Peristiwa Daerah

Potong Rambut Anak Gimbal, Sandiaga Uno Puji Budaya di Dieng Wonosobo

Senin, 04 Juli 2022 - 20:00 | 38.00k
Menparekraf Sandiaga Uno melakukan pemotongan rambut gimbal peserta ritual ruwat rambut gimbal di Wonosobo (FOTO: Kemenparekraf)
Menparekraf Sandiaga Uno melakukan pemotongan rambut gimbal peserta ritual ruwat rambut gimbal di Wonosobo (FOTO: Kemenparekraf)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berkunjung ke kawasan Dieng di Desa Wisata Sembungan, Kejajar, Kabupaten Wonosobo.

Di sana, Sandiaga mendapat kepercayaan untuk melakukan pemotongan rambut gimbal peserta ritual ruwat rambut gimbal. 

Menggunakan gunting yang disediakan panitia, Sandiaga mengawali memotong satu per satu dari tiga peserta ruwat rambut gimbal yang diselenggarakan di pinggir Telaga Cebong, Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar. 

Potongan rambut gimbal tersebut kemudian oleh panitia "dilarung" (dihanyutkan) di Telaga Cebong. 

Selain memiliki pemandangan yang indah, Sandiaga mengatakan Desa Wisata Sembungan ternyata juga melestarikan tradisi pemotongan rambut gimbal. 

"Ini suatu kolaborasi wisata alam budaya yang sangat fantastis," ucap Sandiaga dalam keterangan resmi, Jakarta, Senin (4/7/2022).

Kata dia, Telaga Cebong merupakan salah satu destinasi unggulan Desa Sembungan ini, ekotourism dilengkapi dengan destinasi wisata budaya yaitu memotong rambut gimbal.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo Agus Wibowo mengatakan, ruwat rambut gimbal itu sudah melekat di desa ini dan beberapa desa di kawasan Dieng.

"Pada momentum ini memang ketika ada Menparekraf supaya tahu bahwa Wonosobo ini keunggulannya tidak hanya alam tetapi juga budaya maupun seni, sebagai bagian dari potensi wisata," tutur Agus.

Dia mengatakan, cukur rambut gimbal itu sebagai warisan budaya tak benda Wonosobo yang sudah ditetapkan tahun 2016. Menurutnya, cukur rambut gimbal ada beberapa versi, kalau di Desa Sembungan ini sudah ada akulturasi budaya dari agama Islam.

"Dalam ruwat rambut gimbal di sini ada shalawatan dan tidak pakai sesaji dan tidak ada kemenyan," demikian Agus disela kegiatan yang dihadiri Sandiaga Uno tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES