Peristiwa Daerah

Tanyakan Transparansi Dana CSR, Ratusan Massa Demo Pupuk Kaltim

Kamis, 30 Juni 2022 - 23:03 | 69.40k
Massa duduk di depan pintu gerbang kantor dan pabrik Pupuk Kaltim. (Foto: Kusnadi/TIMES Indonesia)
Massa duduk di depan pintu gerbang kantor dan pabrik Pupuk Kaltim. (Foto: Kusnadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONTANG – Massa dari Masyarakat Bufferzone menggugat (MBM) merealisasikan janjinya untuk mendatangi area kantor dan pabrik PT Pupuk Kaltim yang berlokasi di Jalan Pupuk Raya, kelurahan Guntung, Kota Bontang, Kamis (30/06/2022).

Seperti diberitakan sebelumnya, demonstrasi dilakukan buntut dari kekecewaan MBM terhadap jawaban Pupuk Kaltim pada 22 Juni 2022.

Kemudian adanya penilaian tidak transparannya anggaran CSR khusus untuk Kota Bontang sebanyak Rp60 Miliar, hanya terealisasi Rp18 Miliar jadi salah satu hal yang di soal.

Tepat jam 08.30 Wita, sekitar 100 massa diturunkan dalam aksi damai itu. Datang dengan menggunakan 2 unit truk, 1 unit mobil berisi pengeras suara dan sebagian kendaraan roda dua berkonvoi menuju titik aksi tepat di pintu masuk kantor dan pabrik Pupuk Kaltim.

Bergantian orasi disampaikan oleh pendemo yang dikomandoi Yopi Chandra. Orasi terkait isu CSR, layanan kesehatan gratis hingga peran anak lokal yang sulit diberi kesempatan bekerja menjadi tema dalam orasi.

Massa-Duduk-didepan-Pintu-Gerbang-Kantor-B.jpg

"Kami datang dengan damai, kami disini meminta tanggungjawab pemerintah, dalam sisi sosial, lingkungan, pendidikan dan tentu saja kesehatan,” ungkapnya

Sayang, harapan pendemo untuk bertemu dengan manajemen tertinggi perusahaan produsen pupuk dan amoniak itu pupus.

Adalah Sugeng Suedi VP Pelayanan Umum yang mendatangi pendemo. Ia mengatakan akan menampung apa yang disuarakan para pendemo dan berjanji akan memberikan jawaban secepatnya.

“Saya tidak mengambil keputusan, namun apa yang dituntutkan masyarakat ini kami akan rapatkan dan apa hasilnya, nanti kita sampaikan. Yang jelas kami akan akomodir,” kata Sugeng.

Setelah mendengar penyampaian mantan Manager Humas Pupuk Kaltim itu, massa MBM kemudian bergeser ke Kantor Wali Kota Bontang.

Enam tuntutan Masyarakat Bufferzone kepada PT Pupuk Kaltim tersebut yang pertama, membuka secara transparan mengenai berapa dan kemana saja jumlah alokasi dana CSR yang digelontorkan kepada masyarakat Bontang khususnya di wilayah bufferzone.

Kedua, memprioritaskan dana CSR untuk kesejahteraan masyarakat bufferzone. Ketiga, memasang indikator udara di area bufferzone (Guntung, Loktuan, Sidrap) sebagai media masyarakat untuk mengecek ambang batas polusi, dan dibentuk tim independen dalam pengawasannya.

Lalu keempat memberi fasilitas medical check up gratis serta vitamin dan susu gratis setiap 3 bulan sekali khususnya masyarakat di area bufferzone yang terpapar langsung dengan populasi amonia.

Tuntutan kelima adalah memberikan fasilitas kesehatan gratis Per-RT secara berkelanjutan. Dan tuntutan keenam adalah membentuk tim khusus rehabilitasi di area pesisir akibat tumpahan batu bara di area boiler PT Pupuk Kaltim. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES