Cek Fakta Fakta atau Hoaks

CEK FAKTA: Salah, Video Makhluk Aneh di Hutan

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:49 | 79.86k
Postingan media sosial terkait video makhluk aneh di hutan.
Postingan media sosial terkait video makhluk aneh di hutan.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar video di media sosial TikTok yang memperlihatkan sosok makhluk di hutan. Video yang diunggah akun TikTok @jaka_kelana26 itu disertai narasi yang menyatakan bahwa makhluk aneh tersebut ditemukan oleh seorang pendaki.

Adapun narasi yang diunggah dalam video berdurasi 12 detik itu sebagai berikut:

Yg lagi Viral seorang pendaki meliat mahluk aneh.

cek-fakta-Video-Makhluk-Aneh-di-Hutan.jpgSumber: https://www.tiktok.com/@jaka_kelana26/video/7107048447655578906

CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran Cek Fakta, video tersebut bukan merupakan video penampakan makhluk aneh. Faktanya, video tersebut merupakan hasil CGI atau hasil rekayasa gambar menggunakan teknologi komputer.

Bentuk makhluk yang ada pada video serupa dengan penampilan makhluk “pixie” yang sering muncul dalam video yang diunggah oleh kanal YouTube “Erwin Saunders”. 

cek-fakta-Video-Makhluk-Aneh-di-Hutan-2.jpgSumber: Erwin Saunders: Pixies. Real or CGI? | YouTube/ObscureLodge

Erwin Saunders sendiri diyakini sebagai nama samaran dari Paul Smith, seorang ahli CGI dari perusahaan bernama Busty Kelp.

cek-fakta-Video-Makhluk-Aneh-di-Hutan-3.jpgSumber: Pixie hunter Erwin Saunders who 'filmed Britain's wilderness folk’ for 25 years returns | Daily Star

Pemeriksaan atas klaim tersebut telah dilakukan oleh Mafindo dalam Turnbackhoax.id.

cek-fakta-Video-Makhluk-Aneh-di-Hutan-4.jpgSumber: [SALAH] Video Sosok Makhluk Aneh di Hutan | Turnbackhoax

KESIMPULAN

Hasil penelusuran Cek Fakta, video yang diunggah akun TikTok @jaka_kelana26 bukan penampakan makhluk aneh. Faktanya, video tersebut merupakan hasil rekayasa gambar menggunakan teknologi komputer.

Menurut mis/disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut termasuk dalam kategori fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggungjawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 24 media dan satu komunitas (Mafindo) untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES