Glutera News

7 Penyebab Wanita Terlihat Lebih Tua dari Pria

Jumat, 01 Juli 2022 - 13:13 | 111.64k
Image: Glutera for Times Indonesia
Image: Glutera for Times Indonesia

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Banyak pasangan laki-laki dan perempuan memiliki usia yang sama, tapi umumnya wajah perempuan terlihat lebih tua dibandingkan dengan laki-laki. 

Kenapa bisa begitu?

Sebagian besar orang pasti sepakat bahwa wanita sering kali terlihat lebih cepat menua dibandingkan pria. Meskipun, mereka juga memiliki peluang hidup lebih lama, hal ini tetap bukan kabar baik bagi wanita.

Untungnya, sekarang ini sudah banyak perawatan kecantikan kulit yang bisa menunda penuaan maupun membuat wajah terlihat lebih muda. Tapi, perawatan kecantikan kulit ini pastinya cukup mahal dan tak semua wanita bisa melakukannya.

Di sisi lain, para wanita juga perlu memahami beberapa penyebab mereka lebih cepat tua daripada pria, mulai dari kehamilan hingga masa menopause.

1. Wanita sering mengalami stres

Menurut Dr Judith Mohring, wanita lebih rentan terhadap gangguan mental, terutama terhadap hal yang terkait dengan pekerjaannya. Selain itu, perbedaan hormonal adalah salah satu kondisi yang membuat wanita lebih cepat menua.

Karena, fluktuasi hormon berhubungan dengan depresi. Apalagi, Seasonal Affective Disorder memengaruhi wanita lebih dari pria. Stres terus-menerus pasti mengarah pada penuaan dini.

2. Wanita melahirkan

Sebuah penelitian yang dilakukan di George Mason University membuktikan bahwa kehamilan membuat Anda terlihat 11 tahun lebih tua. Masalahnya, wanita yang pernah melahirkan memiliki telomer (bagian paling ujung DNA linear) lebih pendek dibandingkan mereka yang tidak pernah memiliki anak.

Semakin pendek telomer Anda, semakin tua penampilan Anda. Selain itu, stres saat hamil tidak jarang juga mempercepat proses penuaan.

Glutera-GSHH.jpg

3. Kulit pria lebih tebal

Menurut dokter kulit, kulit pria 25 persen lebih tebal dari kulit wanita. Persentasenya dapat bervariasi dari orang ke orang tetapi angka umumnya tetap sama. Meskipun mereka mungkin ada lebih sedikit kerutan di wajah pria, kerutan yang ada lebih dalam daripada wanita.

4. Tingkat testosteron berbeda

Umumnya, estrogen adalah hormon khas pada wanita dan testosteron adalah hormon khas pada pria. Tingginya kadar testosteron bisa memperlambat penuaan. Meskipun hormon estrogen Tingginya kadar testosteron. Karena itu, wanita lebih cepat mengalami kerutan di wajah.

5. Menopause

Hilangnya hormon selama menopause mempercepat proses penuaan. Ketika wanita mengalami menopause, tubuh mereka berhenti memproduksi kolagen sebanyak dulu. Hal ini menyebabkan hilangnya elastisitas kulit yang membuatnya lebih terlihat tua.

6. Kurang asupan nutrisi

Sebagian wanita sebelum menikah selalu menjaga pola makannya, namun saat sudah menikah mereka kurang kontrol dalam asupan nutrisi. Belum lagi pernikahan di atas usia 25 tahun, dimana saat semua organ tubuh mulai menurun fungsinya. Suplemen anti-aging sangat diperlukan bagi kaum hawa teruta setelah menikah.

7. Kurang olah-raga

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa kaum hawa sangat malas untuk berolah raga. Seandaninya olah-raga tapi dilakukan dengan rutin. Cobalah mulai sekarang lebih rutin berolah-raga, cukup 150 menit seminggu.

Pada perempuan berkurangnya massa tulang terjadi lebih cepat yang membuat tulang rahang menciut lebih dini dibanding dengan laki-laki dan otot-otot pada perempuan jauh lebih dekat pada kulit sehingga ia akan tertarik yang membuatnya terlihat lebih kencang tapi lebih cepat keriput pula. Yuk, olah-raga yang rutin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES