Indonesia Positif

Kenalkan Dunia Kerja, Fakultas Syariah UIN KHAS Kirim Mahasiswa ke Kemenkumham Jakarta dan PN Jember

Sabtu, 02 Juli 2022 - 10:17 | 42.39k
Dekan Fakultas Syariah UIN Khas Jember bersama mahasiswa magang. (Foto: Dody Bayu Prasetyo/TIMES Indonesia)
Dekan Fakultas Syariah UIN Khas Jember bersama mahasiswa magang. (Foto: Dody Bayu Prasetyo/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBERFakultas Syariah UIN KHAS Jember mengirim mahasiswanya untuk menjalani kerja magang ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI di Jakarta dan Pengadilan Negeri (PN) Jember.

Program magang dibutuhkan mahasiswa sebagai pengenalan terhadap dunia kerja dan mengenal bagaimana profesional bekerja. 
 
Dinda Putri Alfarorino melaksanakan magang di Kemenkumham RI Jakarta, dan Magfirotuz Zaini bersama Maharani Saolina adalah peserta magang di Pengadilan Negeri Jember. 

Mereka melaksanakan magang secara mandiri ketika libur kuliah. 

Ketiganya tercatat sebagai mahasiswi program studi Hukum Tata Negara.

Magang mandiri tersebut dilaksanakan selama satu bulan, dimulai sejak 11 Juli – 11 Agustus untuk Kemenkumham RI dan 27 Juni – 27 Juli untuk PN Jember. 

“Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai cara kerja di sana terutama mengenai isu hukum dan HAM langsung dari pusatnya,” kata Dinda. 

Magfirotuz Zaini dan Maharani Saolina yang setiap minggunya mereka ditempatkan di bidang yang berbeda yakni minggu pertama di bagian hukum, kemudian minggu kedua di bagian perdata, minggu ketiga di bagian pidana, lalu minggu keempat kembali di bagian hukum. 

Motivasi Magfirotuz Zaini melakukan magang mandiri adalah selain untuk menambah pengalaman, di sisi lain juga untuk mengisi waktu liburan juga ingin melihat langsung proses penegakan hukum. 

“Teori yang kami dapatkan di bangku kuliah dengan praktik jauh berbeda, jadi saya ingin terjun langsung melihat proses penegakan hukum,” ungkap Agfi. 

Hal serupa pula diungkapkan oleh Maharani Saolina bahwa ia ingin mengisi liburan dengan mengetahui alur sejak perkara masuk hingga putusan di Pengadilan.  

Fakultas Syariah terus mendukung mahasiswa yang ingin melakukan magang mandiri dan membantu proses tersebut, baik dengan berkomunikasi langsung maupun melalui surat.

Sholikul Hadi, S.H., M.H sebagai Koordinator Program Studi Hukum Tata Negara mengungkapkan bahwa mahasiswa harus menjaga nama baik kampus dan melakukan magang dengan baik. 

“Manfaatkan waktu kosong dengan produktif, magang membuat kita berlatih menjadi profesional,” ungkap Sholikul Hadi.

Dekan Fakultas Syariah, Prof. Dr. M. Noor Harisudin, M.Fil.I menjelaskan bahwa kegiatan magang mandiri bertujuan agar mahasiswa dapat mengimplementasikan teori yang dipelajari selama perkuliahan dan mahasiswa juga tahu adanya perbedaan antara teori dan praktek.

Selain itu, magang mandiri diselenggarakan untuk menambah wawasan dan pengalaman mahasiswa dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi dunia kerja.

“Semakin banyak mahasiswa yang melakukan magang mandiri, semakin bagus " ungkap Prof. Haris yang juga Sekretaris Forum Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia. 

Menurut Prof. Harisudin, ke depan magang mandiri akan terus dikembangkan dan diperluas cakupannya serta terus akan disempurnakan. 

“Kalau hari ini adik-adik mahasiswa Fakultas Syariah UIN KHAS Jember baru magang di Kemenkumham RI Jakarta dan Pengadilan Negeri Jember, ke depan saya harap mahasiswa bisa magang mandiri di seluruh Indonesia,” terang Prof. Haris yang juga Ketua Pengurus Pusat Asosiasi Pengajar Hukum Tata Negara dan Hukum Administrasi Negara (PP APHTN-HAN). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES