Cek Fakta Fakta atau Hoaks

CEK FAKTA: Hoaks, Gambar Tangkapan Layar Artikel "Jateng Disebut Provinsi Termiskin di Pulau Jawa"

Sabtu, 09 Juli 2022 - 09:44 | 241.63k
Konten manipulasi berupa narasi disertai tangkapan layar artikel yang beredar di media sosial.
Konten manipulasi berupa narasi disertai tangkapan layar artikel yang beredar di media sosial.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar gambar tangkapan layar artikel media siber Viva dengan judul “Jateng Disebut Provinsi Termiskin di Pulau Jawa”. Gambar tersebut beredar di media sosial Facebook, dan diunggah oleh akun Mangoen Juanandri di Grup Sahabat Ganjar Pranowo, pada 31 Mei 2022.

Dalam unggahannya, akun tersebut menyertakan narasi berikut:

Gimana mau mbangun indonesia kl sekelas jawa tengah aja blm mampu,ngaca dulu pak ganjar 

cek-fakta-Jateng-Provinsi-Termiskin.jpgSumber: https://www.facebook.com/groups/sahabatganjarjateng/posts/3348671472033952/

Benarkah hal tersebut?

CEK FAKTA

Berdasarkan penelusuran Cek Fakta, gambar tangkapan layar artikel tersebut palsu. Penelusuran kami ke laman viva, ditemukan artikel dengan gambar serupa. Namun judulnya berbeda.

Artikel asli yang dipublikasikan pada 30 Maret 2022 pukul 22.28 WIB, berjudul "Jateng Disebut Provinsi Termiskin di Pulau Jawa, Cek Faktanya". 

Artinya, ada perbedaan antara postingan akun Mangoen Juanandri tersebut dengan aslinya. Perbedaan terdapat pada judul. Dengan demikian, gambar tangkapan artikel yang diposting akun tersebut telah disunting pada bagian judul.

cek-fakta-Jateng-Provinsi-Termiskin-2.jpgSumber: Jateng Disebut Provinsi Termiskin di Pulau Jawa, Cek Faktanya | Viva

Pemeriksaan atas gambar tersebut juga dilakukan oleh Turnbackhoax.id. ([SALAH] Gambar Tangkapan Layar Artikel Viva “Jateng Disebut Provinsi Termiskin di Pulau Jawa” | Turnbackhoax).

KESIMPULAN

Hasil penelusuran Cek Fakta, gambar tangkapan layar tersebut telah berbeda dengan aslinya, telah disunting pada bagian judul. 

Menurut misinformasi/disinformasi yang dikategorikan oleh FirstDraft, kabar tersebut termasuk dalam kategori Manipulated content (konten manipulasi). Konten ini biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 24 media dan satu komunitas (Mafindo) untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES