Peristiwa Internasional

Gletser Terbesar di Italia Longsor Enam Orang Ditemukan Meninggal Dunia

Senin, 04 Juli 2022 - 06:34 | 220.81k
Helikopter penyelamat udara Italia. (FOTO: The Local/AFP)
Helikopter penyelamat udara Italia. (FOTO: The Local/AFP)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Lapisan es gletser, di gunung Marmolada, Dolomites, Italia, longsor, Minggu (3/7/2022) menyebabkan enam orang meninggal dunia karena tertimbun es dan batu.

Peristiwa itu terjadi satu hari setelah rekor suhu tertinggi 10 derajat Celcius (50 derajat Fahrenheit) tercatat di puncak gletser.

"Longsoran salju, es, dan batu menghantam jalan masuk pada saat ada beberapa pesta bertali, beberapa di antaranya hanyut," kata juru bicara layanan darurat, Michela Canova seperti yang diutarakan kepada AFP.

"Enam orang dipastikan meninggal dunia dan delapan luka-luka," tambahnya.

Dilansir The Local, dua dari yang terluka dibawa ke rumah sakit di Belluno, satu lagi dalam kondisi yang kritis dibawa ke Treviso dan lima ke Trento.

"Jumlah total pendaki yang terlibat belum diketahui," kata Canova.

Dia tidak merinci kewarganegaraan para korban, tetapi media Italia melaporkan bahwa warga negara asing termasuk di antara para korban.

Helikopter dikerahkan untuk mengambil bagian dalam penyelamatan dan memantau situasi dari udara.

Tim penyelamat di wilayah Veneto terdekat di timur laut Italia mengatakan mereka telah mengerahkan semua tim Alpine mereka, termasuk anjing pelacak.

Perdana Menteri Italia, Mario Draghi menyatakan "belasungkawa yang tulus" kepada para korban dan keluarga mereka di Twitter.

Gambar yang difilmkan dari tempat perlindungan yang dekat dengan insiden itu menunjukkan salju dan batu meluncur menuruni lereng gunung dan menyebabkan suara gemuruh.

Rekaman lain yang diambil oleh turis di ponsel mereka menunjukkan longsoran abu-abu menyapu semua yang dilaluinya.

Tim penyelamat gunung merilis gambar yang menunjukkan penyelamat dan helikopter di tempat kejadian untuk membawa korban dari lembah ke desa Canazei.

Tugas mereka menjadi lebih berat karena jenasah para korban itu terperangkap di bawah lapisan es dan batu. Tim psikolog siap membantu kerabat para korban.

Lapisan es gletser terbesar, di gunung Marmolada, Dolomites, Italia itu, Minggu (3/7/2022) longsor, dan sejauh ini diketemukan  enam orang meninggal dunia akibat tertimbun es dan batu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES