Glutera News

10 Tanda Anda Mangalami Penuaan Dini

Senin, 11 Juli 2022 - 14:24 | 20.37k
10 Tanda Anda Mangalami Penuaan Dini
Image: Glutera for Times Indonesia
Editor: Dhina Chahyanti

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Penuaan dini bisa saja dialami oleh orang dewasa muda. Kondisi ini bukan hanyak karena pertambahan usia, tetapi juga pola hidup yang tidak sehat dan kebiasaan tertentu. 

Untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini, kenali apa saja kebiasaan tersebut.

Setiap orang pastinya akan mengalami penuaan seiring bertambahnya usia. Mengutip Verywell Fit, artikel 2019 yang diterbitkan di Biochemia Medica menyebutkan penuaan tubuh manusia adalah kemunduran proses fisiologis yang tidak dapat diubah terkait waktu yang mendukung kemampuan spesies untuk bertahan hidup. 

Dengan kata lain, penuaan adalah ketidakmampuan tubuh untuk memperbaiki dirinya sendiri dan meregenerasi sel-sel baru. Tubuh manusia memiliki banyak jenis sel dengan rentang hidup yang bervariasi. Beberapa sel memiliki umur yang sangat pendek, seperti sel kulit dan tulang. Jenis sel ini memiliki kemampuan untuk beregenerasi secara teratur dengan sel baru menggantikan sel lama.

Sel-sel lainnya hidup sangat lama, tetapi tidak dapat beregenerasi, seperti sel-sel saraf di otak manusia. Banyak perubahan yang terjadi pada tubuh Anda seiring bertambahnya usia karena perlambatan produksi sel dan degenerasi sel, jaringan, dan organ yang tidak dapat diperbaiki oleh tubuh Anda. 

Berikut perubahan yang dapat terjadi sebagai tanda-tanda penuaan tubuh:

1. Kehilangan otot

Mengutip Verywell Fit, antara usia 30-40 tahun, massa tubuh tanpa lemak mulai menurun. Itu artinya produksi sel otot tubuh Anda melambat. Pada saat mencapai usia 50 tahun, Anda mungkin memiliki massa otot 10 persen lebih sedikit dari pada saat berusia 30 tahun.

Akibatnya, Anda akan lebih kesulitan untuk mengangkat benda-benda, seperti tas belanjaan.
Selain itu, hilangnya otot akan mempengaruhi:
• Daya tahan
• Keseimbangan
• Mobilitas
• Bagian bawah tubuh manusia cenderung lebih cepat kehilangan otot dan kekuatan dari pada tubuh bagian atas. Fakta ini adalah salah satu alasan mengapa lansia berisiko sering jatuh.

2. Pengeroposan tulang

Mengutip Verywell Fit, pengeroposan tulang juga merupakan perubahan tubuh yang umum terjadi seiring bertambahnya usia. Faktanya, seiring bertambahnya usia, laju kerusakan sel tulang melebihi laju produksi sel tulang baru.

Hal ini menyebabkan tulang Anda menjadi kurang padat dan lebih rapuh, yang memicu osteopenia atau osteoporosis. Kombinasi keropos tulang dan otot dapat mempengaruhi tinggi badan Anda. Orang dewasa kehilangan tinggi badan 1/2 inci setiap 10 tahun setelah usia 40 tahun.

3. Perubahan bentuk tubuh

Mengutip Verywell Fit, perubahan massa otot dan tulang juga akan mempengaruhi bentuk tubuh manusia. Saat Anda kehilangan otot dan tulang, lemak tubuh meningkat, sehingga mengubah komposisi tubuh Anda. Sebagian besar lemak baru kemudian menumpuk di daerah perut. Itu menjadi lemak perut ekstra atau lemak visceral yang merupakan faktor risiko kondisi kesehatan kronis, seperti penyakit jantung dan diabetes. 

4. Perubahan pencernaan

Mengutip Verywell Fit, manusia juga akan secara bertahap mengalami masalah pencernaan baru dalam proses penuaan tubuh, seperti refluks asam atau sembelit. Masalah pencernaan ini adalah akibat dari perubahan terkait usia yang memengaruhi fungsi saluran pencernaan manusia.

Perlambatan motilitas gastrointestinal adalah bagian dari proses penuaan. Itu berarti makanan membutuhkan waktu lebih lama untuk bergerak melalui saluran pencernaan, menyebabkan sakit di ulu hati dan sembelit. Anda mungkin juga akan merasakan bahwa beberapa makanan favorit Anda tidak lagi memiliki cita rasa seperti dulu. Itu tanda adanya perubahan sensorik pada indra perasa dan karena selera Anda juga menua.

5. Perubahan kognitif

Mengutip Verywell Fit, perubahan kognitif juga dapat terjadi sebagai tanda penuaan tubuh manusia seiring bertambahnya usia. Antara usia 30-40 tahun, sinyal saraf antara tubuh dan otak Anda akan mulai melambat. Perubahan ini mempersulit Anda untuk memperhatikan, memproses informasi, dan melakukan banyak tugas. Sehingga, normal saja orang yang lebih tua atau lansia membutuhkan waktu lebih lama untuk mempelajari hal-hal baru dan sering lupa, seperti di mana mereka meletakkan kunci.

6. Perubahan sensorik

Mengutip Verywell Fit, tanda penuaan manusia dari indra lainnya adalah penglihatan dan pendengaran, selain perasa. Sekitar usia 40 tahun, mata Anda menjadi kaku dan kurang fleksibel, sehingga lebih sulit untuk memfokuskan cahaya pada retina.

Misalnya, Anda mungkin mendapati diri Anda memegang buku lebih jauh dari mata Anda untuk melihat kata-kata dengan lebih jelas (rabun dekat). Seperti mata, gangguan pendengaran terkait usia paling sering terjadi karena perubahan struktural di telinga. Misalnya, Anda mungkin mulai memiliki kebiasaan menaikkan volume di televisi seiring bertambahnya usia.

7. Perubahan kulit

Mengutip WebMD, tanda penuaan tubuh manusia yang bisa jadi mencolok adalah kulit terasa lebih kering dan kurang kenyal dibandingkan sebelumnya. Itu karena kulit Anda menghasilkan lebih sedikit minyak alami seiring bertambahnya usia. Selain itu, Anda lebih sedikit berkeringat, dan kehilangan beberapa jaringan lemak tepat di bawah kulit. Ini bisa membuatnya tampak lebih kurus. Anda mungkin juga akan melihat kerutan, bintik-bintik penuaan pada kulit.

8. Perubahan gigi

Mengutip WebMD, seiring bertambahnya usia manusia akan mengalami masalah gusi dan gigi. Perlahan resesi gusi dapat terjadi dan gigi goyang, yang mengakibatkan keompongan. Di area mulut juga akan terasa lebih kering, sehingga menempatkan Anda pada risiko yang lebih tinggi untuk mengalami kerusakan gigi dan infeksi.

9. Penurunan stamina

Mengutip WebMD, penurunan stamina akan menjadi tanda penuaan tubuh manusia. Misalnya, Anda semakin sulit untuk berolahraga dengan penuh semangat dibandingkan ketika berusia 20 tahunan.

Penuaan jantung adalah alasan utama dari penurunan stamina itu terjadi. Penuaan jantung terjadi dengan dinding jantung menjadi lebih tebal, arteri menjadi lebih kaku, dan detak jantung melambat seiring bertambahnya usia. Sehingga, lansia dianjurkan melatih diri untuk tetap aktif bergerak untuk mengurangi efek dari penuaan jantung, yaitu penyakit jantung.

10. Perubahan organ intim

Mengutip WebMD, setiap pria ataupun wanita secara alami akan mengalami perubahan organ intim seiring bertambahnya usia menuju lansia. Itu sebagai tanda penuaan tubuh manusia. 

Pada wanita, akan mengalami menopause. Selama itu, jaringan vagina wanita menjadi lebih kering, tipis, dan kurang elastis. Itu mungkin membuat seks kurang menyenangkan.

Payudara kehilangan jaringan dan lemak, sehingga bisa tampak lebih kecil dan kurang penuh. Pada pria, cenderung akan merasa lebih sulit untuk mendapatkan atau mempertahankan ereksi. Sering kali itu juga dipengaruhi oleh kondisi kesehatan lain serta efek samping perawatan medis. 

Perlu diingat, ya, bahwa penuaan adalah proses yang sangat normal bagi tubuh. Setiap orang akan mengalaminya seiring dengan bertambahnya usia. Meskipun demikian, penuaan dini merupakan kondisi yang sedikit berbeda dengan proses penuaan yang terjadi secara alami akibat usia.

Penuaan dini pada umumnya terjadi akibat kebiasaan atau gaya hidup yang kurang sehat. Oleh karena itu, mari lakukan gaya hidup yang lebih sehat agar tidak mudah terserang penyakit dan, pastinya, untuk mencegah penuaan dini! (*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Publisher : Rochmat Shobirin

EKORAN

TERBARU

  • Asik Si Gemoy Po Kembali, Kung Fu Panda 4 Rilis 2024
    Asik Si Gemoy Po Kembali, Kung Fu Panda 4 Rilis 2024
    16/08/2022 - 01:12
  • Wujudkan Industri Indonesia 4.0 di Correctio, PT Jababeka Infrastruktur Jalin Kerja Sama dengan Telkomsel
    Wujudkan Industri Indonesia 4.0 di Correctio, PT Jababeka Infrastruktur Jalin Kerja Sama dengan Telkomsel
    15/08/2022 - 22:42
  • Bertambah 1 Orang, Kemenag RI: Total Jemaah Haji Wafat Menjadi 90 Orang
    Bertambah 1 Orang, Kemenag RI: Total Jemaah Haji Wafat Menjadi 90 Orang
    15/08/2022 - 22:23
  • HUT RI Ke 77, Orderan Panjat Pinang di Indramayu Naik Dua Kali Lipat
    HUT RI Ke 77, Orderan Panjat Pinang di Indramayu Naik Dua Kali Lipat
    15/08/2022 - 22:02
  • Naik Podium EISCC 2022, Elang Dapat Apresiasi dari KONI Kota Tasikmalaya
    Naik Podium EISCC 2022, Elang Dapat Apresiasi dari KONI Kota Tasikmalaya
    15/08/2022 - 21:55

TIMES TV

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

10/11/2021 - 09:39

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

iGuides

  • Tawarkan Konsep Baru, Saygon Hotel and Cottage Terekomendasi Iguides 5 Star
    20/03/2022 - 18:00
  • Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    28/01/2022 - 10:38
  • Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    07/12/2021 - 20:06
  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05

KOPI TIMES

  • Perlukah 'Motif' dalam Kasus Irjen Ferdy Sambo?
    Perlukah 'Motif' dalam Kasus Irjen Ferdy Sambo?
    15/08/2022 - 17:14
  • Retrospeksi 77 tahun Kemerdekaan di Sektor Pendidikan
    Retrospeksi 77 tahun Kemerdekaan di Sektor Pendidikan
    15/08/2022 - 16:11
  • KKN di Perguruan Tinggi: Sebuah Pengabdian atau Sekadar Penggugur Kewajiban?
    KKN di Perguruan Tinggi: Sebuah Pengabdian atau Sekadar Penggugur Kewajiban?
    15/08/2022 - 15:29
  • Peran Strategis Pemuda dalam Mengusung Semangat Nasionalisme di Era Society 5.0
    Peran Strategis Pemuda dalam Mengusung Semangat Nasionalisme di Era Society 5.0
    15/08/2022 - 14:28
  • Pers Perjuangan di Era Klik
    Pers Perjuangan di Era Klik
    13/08/2022 - 19:12
  • Idealitas Ruang Publik dalam Citayam Fashion Week
    Idealitas Ruang Publik dalam Citayam Fashion Week
    11/08/2022 - 16:16
  • Diskresi SKB 4 Menteri di Tengah Pandemi
    Diskresi SKB 4 Menteri di Tengah Pandemi
    11/08/2022 - 15:58
  • Bergerak dengan Hati hingga Menjadi Dambaan Hati
    Bergerak dengan Hati hingga Menjadi Dambaan Hati
    11/08/2022 - 13:29

KULINER

  • Dijual di Pusat Perbelanjaan, Jajanan Jadul Khas Gresik Naik Kelas
    Dijual di Pusat Perbelanjaan, Jajanan Jadul Khas Gresik Naik Kelas
    15/08/2022 - 19:04
  • Resep Tumpeng Merah Putih, Sajian Lezat Saat Tujuh Belasan
    Resep Tumpeng Merah Putih, Sajian Lezat Saat Tujuh Belasan
    14/08/2022 - 07:12
  • Bancakan Sak Tempeh di Java Lotus Hotel, Sajian Ragam Kudapan Pandhalungan
    Bancakan Sak Tempeh di Java Lotus Hotel, Sajian Ragam Kudapan Pandhalungan
    13/08/2022 - 16:56
  • Berlumur 15 Bumbu Rahasia, Rasakan Kelezatan Mih Kocok Mang Dadeng di Kota Bandung
    Berlumur 15 Bumbu Rahasia, Rasakan Kelezatan Mih Kocok Mang Dadeng di Kota Bandung
    13/08/2022 - 12:56
  • Resep Ayam Popcorn Renyah, Cocok Buat Bekal Anak
    Resep Ayam Popcorn Renyah, Cocok Buat Bekal Anak
    12/08/2022 - 04:00