Indonesia Positif

HMI Cirebon Adakan Pelatihan Jurnalistik untuk Mahasiswa

Sabtu, 02 Juli 2022 - 13:27 | 37.41k
Nurhidayat, General Manager TIMES Indonesia Cirebon memberikan materi kepada mahasiswa Islam. (Foto: Muslimin/TIMES Indonesia)
Nurhidayat, General Manager TIMES Indonesia Cirebon memberikan materi kepada mahasiswa Islam. (Foto: Muslimin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CIREBON – Wartawan senior yang juga sebagai General Manager TIMES Indonesia Cirebon, Nurhidayat menjadi pemateri pada Basic Training, Lembaga Pers Mahasiswa Islam yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Cirebon. 

Kegiatan dengan tema "Terbinanya insan pers yang sadar akan peran dan fungsinya sebagai kader umat dan kader bangsa" ini dilaksanakan di Sekretariat HMI Cabang Cirebon, jalan Swadaya Majasem Kota Cirebon, Jumat (1/7/2022) malam.

Dalam memberikan materinya, Nurhidayat menekankan pentingnya insan pers dalam menjungjung tinggi kode etik jurnalistik. Menurutnya, kode etik jurnalistik merupakan pegangan yang harus ditaati dan dilaksanakan.

"Karena itu (kode etik jurnalistik) bisa menjadi penyelamat insan pers jika terjadi permasalahan terkait pemberitaan yang kita tulis, maka itu jangan sampai kita sebagai insan pers abai akan hal itu," tutur Nurhidayat.

Nurhidayat mengatakan, di dalam kode etik jurnalistik, terdapat norma-norma tentang bagaimana insan pers dalam membuat berita. Salah satunya adalah, tentang bagaimana insan pers harus selalu membuat berita secara berimbang.

"Terlebih lagi kalau kita (pers) membuat berita terkait persoalan hukum, maka itu diperlukan berita yang berimbang. Jangan sampai berita kita nanti ya dituduh oleh pihak yang disebutkan, sebagai berita bohong atau berisi fitnah," kata Nurhidayat.

Nurhidayat yakin, jika para Mahasiswa Islam yang tergabung di dalam HMI akan menjadi wartawan yang handal dan profesional. Dirinya juga membuka ruang diskusi seluas-luasnya, bagi calon wartawan untuk lebih memahami tentang dunia jurnalistik.

"Silahkan hubungi saya, kalau memang ada yang mau berdiskusi ataupun bertanya soal bagaimana menjadi wartawan," pungkas Nurhidayat.

Di tempat yang sama, salah satu peserta pelatihan, Ilham menuturkan, kegiatan pelatihan tentang jurnalistik dasar ini sangat bermanfaat. Dirinya juga merasa tertarik dengan dunia jurnalistik, dan mengaku akan menggeluti dunia kewartawanan.

Kegiatan yang digelar HMI Cirebon dan diikuti oleh mahasiswa dari beberapa daerah ini ditutup dengan simulasi tentang bagaimana melakukan rapat redaksi dalam perusahaan media. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES