Peristiwa Daerah

Sebanyak 26 Sapi di Peternakan Majalengka Diperiksa, Hasilnya Tak Ada PMK

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:56 | 57.00k
DKP3 Majalengka melakukan pemeriksaan terhadap ternak sapi. (FOTO: Herik Diana/TIMES Indonesia)
DKP3 Majalengka melakukan pemeriksaan terhadap ternak sapi. (FOTO: Herik Diana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Tim dari Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Majalengka Jawa Barat memeriksa sedikitnya 26 sapi di peternakan yang ada di wilayah Kulur. 

Hasil pemeriksaan menyatakan, dari 26 sapi tersebut tidak ditemukan adanya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). 

Kepala DKP3 Majalengka, Iman Firmansyah mengatakan, kegiatan pemeriksan hewan sapi ini ditindaklanjuti mengingat adanya kekhawatiran masyarakat tehadap PMK, namun setelah adanya pemeriksaan sama sekali tidak ditemukan PMK. 

"Kami bersama tim memeriksa 26 sapi. Saat ini masih aman, tidak ada PMK," ujarnya, Rabu, (6/7/2022). 

Sapi-PMK-2.jpg

‎Sementara itu, pemilik peternakan sapi di Blok Telar Gedang Desa Kulur, H. Iwan mengatakan pihaknya merasa bersyukur, karena setelah pemeriksaan dari tim DKP3 Majalengka tidak ditemukan adanya PMK.

"Alhamdulillah semuanya sehat," ujarnya. 

‎Sementara itu, ‎Perwakilan Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementrian Pertanian RI juga ikut memantau dan menyaksikan pemeriksaan hewan sapi yang diperuntukkan bagi hewan kurban. 

"Pemeriksaan ini untuk keamanan dan kesehatan, mengingat sebentar lagi umat Islam akan merayakan hari berqurban," ujar Dirjen, Devi. 

Hal senada diungkapkan Kabid peternakan dan kesehatan hewan dr Siti Nurini Fatimah mengatakan, kegiatan pemeriksaan hewan sapi dilaksanakan dalam rangka mengecek kesehatan hewan sapi kurban dan sebagai bentuk antisipasi pencegahan PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) pada hewan sapi kurban.

"Kami nyatakan hasil pemeriksaan dari 26 sapi tidak ditemukan adanya hewan sapi yang terjangkit penyakit PMK," ungkapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES