Olahraga

Hafizd Fahril Rasyadan, Pembalap Mini GP dari Kota Probolinggo 

Selasa, 05 Juli 2022 - 08:24 | 74.93k
HF Rasya saat mengendarai motor balapnya (No.03) di sirkuit balap Sentul (Foto: Imron Hamzah for TIMES Indonesia)
HF Rasya saat mengendarai motor balapnya (No.03) di sirkuit balap Sentul (Foto: Imron Hamzah for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Namanya Hafizd Fahril Rasyadan. Berusia 14 tahun. Tak banyak orang tahu kalau anak yang biasa disapa Rasya ini adalah salah satu pembalapMini GP yang telah banyak mendulang prestasi. Puluhan prestasi telah ia raih sejak ia masih kanak-kanak. 

Bakat Rasya diketahui oleh sang ayah, Imron Hamzah, sejak usianya tujuh tahun. Saat itu Imron sering mengajak Rasya untuk melihat road race atau lomba balap motor di Kota Probolinggo. 

Melihat ketertarikan anaknya pada balap, Imron lantas mecoba untuk melatih Rasya. “Di awal saya mengenalkan motor ke Rasya, sejak ia berusia tujuh tahun. Saat itu ia sudah saya ajari untuk mengendarai motor cross kecil,” cerita Imron. 

Mini-GP-2.jpgHF Rasyadan Pembalap Mini GP asli Kota Probolinggo (Foto: Sri Hartini/TIMES Indonesia)

“Lalu di usia delapan tahun, saya mengajari Rasya untuk mengendarai motor sonic. Dan di usia delapan tahun itu saya sudah mengikutkannya dalam ajang lomba balap motor atau road race,” kata Imron. 

Kejuaraan yang pertama kali diikuti Rasya yaitu Yamaha Cup Race. Sejak saat itulah Imron benar-benar serius untuk melatih Rasya. Puluhan prestasi telah diraih Rasya di rentang tahun 2021 sampai 2022. 

Dan prestasi yang diraih Rasya di tahun 2022 ini adalah ia lolos dalam seleksi FIM Mini GP Indonesia. 

Saat ini Rasya duduk di bangku sekolah menengah pertama atau SMP Negeri 10 Kota Probolinggo. Rasya masuk bekas sekolah bertaraf internasional itu melalui jalur prestasi. 

“Kami hanya taunya dia adalah seorang atlet balap itu saja. Jadi kami juga kaget saat menerima kabar bahwa Rasya banyak menang di berbagai event balap mini GP, “ kata Kepala sekolah SMP Negeri 10, Aris Tantomas. 

“Kami merasa bangga, ternyata Rasya yang selama setahun ini mengikuti pembelajaran secara daring bisa meraih prestasi di balap Mini GP ditingkat nasional bahkan ke tingkat Internasional,” imbuh Aris. 

Kepada TIMES Indonesia, Hafizd Fahril Rasyadan yang kondang dengan nama HF Rasya ini bercerita, “Menjadi seorang pembalap bukan cita-cita saya. Ini hanya sekedar hobby saya, yang saya tekuni saja," kata Rasya. 

Rasya menceritakan awal ketertarikan menekuni hobinya di arena balapan karena seringnya dia diajak oleh ayahnya, melihat kejuaraan road race. 

“Waktu itu ayah sering ngajak saya nonton road race. Di situ saya ingin mencoba. Terus ayah sering juga mengajak saya melihat om saya Denny Triyugo Laksono yang sedang balapan. Dari situ saya tertarik ingin jadi seperti om saya,” cerita Rasya. 

Mini-GP-3.jpgHF Rasyadan saat bersama teman-temanya di SMP Negeri 10 Kota Probolinggo (Foto: Sri Hartini/TIMES Indonesia)

Ya, Rasya atau HF Rasya adalah keponakan dari seorang pembalap road race asli Kota Probolinggo, almarhum Denny Triyugo Laksono, yang kondang di tingkat Asia. 

“Saya ingin jadi seperti om. Oleh karenanya saya rajin latihan dan sama ayah dimasukkan ke club balap motor Yamaha Indonesia,” tambah Rasya 

Saat ini Rasya tekun berlatih Fisik untuk menghadapai tiga turnamen balap di tingkat internasional dan nasional. 

“Dalam waktu dekat Rasya mengikuti FIM Mini GP Series 2022, yang dilaksanakan pada 16 -17 Juli 2022 di Sentul,” kata Imron Hamzah ayah Rasya. 

Dalam FIM Mini GP Series ini, HF Rasya harus bersaing dengan puluhan pembalap cilik lain di Indonesia, untuk masuk dalam 15 besar. Dan benar saja Rasya berada di urutan ke delapan dari 15 pembalap yang terpilih. 

“Saat ini saya fokuskan Rasya untuk latihan fisik. Ini karena Rasya harus bersiap untuk FIM Mini GP Series. Targetnya Rasya harus masuk ke peringkat tiga besar. Ini agar Rasya bisa masuk dalam arena balap Internasional di Valencia Eropa,” kata Imron. 

HF Rasya merupakan pembalap Mini GP yang patut diperhitungkan. Bukan hanya mengikuti Kejurnas, Rasya juga bakal masuk dalam Tim Pekan Olah Raga Nasional atau PON di cabor Balap Mini GP. 

Setelah FIM mini GP Rasya yang mewakili Yamaha Indonesia, langsung mengikuti Kejurnas One Prix seri dua di Tasikmalaya, Jawa Barat, 23-24 Juli. Di sini, Rasya harus dipush untuk masuk peringkat 5 besar. 

Selanjutnya pada 30-31 Juli, Rasya mewakili Yamaha Indonesia mengikuti kejuaraan balap memperebutkan Piala Presiden dalam Moto Prix Sentul dengan target masuk peringkat 3 besar. 

Aksi Hafizd Fahril Rasyadan di arena balap Mini GP sudah tak diragukan lagi. Rasya selalu menunjukkan best performa dalam setiap aksi balapnya. Tak heran jika Yamaha Indonesia menjadikannya salah satu pembalap Mini GP andalannya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES