Olahraga

Porprov Jatim 2022 Berakhir, Kota Probolinggo Sukses Naik Peringkat

Senin, 04 Juli 2022 - 09:10 | 144.80k
Kontingen Kota Probolinggo di acara penutupan Porprov 2022 di Stadion Semeru, Kabupaten Lumajang (foto: Ryan H/TIMES Indonesia)
Kontingen Kota Probolinggo di acara penutupan Porprov 2022 di Stadion Semeru, Kabupaten Lumajang (foto: Ryan H/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LUMAJANG – Pekan Olahraga Provinsi atau Porprov Jatim 2022, telah berakhir. Penutupan pesta olahraga itu digelar di Stadion Semeru Lumajang, Minggu (2/7/2022) malam. Dalam Porprov ketujuh ini, kontingen Kota Probolinggo sukses naik peringkat dibandingkan event sebelumnya.

Dalam Porprov 2022 ini, Kota Probolinggo berada di peringkat 24 dari total 38 kotingen kota/kabupaten di Jatim. Prestasi ini lebih baik dari peringkat Porprov sebelumnya yaitu peringkat 28.

Kenaikan peringkat itu diraih setelah sukses mengumpulkan 8 medali emas, 10 perak, dan 14 perunggu. Sedangkan pada Porprov keenam, hanya mendapat 2 medali emas, 6 perak, dan 14 perunggu.

Padahal, kontingen Kota Probolinggo tahun ini hanya 135 atlet. Jauh lebih sedikit dari pada porprov keenam tahun 2019, yang mengirimkan 250 atlet.

penutupan-Porprov-2022-2.jpg

Delapan emas itu dipersembahkan oleh cabor catur dan bridge masing-masing 2 emas, cabor anggar 3 medali emas, dan cabor panjat tebing 1 medali emas. Lalu, 10 perak diraih oleh renang, billiar, panjat tebing, senam laut, catur, balap sepeda dan selam kolam.

Lalu, 14 perunggu didapat oleh cabor petanque dan anggar masing-masing 3 medali, atletik 2 medali, dan masing-masing satu medali oleh cabor panjat tebing, karate, selam laut, senam, sepak takraw dan Petanque.

Sementara, untuk juara umum Porprov Jatim 2022 diraih oleh kontingen Surabaya yang meraih 130 emas, 99 perak dan 125 perunggu.

Ketua KONI Kota Probolinggo, Rahadian Juniardi menyampaikan, perolehan medali pada pesta olah raga tahun ini jauh berkali lipat lebih banyak dari pada event sebelumnya. Bisa dikatakan, jumlah perolehan medali pada porprov tahun ini merupakan perolehan terbanyak dan terbaik sepanjang sejarah porprov dari pertama hingga keenam.

Tentunya, kemajuan prestasi itu tidak luput dari peran pemerintah yang memberikan dukungan penuh pada para atlet, pelatih, dan sejumlah pihak lainnya. "Dibandingkan sebelumnya, prestasi para atlet di porprov tahun ini jauh lebih baik," ungkapnya.

Para atlet yang berpartisipasi dalam pekan olah raga ini telah melewati berbagai seleksi dan pelatihan intensif yang dikemas dalam program Puslatkot (pusat latihan kota). Terbukti, program itu membuahkan hasil yang cukup gemilang.

"Program itu lahir di tahun ini. Ternyata hasilnya cukup bagus. Kami tinggal menyiapkan dan memperbaiki kekurangannya untuk menghadapi porprov yang akan datang untuk bisa lebih baik lagi," pungkasnya.

Porprov Jatim 2022 ditutup oleh Plt Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak. Khofifah Indar Parawansa berhalangan hadir karena sedang menunaikan ibadah haji. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Muhammad Iqbal
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES