Indonesia Positif

Rayakan Idul Adha 1443 H dengan Berbagi, Harita Nickel Salurkan 24 Ekor Sapi

Minggu, 10 Juli 2022 - 19:54 | 35.15k
Penyerahan hewan kurban HARITA Nickel.(Foto: Humas HARITA)
Penyerahan hewan kurban HARITA Nickel.(Foto: Humas HARITA)

TIMESINDONESIA, HALMAHERA SELATAN – Perusahaan pertambangan dan hilirisasi Harita Nickel menyalurkan hewan kurban sebanyak 24 ekor sapi kepada masyarakat dalam rangka merayakan Hari Raya Idul Adha 1443 H.

Puluhan hewan kurban tersebut didistribusikan di beberapa daerah, yakni di Kabupaten Halmahera Selatan dan Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara. Penyaluran hewan kurban ini merupakan program tahunan Harita Nickel dalam rangka berbagi dengan masyarakat di sekitar wilayah operasional perusahaan.

Head of External Relations Harita Nickel, Stevi Thomas, menyatakan penyaluran puluhan ekor hewan kurban ini merupakan wujud ungkapan syukur dan kepedulian Harita Nickel kepada masyarakat sekitar operasional perusahaan. Di samping itu, kegiatan ini sekaligus sebagai salah satu upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat khususnya para peternak sapi serta membangun sinergi bersama masyarakat. 

“Melalui penyaluran hewan kurban ini diharapkan masyarakat sekitar operasional perusahaan merasakan manfaat secara langsung keberadaan Harita Nickel serta terjalinnya kedekatan sosial yang erat antara perusahaan dan masyarakat,” kata Stevi kepada awak media, Minggu (10/7/2022).

Proses distribusi hewan kurban telah berlangsung sepekan sebelum hari raya. Sebanyak 20 ekor sapi didistribusikan di Kabupaten Halmahera Selatan, tepatnya di Kecamatan Obi, Kecamatan Obi Selatan, Kecamatan Obi Timur, dan Kecamatan Bacan. Sementara 4 ekor sapi lainnya diserahkan di Kota Ternate. Seluruh hasil kurban dibagikan kepada kepada masyarakat kurang mampu, terutama kalangan lanjut usia (lansia). 

Masyarakat Desa Kawasi, Kecamatan Obi, merupakan salah satu pihak yang menerima hewan kurban dari Harita Nickel. Ketua Panitia Kurban Desa Kawasi, Kamarrudin Lewer,bersyukur dengan adanya dukungan ini.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Harita Nickel yang telah menyumbangkan 1 ekor sapi untuk masyarakat Desa Kawasi. Semoga bantuan kurban ini dapat bermanfaat bagi mereka yang berhak menerima dan membutuhkannya,” ujar Kamarrudin.

Ia menambahkan, sistem penyerahan daging kurban dilakukan menggunakan kupon yang sebelumnya telah dibagikan kepada masyarakat. Pihak panitia mengutamakan masyarakat yang renta secara kesehatan dan ekonomi. Menurutnya, bantuan daging kurban ini sangat berarti bagi masyarakat sekitar, terutama untuk memperbaiki kualitas gizi. 

Di Kota Ternate, salah satu pihak yang digandeng HaritaNickel dalam mendistribusikan hewan kurban adalah insan pers Maluku Utara. Mereka membagikan daging hasil kurban kepada wartawan lansia, keluarga dari wartawan yang telah meninggal dunia, serta masyarakat umum yang membutuhkan. 

Pemimpin Redaksi Halmahera Raya, Asri Fabanyo, mengucapkan apresiasinya terhadap program ini.

“Kami berterima kasih kepada HARITA Nickel yang telah mengikutsertakan rekan-rekan wartawan dalam program sosial ini. Semoga dengan adanya kegiatan kurban, dapat lebih meningkatkan semangat kita untuk terus berbagi dan bermanfaat bagi sesama,” ujar Asri yang juga merupakan Plt. Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Maluku Utara. 

Asri menambahkan, peringatan Iduladha perlu dimaknai sebagai momen memperkuat keikhlasan dalam menjalaniaktivitas sehari-hari.

“Pada peringatan Idul Adha ini, saya berharap rekan-rekan wartawan juga dapat memperkuat keikhlasan dan rasa rela berkorban, terutama dalam menjalani tugas dan fungsinya sebagai pers yang senantiasa mencari dan menyampaikan informasi,” ujar Asri. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES