Glutera News

11 Manfaat Penting Stretching/ Peregangan, Meningkatkan Kualitas Tidur Salah Satunya

Selasa, 12 Juli 2022 - 12:53 | 25.15k
11 Manfaat Penting Stretching/ Peregangan, Meningkatkan Kualitas Tidur Salah Satunya
Image: Glutera for Times Indonesia
Editor: Dhina Chahyanti

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Peregangan atau stretching menjadi salah satu kegiatan yang wajib dilakukan sebelum memulai olahraga. Namun tak hanya digunakan sebagai pemanasan, stretching pun memiliki banyak manfaat lainnya.

Stretching atau peregangan otot tidak hanya berguna jika dilakukan sebelum olahraga. Manfaat stretching bagi kesehatan tubuh juga bisa diperoleh apabila Anda rutin melakukannya di sela kegiatan sehari-hari atau ketika sedang bekerja di kantor. 

Stretching atau peregangan merupakan gerakan pemanasan yang umumnya dilakukan sebelum olahraga. Gerakan ini bertujuan untuk mempersiapkan otot tubuh sebelum melakukan gerakan yang lebih intens agar tidak mengalami cedera. 

Nah, apa saja manfaat stretching bagi kesehatan tubuh?

Berbagai manfaat stretching 

Tak hanya ketika hendak berolahraga, banyak orang juga melakukan stretching atau peregangan otot ketika tubuhnya mulai terasa kaku dan pegal. Bahkan, gerakan ‘ngulet’ saat bangun tidur dengan cara meregangkan tangan ke atas juga termasuk salah satu gerakan stretching. Gerakan stretching juga baik dilakukan oleh ibu hamil.

Apabila dilakukan secara rutin, ada banyak manfaat stretching yang bisa Anda peroleh, di antaranya:

1. Meningkatkan fleksibilitas tubuh

Seiring bertambahnya usia, tubuh Anda akan menjadi kurang lentur atau fleksibel, terlebih jika Anda jarang bergerak atau berolahraga. Hal ini bisa membuat aktivitas menjadi kurang nyaman.

Untuk menjaga kelenturan dan kekuatan otot tubuh, Anda dapat rutin melakukan stretching. 

Gerakan ini bisa membuat otot tetap fleksibel, kuat, dan sehat. Selain itu, manfaat stretching juga baik untuk menjaga kesehatan dan kekuatan berbagai sendi tubuh.

Dengan rutin olahraga dan stretching, Anda akan tercegah dari berbagai keluhan, seperti nyeri atau kaku sendi dan tegang otot.

2. Melancarkan peredaran darah

Kebiasaan sering duduk atau menatap komputer terlalu lama bisa membuat peredaran darah di dalam tubuh, misalnya pada kaki, leher, dan bahu, menjadi kurang lancar. Hal inilah yang membuat area tubuh tersebut mudah kaku, pegal, atau nyeri.

Stretching di sela aktivitas sehari-hari berguna untuk meningkatkan aliran darah pada otot di area tersebut, sehingga membuat tubuh terasa lebih nyaman.

3. Memperbaiki postur tubuh

Ketika memakai ponsel, tubuh biasanya akan membungkuk dengan posisi kepala menunduk. Postur tubuh yang kurang baik ini lama-kelamaan bisa membuat otot leher menjadi lemah, sehingga berisiko memicu terjadinya gangguan sendi dan otot di leher, misalnya nyeri leher.

Untuk mencegahnya, lakukan stretching dengan cara mendongakkan kepala dan merenggangkan otot dada. Anda juga bisa menyertainya dengan gerakan memutar kepala.

4. Mengatasi nyeri punggung

Salah satu penyebab nyeri punggung adalah ketegangan atau kekakuan pada otot punggung. Gangguan ini bisa terjadi akibat beberapa hal, misalnya postur tubuh yang kurang baik dan kebiasaan jarang berolahraga.

Untuk meredakan gejala nyeri punggung akibat otot punggung yang kaku, Anda bisa melakukan stretching secara rutin. Selain itu, Anda juga bisa mencoba olahraga tertentu, seperti yoga, pilates, atau renang.

Gerakan stretching dan olahraga tersebut juga bermanfaat untuk memperkuat otot punggung dan mencegah kambuhnya nyeri punggung di masa mendatang.

5. Meredakan stres

Saat berolahraga, termasuk olahraga sederhana seperti stretching, tubuh akan menghasilkan hormon penghilang stres alami, yaitu endorfin. Inilah sebabnya mengapa stretching dan olahraga secara rutin baik dilakukan untuk mengatasi stres dan rasa cemas.

6. Meringankan sakit punggung

Jika Anda menderita sakit punggung yang diakibatkan terlalu banyak berolahraga, posisi tidur yang kurang baik, atau sering mengalami kesemutan, peregangan dapat membantu meringankannya.

Peregangan dapat membantu mengurangi rasa sakit dengan mengendurkan ketegangan pada otot dan meningkatkan aliran darah ke area tersebut.

Lakukan peregangan dinamis seperti 'cat-cow' atau 'thread-the-needle'. Jenis peregangan ini dapat membantu memobilisasi tulang belakang secara perlahan dan meregangkan otot-otot sekelilingnya.

7. Meningkatkan kualitas tidur

Tidur berkualitas sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental. Semakin banyak kita tidur, maka semakin kita merasa berenergi dan fokus. Tetapi, banyak orang yang merasa sulit untuk tidur nyenyak.

Melakukan stretching sebelum tidur dapat meningkatkan kualitasnya menjadi lebih baik dengan mengurangi stimulasi mental.

8. Meningkatkan kinerja dalam aktivitas fisik

Melakukan peregangan dinamis sebelum aktivitas fisik telah terbukti membantu mempersiapkan otot untuk kegiatan tersebut. 

Ini juga dapat membantu meningkatkan kinerja dalam berkegiatan atau olahraga atletik.

9. Membantu menyembuhkan dan mencegah sakit pinggang

Otot yang tegang dapat menyebabkan penurunan rentang gerak. Ketika ini terjadi, kemungkinan ketegangan otot-otot di punggung akan meningkat. 

Karena itu, stretching dapat membantu menyembuhkan cedera punggung dengan meregangkan otot.

Rutinitas peregangan yang teratur juga dapat membantu mencegah nyeri punggung di masa mendatang dengan memperkuat otot punggung dan mengurangi risiko ketegangan otot.

10. Menenangkan pikiran

Membiasakan stretching secara teratur tidak hanya membantu meningkatkan fleksibilitas, tapi juga dapat menenangkan pikiran. 

Saat melakukan peregangan, fokuslah pada latihan kesadaran dan meditasi. Ini pada akhirnya akan membuat pikiran beristirahat secara mental.

11. Membantu mengurangi sakit kepala tegang

Sakit kepala tegang dan stres dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Selain diet yang tepat, hidrasi cukup, dan banyak istirahat, stretching dapat membantu mengurangi ketegangan yang dirasakan akibat sakit kepala.

Jenis-jenis stretching

Ada beberapa jenis teknik stretching. Beberapa di antaranya adalah:
• Dinamis
• Statis
• Balistik
• PNF
• Pasif
• Peregangan aktif
Namun demikian, jenis stretching yang paling umum adalah statis dan dinamis:

Peregangan statis

Peregangan ini melibatkan menahan peregangan dalam posisi yang nyaman untuk jangka waktu tertentu, biasanya antara 10-30 detik. 

Bentuk peregangan ini paling bermanfaat setelah berolahraga.

Peregangan dinamis 

Peregangan ini merupakan gerakan aktif yang menyebabkan otot meregang. 

Tapi, peregangan tidak ditahan di posisi akhir. Peregangan ini biasanya dilakukan sebelum berolahraga agar otot siap untuk bergerak.

Agar manfaat stretching bisa Anda peroleh secara optimal, luangkanlah waktu setidaknya 5–10 menit setiap hari untuk melakukan gerakan tersebut. Jika selama ini Anda jarang melakukan olahraga atau stretching, mulailah untuk membiasakan diri melakukan stretching. (*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Publisher : Rochmat Shobirin

EKORAN

TERBARU

  • Meditasi Bikin Jennifer Aniston Awet Muda 
    Meditasi Bikin Jennifer Aniston Awet Muda 
    11/08/2022 - 02:00
  • ​The Difference Between Gado-Gado, Pecel and Lotek
    ​The Difference Between Gado-Gado, Pecel and Lotek
    11/08/2022 - 01:22
  • Bedjo, an Indonesian Electric Vehicle of ITN Malang
    Bedjo, an Indonesian Electric Vehicle of ITN Malang
    11/08/2022 - 00:18
  • Steven Seagal Kunjungi Donbas untuk 'Mengubah Persepsi' Tentang Perang Ukraina
    Steven Seagal Kunjungi Donbas untuk 'Mengubah Persepsi' Tentang Perang Ukraina
    10/08/2022 - 22:57
  • Ridwan Kamil Apresiasi PWNU Jabar Bangun Peradaban Jawa Barat
    Ridwan Kamil Apresiasi PWNU Jabar Bangun Peradaban Jawa Barat
    10/08/2022 - 22:48

TIMES TV

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

10/11/2021 - 09:39

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

iGuides

  • Tawarkan Konsep Baru, Saygon Hotel and Cottage Terekomendasi Iguides 5 Star
    20/03/2022 - 18:00
  • Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    28/01/2022 - 10:38
  • Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    07/12/2021 - 20:06
  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05

KOPI TIMES

  • Pekan ASI: Ayo Kerja Sama Mengasihi!
    Pekan ASI: Ayo Kerja Sama Mengasihi!
    10/08/2022 - 16:40
  • Kali ini Bagong yang Resah
    Kali ini Bagong yang Resah
    10/08/2022 - 09:13
  • Jangan Gampang Mengkafirkan
    Jangan Gampang Mengkafirkan
    10/08/2022 - 00:51
  • Tantangan Pariwisata di Sumba Timur
    Tantangan Pariwisata di Sumba Timur
    08/08/2022 - 23:11
  • Kelindan Environment Ethic di Bumi Wonosalam, Jombang
    Kelindan Environment Ethic di Bumi Wonosalam, Jombang
    08/08/2022 - 19:28
  • Balada Santribritis: Momentum untuk Dakwah atau Sekedar Lifestyle Semata
    Balada Santribritis: Momentum untuk Dakwah atau Sekedar Lifestyle Semata
    08/08/2022 - 18:48
  • Dr. Ahmad Basarah dan Ijtihad Pengujian Undang-Undang Berdasarkan Pancasila
    Dr. Ahmad Basarah dan Ijtihad Pengujian Undang-Undang Berdasarkan Pancasila
    08/08/2022 - 17:33
  • Menakar Peta Radikalisme di Malang
    Menakar Peta Radikalisme di Malang
    08/08/2022 - 11:32

KULINER

  • Kakiage, Bakwan Sayur Ala Jepang, Asik Buat Cemilan Sore
    Kakiage, Bakwan Sayur Ala Jepang, Asik Buat Cemilan Sore
    09/08/2022 - 17:32
  • Cafe Ubar, Tawarkan Sensasi Nikmatnya Kopi Majalengka di Tengah Panorama Alam
    Cafe Ubar, Tawarkan Sensasi Nikmatnya Kopi Majalengka di Tengah Panorama Alam
    09/08/2022 - 15:49
  • Kuliner Tengkleng Kepala Kambing Utuh Pertama di Sragen
    Kuliner Tengkleng Kepala Kambing Utuh Pertama di Sragen
    09/08/2022 - 04:24
  • Terapkan Metode Hygiene Sanitasi, Kuliner Cimplung Banyuwangi Jadi Makin Berkelas
    Terapkan Metode Hygiene Sanitasi, Kuliner Cimplung Banyuwangi Jadi Makin Berkelas
    07/08/2022 - 19:29
  • Yuk Incip Nusantara Buffet Kaya Rasa di ASTON Jember
    Yuk Incip Nusantara Buffet Kaya Rasa di ASTON Jember
    07/08/2022 - 12:08