Glutera News

14 Manfaat Penting Squat bagi Wanita

Sabtu, 02 Juli 2022 - 08:54 | 103.17k
14 Manfaat Penting Squat bagi Wanita
Image: Glutera for Times Indonesia
Editor: Dhina Chahyanti

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Gerakan squat adalah salah satu latihan yang baik untuk melatih tubuh bagian bawah dan inti otot, jika Anda melakukan latihan ini secara teratur, maka Anda dapat mengencangkan otot paha dan bokong serta meningkatkan sirkulasi pencernaan.

Squat merupakan latihan sederhana yang efektif untuk memperkuat otot tubuh dan membakar kalori. Caranya yang cukup mudah membuat olahraga ini menjadi salah satu jenis latihan yang banyak diminati untuk membentuk tubuh ideal.

Latihan kekuatan dinamis ini membutuhkan kerja sama beberapa otot tubuh bagian bawah dan atas. Namun, fokus utama dalam squat adalah kekuatan otot tubuh bagian bawah. Seperti paha depan, paha belakang, dan bokong.

Squat memberikan tenaga dan memperkuat otot dalam melakukan tugas sehari-hari seperti berjalan, membawa beban berat, hingga menaiki tangga. 

Tidak punya waktu banyak untuk olahraga? Jangan khawatir lagi, karena beberapa ahli kebugaran mengatakan bahwa hanya dengan rutin berolahraga squat, Anda bisa mendapatkan manfaat olahraga secara maksimal. Melansir The Active Times, melakukan 50 squat sehari bisa membuat tubuh Anda selalu bugar.

Panduan melakukan squat yang benar

• Awali dengan posisi berdiri tegak.
• Berdiri dengan kaki dibuka selebar pinggul
• Turunkan tubuh Anda sejauh yang Anda bisa dengan mendorong punggung ke
• belakang, sambil naikkan lengan Anda lurus ke depan untuk menjaga keseimbangan.
• Tubuh bagian bawah harus sejajar dengan lantai dan dada harus dibusungkan, tidak membungkuk. Lalu angkat sebentar dan kembali ke posisi awal.
• Saat Anda menurunkan tubuh Anda seperti ingin duduk atau jongkok, paha belakang memanjang di sendi pinggul dan memperpendek sendi lutut.
• Pada saat yang sama, otot punggung atas menegang, yang membantu Anda mempertahankan batang tubuh Anda tetap tegak, sehingga punggung Anda tidak berputar.

Glutera-Noxx.jpg

Meski sederhana, olahraga squat ternyata punya banyak manfaat. Nah, berikut ini manfaat squat yang akan kamu dapatkan jika melakukannya secara rutin: 

1. Efektif membakar lemak pada area perut 

Meski terkesan monoton, squat bisa kamu jadikan olahraga wajib yang bisa dilakukan jika hendak menurunkan berat badan. Dengan melakukan gerakan squat, lemak yang menumpuk pada bagian perut dan pinggang bisa terbakar dengan cepat. Anda bisa melakukan gerakan ini selama 10 hingga 15 menit saja setiap pagi dan sore untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Menyingkirkan lemak tubuh

Manfaat squat selanjutnya adalah menyingkirkan lemak. Saat melakukan squat, otot membakar lebih banyak lemak. Selain mengencangkan otot, squat membantu kamu untuk menyingkirkan lebih banyak lemak dalam tubuh.

Selain mengencangkan otot dan membakar kalori, squat dapat membantu untuk menurunkan berat badan. Oleh karena itu, squat adalah cara efektif untuk menyingkirkan lemak.

Latihan squat yang dilakukan secara teratur dapat membuat lemak yang menumpuk pada pinggang dan perut bisa terkikis sedikit demi sedikit.

Semakin rutin dilakukan, maka akan semakin cepat merasakan manfaatnya.

3. Mengencangkan bokong dan paha

Banyak wanita yang menginginkan mendapatkan bokong dan paha yang kencang nan indah. Nah, hanya dengan rutin melakukan squat, maka Anda juga bisa mendapatkannya. Alasannya, lemak yang tertimbun di sana akan terkikis saat melakukan squat dan membuatnya menjadi makin kencang.

4. Melatih kekuatan dan fleksibilitas otot

Apabila kamu melakukan gerakan squat secara rutin, maka otot-otot kaki, pinggang, dan perut juga bisa terlatih sehingga menjadi lebih kuat dan fleksibel. 

Otot yang kuat dan fleksibel ini membuat kamu bisa melakukan berbagai aktivitas dengan baik serta menurunkan risiko cedera saat melakukan olahraga lain yang lebih berat. Oleh karena itu, gerakan squat juga kerap digunakan sebagai salah satu gerakan dalam pemanasan, sebelum melakukan berbagai jenis olahraga.

5. Meningkatkan keseimbangan tubuh

Fokus gerakan saat squat adalah melatih otot tubuh bagian bawah. Jika Anda rajin melakukan gerakan ini, keseimbangan tubuh juga  meningkat. Terutama ketika sedang kamu berada dalam posisi setengah jongkok, jika kamu sering melakukan squat, otot bagian bawah tubuh terlatih untuk menopang berat tubuh dengan lebih seimbang.

6. Mempercepat metabolisme

Metabolisme yang lancar bermanfaat untuk menjaga tubuh dari serangan berbagai penyakit. Jika Anda melakukan olahraga squat secara rutin, maka ini dipercaya bisa membuat metabolisme tubuh meningkat.

Selain itu, squat juga memicu pelepasan hormon pertumbuhan untuk meningkatkan massa otot, serta membuat sensitivitas insulin menjadi lebih lancar. Hasilnya, tubuh bisa terlindung dari penyakit-penyakit kardiovaskular dan obesitas.

7. Meningkatkan vitalitas

Hal ini mungkin menjadi manfaat squat yang belum banyak diketahui orang. Beberapa penelitian membuktikan bahwa olahraga squat efektif meningkatkan vitalitas bagi para pria. 

Gerakan squat dipercaya bisa meningkatkan hormon testosteron dan produksi sperma pada pria. Oleh karena itu, olahraga ini juga disarankan untuk dilakukan secara rutin oleh pria yang memiliki gangguan seksual.

8. Memperkuat otot tubuh bagian bawah

Tubuh bagian bawah mempunyai otot yang terbesar dan terkuat. Hal ini dapat Anda lihat mulai dari bangun dari tempat tidur, duduk dikursi, area glutes, paha depan, paha belakang, pinggul maupun betis bertanggung jawab atas segara gerakan yang Anda lakukan.

Melatih kekuatan otot seperti squat dapat membantu menguatkan dan membentuk otot tubuh bagian bawah. 

Pada saat otot tubuh ini dalam kondisi yang baik, Anda akan merasa nyaman, mengurangi rasa sakit dan melakukan olahraga apapun tak terkecuali olahraga yang membungkuk akan lebih mudah untuk dilakukan.

9. Meningkatkan kekuatan atletik pada tubuh

Berdasarkan pada Journal of Sport Sciance and Medicine pada 2016, menyimpulkan bahwa latihan squat dapat membantu meningkatkan performa atletik secara bersamaan seperti lari cepat dan tenaga yang lebih kuat. Oleh karena itu, squat menjadi pilihan olahraga yang dapat dilakukan secara konsisten.

Glutera-Coll.jpg

10. Memperbaiki postur tubuh

Olahraga ini membuat penguatan khususnya pada area tulang belakang dengan melakukan jongkok kemudian berdiri (squat). Postur tubuh yang buruk berhubungan dengan sakit punggung, sakit leher, gangguan tidur hingga metabolisme menjadi lebih lambat.

11. Mengurangi resiko cedera

Ketika otot-otot pada tubuh bagian bawah menguat maka kamu akan lebih mampu dalam melakukan gerakan seluruh tubuh dengan lebih baik, seimbang dan postur yang benar.

12. Mengurangi selulit

Peregangan otot yang Anda dapatkan dari melakukan squat akan membuat darah terpompa ke seluruh tubuh dan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Sirkulasi yang baik akan memberikan nutrisi dan oksigen ke organ vital dan otot. Squat meningkatkan sirkulasi sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan selulit di kulit.

Hal ini bisa terjadi karena peregangan dan peningkatan sirkulasi membantu menghilangkan garis-garis selulit yang tidak diinginkan oleh banyak orang.

13. Menjaga kesehatan paru-paru dan jantung

Squat dapat membantu otot jantung lebih kuat dan meningkatkan kapasitas paru-paru terutama setelah menambah beban dengan menggunakan barbel.

American Heart Association menyarankan untuk menambahkan latihan interval, salah satunya squat setidaknya dua kali seminggu untuk merangsang kekuatan otot tubuh. Selain itu juga melatih kekuatan dan ketahanan tubuh untuk kesehatan jantung.

Kamu bisa melakukan gerakan squat, sit up, hingga push up untuk menjaga kesehatan jantung. Pastikan untuk melakukan pemanasan 5 menit agar otot tidak terasa tegang.

14. Baik untuk lutut dan persendian

Squat dapat menjaga lutut dengan meningkatkan fleksibilitas dan mencegah cedera. 

Membungkuk dan meregangkan lutut saat squat akan memperkuat otot lutut.

Gerakan squat melibatkan pinggul, lutut, dan kaki pada saat yang bersamaan, beban tidak hanya membantu membangun otot lutut, tetapi juga meningkatkan kesehatan sendi.

Hal ini memungkinkan lebih banyak oksigen dan darah mengalir di sekitar sendi, sehingga membantu menjaga lutut dan persendian tetap lentur dan kuat.

Jadi kini tidak ada lagi alasan tak punya waktu olahraga atau tidak punya tempat olahraga, karena kamu bisa melakukan squat dengan mudah. (*)

Be everlasting with glutera

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Publisher : Rochmat Shobirin

EKORAN

TERBARU

  • Tantangan Pariwisata di Sumba Timur
    Tantangan Pariwisata di Sumba Timur
    08/08/2022 - 23:11
  • Sehari Dua Peristiwa Kebakaran Terjadi di Majalengka, Ini Lokasinya
    Sehari Dua Peristiwa Kebakaran Terjadi di Majalengka, Ini Lokasinya
    08/08/2022 - 23:04
  • Tol Samarinda-Bontang Dicoret dari PSN, DPRD Bontang: Kita Harus Berjuang
    Tol Samarinda-Bontang Dicoret dari PSN, DPRD Bontang: Kita Harus Berjuang
    08/08/2022 - 22:36
  • Kapolri Akan Umumkan Tersangka Baru Terkait Kasus Kematian Brigadir J 
    Kapolri Akan Umumkan Tersangka Baru Terkait Kasus Kematian Brigadir J 
    08/08/2022 - 22:03
  • Ketua DPR RI: ASEAN Para Games Bukti Penyandang Disabilitas Masih Bisa Berprestasi
    Ketua DPR RI: ASEAN Para Games Bukti Penyandang Disabilitas Masih Bisa Berprestasi
    08/08/2022 - 21:41

TIMES TV

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

10/11/2021 - 09:39

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

iGuides

  • Tawarkan Konsep Baru, Saygon Hotel and Cottage Terekomendasi Iguides 5 Star
    20/03/2022 - 18:00
  • Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    28/01/2022 - 10:38
  • Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    07/12/2021 - 20:06
  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05

KOPI TIMES

  • Tantangan Pariwisata di Sumba Timur
    Tantangan Pariwisata di Sumba Timur
    08/08/2022 - 23:11
  • Kelindan Environment Ethic di Bumi Wonosalam, Jombang
    Kelindan Environment Ethic di Bumi Wonosalam, Jombang
    08/08/2022 - 19:28
  • Balada Santribritis: Momentum untuk Dakwah atau Sekedar Lifestyle Semata
    Balada Santribritis: Momentum untuk Dakwah atau Sekedar Lifestyle Semata
    08/08/2022 - 18:48
  • Dr. Ahmad Basarah dan Ijtihad Pengujian Undang-Undang Berdasarkan Pancasila
    Dr. Ahmad Basarah dan Ijtihad Pengujian Undang-Undang Berdasarkan Pancasila
    08/08/2022 - 17:33
  • Menakar Peta Radikalisme di Malang
    Menakar Peta Radikalisme di Malang
    08/08/2022 - 11:32
  • Pemasyarakatan Semakin PASTI, Wujudkan Keadilan Restoratif dan SPPT 
    Pemasyarakatan Semakin PASTI, Wujudkan Keadilan Restoratif dan SPPT 
    06/08/2022 - 17:48
  • Polemik Legalisasi Ganja di Indonesia
    Polemik Legalisasi Ganja di Indonesia
    06/08/2022 - 15:27
  • Catatan dari Makkah: Dukun VS Pesulap, Kapitalisasi Agama Berkedok Kearifan Lokal
    Catatan dari Makkah: Dukun VS Pesulap, Kapitalisasi Agama Berkedok Kearifan Lokal
    06/08/2022 - 14:03

KULINER

  • Terapkan Metode Hygiene Sanitasi, Kuliner Cimplung Banyuwangi Jadi Makin Berkelas
    Terapkan Metode Hygiene Sanitasi, Kuliner Cimplung Banyuwangi Jadi Makin Berkelas
    07/08/2022 - 19:29
  • Yuk Incip Nusantara Buffet Kaya Rasa di ASTON Jember
    Yuk Incip Nusantara Buffet Kaya Rasa di ASTON Jember
    07/08/2022 - 12:08
  • Ini Hidden Gem Rujak Soto yang Patut di Datangi Saat Berkunjung ke Banyuwangi
    Ini Hidden Gem Rujak Soto yang Patut di Datangi Saat Berkunjung ke Banyuwangi
    07/08/2022 - 07:42
  • Bakso 'Mak Bedil' Bertabur Sayur, Rasanya Bikin Kedap Kedip
    Bakso 'Mak Bedil' Bertabur Sayur, Rasanya Bikin Kedap Kedip
    07/08/2022 - 02:16
  • Bakso M. Iko, Kuliner Legendaris yang Tetap Hits
    Bakso M. Iko, Kuliner Legendaris yang Tetap Hits
    06/08/2022 - 18:01