Peristiwa Daerah

Pemkot Ternate Tetapkan Sholat Idul Adha Pada 9 Juli 2022

Senin, 04 Juli 2022 - 23:20 | 261.90k
Rapat bersama PHBI, MUI, Kemanag, Pemkot Ternate dan Badan Ta”mir Almunawwar Ternate. (Foto: Doc. Pemkot Ternate)
Rapat bersama PHBI, MUI, Kemanag, Pemkot Ternate dan Badan Ta”mir Almunawwar Ternate. (Foto: Doc. Pemkot Ternate)

TIMESINDONESIA, TERNATE – Pemerintah Kota atau Pemkot Ternate menetapkan pelaksanaan Shalat Idul Adha 1443 Hijriah jatuh pada Sabtu (9/7/2022).

Keputusan ini diambil sesuai dengan hasil rapat bersama Panitia Hari Besar Islam (PHBI), Majelis Ulama Indonesia (MUI), Kementerian Agama (Kemenag), Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate serta badan Ta"mir Al-Munawwar Ternate.

Hal ini, seperti yang disampaikan Wakil Ketua PHBI Kota Ternate, Hidayatusalam Syehan. Awalnya PHBI memutuskan melaksanakan Hari Raya Idul Adha sesuai dengan keputusan pemerintah pusat, namun dengan berjalannya waktu, warga lebih meyakini 10 dzulhijah itu jatuh pada Sabtu satu hari setelah wukuf di Arafah. 

“Kami bijaki secara resmi memutuskan pelaksanaan sholat Idul Adha jatuh pada Sabtu tanggal 9 Juli 2022. " ucap Hidayatussalam, Senin (4/7/2022) usai menghadiri rapat.

Meski telah menetapkan pelaksanaan salat Idul Adha pada akhir pekan ini, namun PHBI, MUI, Kemenag, Pemkot dan unsur terkait lainnya, tidak melarang jika ada masjid yang melaksanakan sholat Idul Adha 1443 H sesuai dengan keputusan pemerintah dan rukiyat pemerintah pusat. 

Dia menambahkan, pelaksanaan shalat Idul Adha jatuh satu hari setelah Wukuf di Arafah dan pemerintah kerajaan Saudi telah menetapkan wukuf di Arafah pada tanggal 8 Juli 2022, ketika disana berwukuf disini Puasa Arafah, 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES