Olahraga

Kisah Riqi Hendriawan dan Mila Karmila, Potret Daya Juang Atlet Porprov Jatim 2022

Jumat, 01 Juli 2022 - 23:03 | 65.07k
Riki Hendriawan Cabor Atletik Nomor Panca Lomba berhasil meraih medali perak dalam Porprov Jatim 2022 (FOTO: Mustofa For TIMES Indonesia)
Riki Hendriawan Cabor Atletik Nomor Panca Lomba berhasil meraih medali perak dalam Porprov Jatim 2022 (FOTO: Mustofa For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – AjangPorprov Jatim 2022  tak hanya berisi kompetisi 10.151 atlet memperebutkan 5.183 keping medali. Ajang multicabang olahraga yang diikuti atlet dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur itu, juga menyajikan banyak cerita. Antara lain tentang daya juang dan spirit atlet. 

Ada cerita Riqi Hendriawan, kontingen Kota Probolinggo yang meraih medali perak dari cabor Atletik di nomor Panca Lomba, Rabu (29/6/2022) lalu di Stadion Jember Sport Garden, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember.

Mila-Karmila.jpgMila Karmila (kiri) Cabor Atletik nomor Lari 800 Meter Putri berhasil naik podium dan menerima medali perak dalam Proprov Jatim 2022 (FOTO: KONI Kota Probolinggo For TIMES Indonesia)

Medali itu diraih Riqi dalam kondisi menahan sakit karena luka sepanjang lomba. Saat mengikuti nomor lomba lain, kakinya tergores sepatu spikesnya sendiri. Tapi atlet berambut kriting ini tak menyerah dengan keadaan.

"Sempat tergores, takut mengganggu 4 nomer lomba sisanya. Tapi alhamdulillah anaknya (Riqi Hendriawan, Red) bisa mengatasi rasa sakitnya," kata Pelatih Atletik Kota Probolinggo, Mustofa, yang sempat mengkhawatirkan kondisi Riqi.

Selain Riqi Hendriawan, juga ada cerita Mila Karmila, peraih medali perak di nomor lari 800 meter dalam cabor Atletik. Prestasi itu, menjadi pembuktian Mila akan bakat dan potensinya kepada publik. 

Ketua KONI Kota Probolinggo, Rahadian Juniardi menyebut, mental Mila sempat drop dan down akibat tercoret dari Puslatda PON Jawa Timur, tahun lalu.

“Saya membangkitkan semangat dan kepercayaan dirinya. Moment hari Jadi Kota Probolinggo tahun 2021, saya memberinya kesempatan tampil dengan membawa bendera panji Pemerintah Kota Probolinggo,” ujar Rahadian. 

Mila Karmila dimasukkan dalam Puslatkot KONI Kota Probolinggo, dan mendaftarkannya ke Porprov Jatim 2022. 

Riki-Hendriawan.jpgRiki Hendriawan Cabor Atletik Nomor Panca Lomba saat menerima medali Perak dalam Porprov Jatim 2022 (FOTO: Mustofa For TIMES Indonesia)

“Saya punya keyakinan kalau dia bisa bangkit lagi meraih prestasi. Dan, Alhamdulillah kepercayaan yang saya berikan dibayarnya tuntas dengan mempersembahkan medali perak di nomor 800 meter putri untuk Kota Probolinggo,” kata pria yang biasa disapa Dodik ini. 

Meski belum berhasil mendapatkan medali emas, perjuangan yang luar biasa dan pertarungan dengan mengerahkan semua tenaganya, dianggap sudah lebih dari cukup oleh KONI Kota Probolinggo.

Riqi Hendriawan dan Mila Karmila meraih medali pada hari pertama dimulainya kompetisi di cabor Atletik. Di hari itu, Rabu (29/6/2022), M. Arif meraih medali perunggu di nomor Lompat Jauh Putra dan menyumbang perolehan medali Kota Probolinggo.

Berlangsung di Stadion Jember Sport Garden, kompetisi pada cabor Atletik di ajang Porprov Jatim 2022 berlangsung selama empat hari. Kompetisi atlet di cabor ini masih akan berlangsung hingga besok (2/7/2022).

Pelatih atletik Mustofa berharap, hasil perolehan hari pertama memberikan motivasi bagi anak didiknya yang akan berlomba.

Capaian Tertinggi KONI Kota Probolinggo

Hingga hari kelima ajang Porprov Jatim 2022, Kamis (30/6/2022) kontingen Kota Probolinggo telah mengemas 17 medali. Terdiri dari empat medali emas, lima medali perak, dan delapan medali perunggu.

Rahadian Juniardi menyebut, itu menjadi capaian tertinggi sepanjang keikutsertaan KONI Kota Probolinggo dalam Porprov Jatim. Yakni mulai 2007 hingga 2022. Dan ini berarti pula, Porprov kali ini kontingen Kota Probolinggo mengalami kenaikan prestasi dibandingkan dengan Porprov sebelumnya. 

“Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada atlet, pelatih, asisten pelatih, official, tim monev dan semua pihak yang telah berkontribusi untuk pencapaian yang luar biasa ini,” tulis Dodik di akun medsos pribadinya.

Ajang Porprov Jatim 2022 masih berlangsung hingga Minggu (3/7/2022). Dalam dua hari tersisa, setiap kontingan masih berkesempatan menambah perolehan medali. Termasuk kontingen Kota Probolinggo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES