Adv

Andil dalam Pengentasan Kemiskinan, Warta Ekonomi Apresiasi 95 Perusahaan dengan CSR Terbaik

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:31 | 21.34k
Staf Ahli Menteri Bidang Energi KLHK Winarni D. Monoarfa. (FOTO: dok pribadi)
Staf Ahli Menteri Bidang Energi KLHK Winarni D. Monoarfa. (FOTO: dok pribadi)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Indonesia masih belum terlepas dari persoalan kemiskinan. Berdasarkan Berita Resmi Statistik No. 07/01/Th. XXV yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Stastik (BPS) pada 17 Januari 2022, jumlah penduduk miskin di Indonesia tercatat sebanyak 26,5 juta per September 2021.

Angka ini memang mengalami penurunan dari data sebelumnya di Maret 2021 yang sebesar 27,54 juta, namun hal tersebut tidak menghilangkan fakta bahwa Indonesia masih menghadapi problem kemiskinan.

Oleh karena itu, dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak untuk mengatasi masalah tersebut. Dukungan ini perlu menggunakan prinsip kolaborasi pentahelix yang melibatkan berbagai sektor, seperti pemerintah, akademisi, media massa, masyarakat, serta pelaku usaha.

Para pelaku usaha, atau dalam hal ini sektor swasta, memiliki andil yang berpengaruh pada upaya pengentasan kemiskinan di Tanah Air, salah satunya melalui program Corporate Social Responsibility atau CSR.

“Kita memerlukan perhatian khusus agar masyarakat miskin dan difabel serta orang-orang kurang beruntung lainnya bisa mendapatkan CSR,” kata Pemimpin Redaksi Warta Ekonomi Muhamad Ihsan, dalam sambutannya di ajang penghargaan Indonesia CSR Awards 2022.

Mengusung tema “Increasing Responsibility to Build a Sustainable Business”, Warta Ekonomi memberikan penghargaan kepada 95 perusahaan yang memiliki program CSR terbaik. Gelaran ini mendapat apresiasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Dalam kesempatan yang sama, Staf Ahli Menteri Bidang Energi KLHK Winarni D. Monoarfa mengungkapkan tema yang diangkat oleh Warta Ekonomi sangat strategis karena fokus pada prinsip bisnis berkelanjutan.

Dia berharap dengan adanya inovasi sosial dari konsep CSR dapat turut berkontribusi dalam pencapaian pembangunan nasional.

“Tentunya kita berharap selaras bersinergi dengan pencapaian tujuan berkelanjutan dalam rangka mengurangi kemiskinan, meningkatkan kesehatan, menjamin daya dukung lingkungan hidup, serta kesetaraan gender, peran perempuan, dan kemitraan global untuk pembangunan. Apa yang dilakukan Warta Ekonomi pada kegiatan hari ini menegaskan bahwa tidak ada satu pun yang tertinggal... Semoga pelaksanaan Indonesia CSR Awards 2022 dapat memberikan kontribusi yang nyata terhadap pembangunan yang berkelanjutan di Indonesia," kata Winarni. (adv)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES