsumen negara Rospotrebnadzor dalam sebuah pernyataan. 

Dilansir The Moscow Times, Rospotrebnadzor mengatakan pasien, yang gejalanya ringan, telah diisolasi di rumah sakit penyakit menular. 

"Orang-orang yang bisa dihubungi juga telah ditetapkan, mereka sedang dipantau oleh dokter," kata pernyataan itu. 

Pernyataan itu juga menambahkan bahwa penyakit pria itu diketahui dengan cepat dan membantu mencegah penyebaran infeksi lebih lanjut.

Kementerian Kesehatan Rusia mengatakan sistem perawatan kesehatan negara itu telah mempersiapkan masuknya pasien cacar monyet sejak Mei dan pedoman untuk pencegahan, diagnosis, dan pengobatan virus juga telah didistribusikan ke wilayah Rusia. 

Wabah infeksi di Eropa dan Amerika Serikat telah memicu kekhawatiran di seluruh dunia atas cacar monyet, penyakit langka yang termasuk dalam keluarga virus yang sama dengan cacar yang biasanya endemik di Afrika Barat dan Tengah.

Rusia telah menjadi salah satu negara yang paling terpukul oleh pandemi Covid-19, dengan hampir 1 juta lebih kematian dihitung sejak awal pandemi hingga Januari 2022.

Otoritas kesehatan federal Rusia  bulan lalu telah menghapus semua pembatasan virus corona nasional yang tersisa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES