Indonesia Positif

Tingkatkan PAD, Pemkot Samarinda Luncurkan Jasa Kapal Pandu

Sabtu, 02 Juli 2022 - 18:42 | 33.36k
Kapal Pandu BUMD Samarinda. (foto: Iqbal/TIMES Indonesia)
Kapal Pandu BUMD Samarinda. (foto: Iqbal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SAMARINDA – Meningkatkan PAD, program ekstensifikasi dan instensifikasi terhadap penerimaan daerah terus digenjot Pemkot Samarinda terlebih melihat adanya kapal-kapal yang memanfaatkan Sungai Mahakam menjadi arus logistik.

Pihak Pemkot Samarinda sendiri memulai dan melakukan kemitraan strategis dengan PT Pelindo IV Cabang Samarinda bersama Perumda Varia Niaga, Kamis (30/6/2022). Agar secara konsisten dan bertahap menggarap potensi pendapatan daerah dari sektor alur pelayaran Sungai Mahakam.

"Salah satu potensi yang belum tergarap maksimal adalah potensi Alur Sungai Mahakam," tegas Andi Harun.

Pemkot Samarinda menyediakan jasa kapal pandu di Jembatan Achmad Amin. Wali Kota Samarinda, Andi Harun mengatakan merupakan upaya untuk menggali sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) baru.

Dua unit kapal Tugboat berkekuatan 2x1000 horse power siap melayani kapal-kapal yang akan melintas dibawah jembatan yang diresmikan tahun 2017 silam ini.

Andi turut mengupayakan pengembangan operasional tersebut yang di mana sementara ini hanya beroperasi memandu kapal melintasi bawah Jembatan Achmad Amin, nantinya ia akan bersurat dan berkomunikasi dengan Gubernur Kaltim, Isran Noor untuk dapat beroperasi di bawah jembatan yang dinaungi Pemprov Kaltim.

"Kami sedang mengupayakan itu, untuk pengembangannya melalui bersurat dan pendekatan komunikasi," jelasnya

Pria yang kerap disapa AH itu mengungkapkan setidaknya potensi pendapatan daerah dari operasional dua unit kapal itu mampu mencapai Rp3 miliar.

"Nanti akan dibagi lagi hasilnya dengan Pelindo," ungkapnya

Diwawancarai terpisah Direktur Utama Perumda Varia Niaga Samarinda, Syamsudin Hamade menyebutkan untuk status kepemilikan dua unit kapal tersebut sementara ini masih bermitra dengan pihak Pelindo, namun tak menutup kemungkinan ke depannya Pemkot Samarinda akan menyediakan unit kapal sendiri.

"Karena kalau kita ingin punya kapal sendiri itu kan masih butuh waktu makanya kami bermitra dulu," ucapnya. (d)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES