Wisata

Jaga Keamanan dan Kenyamanan Penyeberangan Wisatawan ke Gili Tramena Lombok Utara

Senin, 04 Juli 2022 - 17:17 | 62.53k
Bupati Lombok Utara, Djohan Sjamsu bersama Forkopimda memberikan keterangan untuk tetap menjaga keamanan dan kenyamanan penyeberangan di kawasan wisata Gili Tramena. (Foto: Hery Mahardika/TIMES Indonesia)
Bupati Lombok Utara, Djohan Sjamsu bersama Forkopimda memberikan keterangan untuk tetap menjaga keamanan dan kenyamanan penyeberangan di kawasan wisata Gili Tramena. (Foto: Hery Mahardika/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LOMBOK UTARA – Pemerintah kabupaten (Pemkab) Lombok Utara menyadari keamanan dan kenyamanan penyeberangan wisatawan ke kawasan wisata andalan Gili Tramena (Trawangan, Meno, Air) harus menjadi prioritas utama. Karena itulah, semua pihak atau stakeholder yang terkait harus memiliki arah kebijakan yang seragam dalam menjaga keamanan dan kenyamanan tersebut.

"Sebagai daerah wisata dengan andalan kawasan utama tiga Gili, maka seluruh stakeholder terkait harus bekerja sama dalam menjaga keamanan dan kenyamanan wisatawan mulai dari kedatangan melalui transportasi laut (penyeberangan) hingga kepulangannya," ungkap Bupati Lombok Utara, Djohan Sjamsu didampingi Asisten II Setda Lombok Utara, Rusdi, dan forum komunikasi pimpinan daerah (Forkompinda), dihadiri sejumlah stakeholder yang terkait di Aula Setda Lombok Utara, Senin (4/7/2022).

wisata-Gili-Tramena-2.jpg

Pariwisata sebagai salah satu sumber pendapatan masyarakat dan daerah, serta memiliki multi efek tidak boleh terganggu keamanan dan kenyamanannya. Apabila penyambutan tamu pada proses penyeberangan terganggu akan berimbas terhadap tamu tidak akan datang kembali. Jika di lokasi penyeberangan terdapat tiga instansi terlibat yaitu Syahbandar sebagai perwakilan pemerintah pusat, Dishub sebagai perwakilan pemerintah daerah, dan Koperasi Karya Bahari (KKB) selaku pelaku usaha tentu harus memiliki kesepakatan bersama, sehingga ketiga instansi terkait harus saling sepakat dalam mengelola penyambutan tamu tersebut.

"Jika ribut maka akan berimbas kehilangan pendapatan," terangnya.

Ia meminta semua pihak untuk menjaga keamanan dan kenyamanan serta ketertiban penyeberangan. Gili Tramena menjadi kebanggaan daerah, jika ada perbedaan pendapat harus diselesaikan dengan musyarawah mufakat. Pihaknya juga nanti akan menempatkan petugas-petugas khusus di kawasan pariwisata dalam menjaga keamanan dan kenyamanan tersebut.

"Mari bersama-sama melayani tamu yang datang dengan baik," tegasnya.

Ditambahkan, Asisten II Setda Lombok Utara, Rusdi menyatakan, mekanisme penyeberangan apakah wisatawan akan bongkar muat dari Bali ke Bangsal atau dari Bali ke Gili, pihaknya akan memberikan kesempatan kepada para pihak menyelesaikan secara bisnis to bisnis. Jika sudah terjadi kesepakatan, lalu akan diterapkan dalam penyeberangan.

"KKB selaku pengusaha meminta bongkar muat langsung di Pelabuhan Gili, dari versi Syahbandar meminta bongkar muat di Pelabuhan Bangsal. Kedua versi ini belum dapat diputuskan nanti akan dibicarakan dengan mekanisme bisnis to bisnis," katanya.

wisata-Gili-Tramena-3.jpg

Terkait pemungutan tambat kapal tentu disesuaikan, jika kapal menyandar di dermaga milik kabupaten, nanti Dishub yang menarik, jika kapal menyandar di pelabuhan milik pusat nanti Syahbandar yang akan memungutnya. Soal harga tiket penyeberangan nanti juga akan dibicarakan oleh antar pihak.

"Kebijakan daerah akan mempertimbangkan kepentingan para pihak di kawasan Gili, dan nanti kita akan membicarakan bisnis to bisnis," tegasnya.

Waka Polres Lombok Utara, Kompol Samnurdin menyatakan, keamanan, kenyamanan, dan ketertiban Gili Tramena akan menjadi atensi, karena Gili Tramena menjadi kawasan pariwisata nasional.

"Kita harap kondisi Gili Tramena tetap aman dan nyaman, hal itu tercipta membutuhkan semua pihak," katanya.

Ketua Koperasi Angkatan Laut Karya Bahari, Sabbarudin dan Asosiasi Kapal Cepat, Abdian Saputra sepakat keamanan dan kenyamanan penyeberangan harus tetap terjaga di kawasan Gili Tramena. Hal itu disepakati melalui surat pernyataan yang mereka buat, dibaca, dan ditandatangani. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES