Wisata

Nongkrong Asyik, Menikmati Musik Keroncong Koplak ala Gasebu Kota Probolinggo 

Selasa, 05 Juli 2022 - 13:24 | 76.37k
Suasana Gasebu  saat malam hari, para penginjung tampak asyik menyaksikan penampilan group musik Wirojalu dengan Keroncong Koplaknya.  (Foto: Sri Hartini/TIMES Indonesia)
Suasana Gasebu saat malam hari, para penginjung tampak asyik menyaksikan penampilan group musik Wirojalu dengan Keroncong Koplaknya. (Foto: Sri Hartini/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Di Kota Probolinggo, Jawa Timur, ada tempat tongkrongan asyik untuk healing, istilah anak muda zaman sekarang. Tempat memanjakan lidah, berkesenian, juga bernyanyi. 

Tempat itu adalah Angkringan Gasebu. Akronim dari Galeri Seni dan Budaya, yang berada di Jalan Sunan Kalijaga, Kelurahan Jati, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo. 

Gasebu menjadi salah satu tempat pilihan  untuk sekedar nongkrong dengan menu etnik yang sederhana. Tempat ini terbilang istimewa, karena setiap hari menyuguhkan tampilan live musik yang asyik untuk didengar. Mereka menyebutnya musik keroncong koplak. 

Angkringan ini sengaja dibuat sebagai langkah awal kampung tematik. Namun seiiring berjalannya waktu, tempat ini menjadi wadah bagi para seniman se-Probolinggo Raya untuk berkreasi dan berkespresi. 

Angkringan sederhana namun etnik ini dikelola oleh pemuda Kampung Merpati Kota Probolinggo. Di lokasi yang dulu dikenal sebagai zona merah. 

Angkringan-Gasebu-2.jpg

“Kami membuka Gasebu ini, awalnya bertujuan mengubah zona merah menjadi zona hijau. Kampung Merpati dulunya kan dikenal sebagai kampung judi dan sabung ayam. Jadi saya ingin mengubah itu,” ujar Sugeng, pengelola Gasebu. 

“Setelah berjalan, tujuan kami masih tetap sama. Yakni ingin berkesenian, dan merangkul anak-anak jalanan kearah yang positif,” imbuhnya. 

Suasana Gasebu, Selasa (24/05/2022) malam, semakin malam semakin ramai. Para pengunjung bukan hanya dimanjakan dengan suasana kampung seni yang asyik. Para pengunjung juga bisa bernyanyi secara live bareng Group Musik Wirojalu, dengan keroncong koplaknya. 

Pengunjung Angkringan Gasebu, bukan hanya dari umum. Tapi dari kalangan pejabat juga sering menghabiskan waktu untuk bersantai di tempat ini. 

“Saya sering datang ke Gasebu ini untuk silaturahmi saja, bermain musik dan nyanyi bareng dengan Grup Wirojalu. Biasanya saya ke sini bareng keluarga dan kolega saya," ujar Risman Sumantri, pria tinggi yang menjabat Kalapas II B Probolinggo. 

Nah, bagi anda yang seneng nongkrong sambil menikmati musik dan bernyanyi bareng secara live, Angkringan Gasebu di Kota Probolinggo bisa dijadikan pilihan. Angkringan Gasebu buka setiap hari mulai pukul 19.00 WIB. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES