Adv

Gubernur AGK dan Menhub Budi Bahas Infrastruktur Perhubungan di Malut

Minggu, 03 Juli 2022 - 16:56 | 37.60k
Gubernur Maluku Utara KH. Abdul Gani Kasuba bersama Menhub RI Budi Karya Sumadi. (Foto: Dok Badan Penghubung Malut)
Gubernur Maluku Utara KH. Abdul Gani Kasuba bersama Menhub RI Budi Karya Sumadi. (Foto: Dok Badan Penghubung Malut)

TIMESINDONESIA, SOFIFI – Gubernur Maluku Utara (Malut), KH. Abdul Gani Kasuba (Gubernur AGK) menemui Menteri Perhubungan RI (Menhub) Budi Karya Sumadi di Jakarta, Rabu (25/5/2022). 

Dalam kunjungan kerja itu, orang nomor satu di Pemprov Malut ini didampingi Kepala Penghubung Pemprov Malut di Jakarta, KRNS Lestari. 

Kadis Perhubungan Malut, Armyn Zakaria menjelaskan, pertemuan tersebut membahas skema pembiayaan infrastruktur perhubungan di Maluku Utara. 

Salah satu alternatif pembiayaan proyek adalah dengan skema kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). 

“Dengan skema ini pihak swasta atau investor yang akan membangun proyek milik pemerintah, selanjutnya pemerintah akan membayar dengan sistem mencicil,” ujar Armyn, Kamis (26/5/2022). 

Armyn mengakui, skema terebut jauh lebih baik mengingat Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) belum sanggup untuk membiayai semua kegiatan yang direncanakan pemerintah daerah.

Bahkan, mantan juru bicara Pemprov Malut ini meyakini proyek yang dibangun dengan skema ini akn lebih berkualitas dan selesai dalam waktu yang tidak lama. 

“Kalau kita berharap APBD dan APBN murni akan butuh waktu lama. Sehingga pertemuan pak Gubernur dan Pak Menteri ini akan kami tindaklanjuti sesuai arahan,” ungkapnya. 

Dia bilang, terdapat sejumlah infrastruktur perhubungan di Sofifi yang akan ditawarkan ke pihak investor, seperti pelabuhan, terminal, dan bahkan Bandara.

“Penawaran tersebut nanti dinilai dan ditentukan oleh investor proyek mana saja sanggup dibangun oleh mereka,” jelasnya. 

Meski begitu, Armyn belum merinci item apa saja yang akan disiapkan untuk ditawarkan ke pihak investor. 

Tak hanya pembangunan fisik, skema KPBU juga termasuk membiayai pembuatan Master Plan, Desain, dan studi kelayakan sampai fungsional disiapkan oleh investor. (d)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES