Peristiwa Daerah

Patung Kadet Soewoko di Lamongan Jadi Sasaran Vandalisme, Warga Geram

Jumat, 01 Juli 2022 - 12:15 | 71.12k
Warga melihat kondisi patung Kadet Soewoko yang menjadi sasaran vandalisme, Jumat (1/7/2022). (FOTO: MFA Rohmatillah/ TIMES Indonesia)
Warga melihat kondisi patung Kadet Soewoko yang menjadi sasaran vandalisme, Jumat (1/7/2022). (FOTO: MFA Rohmatillah/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGANPatung Kadet Soewoko yang berada di Jalan Panglima Sudirman Lamongan menjadi sasaran aksi vandalisme.

Bagian bawah patung yang manjadi salah satu ikon Kabupaten Lamongan itu dicorat-coret menggunakan cat berwarna hitam.

Coretan yang membentuk angka 04 tersebut menutupi bagian dinding berbahan marmer bertuliskan ulasan singkat kisah gugurnya Kadet Soewoko bersama kawan seperjuangannya.

Kemudian beberapa coretan lain menutup nama-nama pahlawan yang terpahat pada dinding marmer tersebut, yaitu nama Kadet Soewoko, Widodo, Kaery dan Lasiban.

Aksi vandalisme pada patung Kadet Soewoko tersebut baru diketahui Jumat (1/7/2022) pagi. Aksi tersebut menuai kecaman dari para warga.

Salah satunya adalah Kaslim, yang setiap hari mangkal sebagai Supeltas di jalan sekitar patung. Dia sangat menyayangkan aksi vandalisme yang terjadi.

patung-Kadet-Soewoko-yang-menjadi-sasaran-vandalisme-a.jpg

"Kalau cat ya sudah diniati, berarti ada pelakunya, orang jelas juga mencoret keempat nama pahlawan. Sayang sekali," kata Kaslim.

Sementara respon lebih keras ditunjukkan Badrio. Dia begitu marah melihat patung Kadet Soewoko dicorat-coret dengan cat hitam.

"Kurang ajar, ngerti wonge ta tak ajuri temenan (kurang ajar, tahu orangnya saya gebukin). Jelas ini disengaja, lha wong juga mencoret nama nama pahlawan," ujar Badrio, saat berada di lokasi.

Badrio menduga, aksi vandalisme yang menyasar patung Kadet Soewoko tersebut dilakukan oleh orang-orang tak bertanggungjawab yang singgah di taman sekitar patung. 

"Kalau anak-anak (kampung) sini nggak mungkin, saya juga kurang tahu, biasanya saya sampai malam jaga juga nggak melihat yang mencorat-coret," tuturnya.

Hingga saat ini belum diketahui siapa pelaku vandalisme patung Kadet Soewoko, yang merupakan pahlawan kebanggaan masyarakat Lamongan tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES