Peristiwa Nasional

Nippon Paint Gelar Program Ayda Awards 2022 

Kamis, 30 Juni 2022 - 22:04 | 85.91k
Ilustrasi: Salah satu karya desainer dan arsitektur tanah air untuk tata kelola ruang publik Jakarta. (FOTO: Dokumen/Shutterstock)
Ilustrasi: Salah satu karya desainer dan arsitektur tanah air untuk tata kelola ruang publik Jakarta. (FOTO: Dokumen/Shutterstock)

TIMESINDONESIA, JAKARTANippon Paint kembali menggelar Ayda International Awards sebagai rangkaian dari pelaksanaan program Ayda Awards 2021/2022 pada Juni - Juli 2022. Angelica Ayu Laras Kinanti dan Daniel Jansen Harianto yang sebelumnya memenangkan Gold Winners Ayda Indonesia 2021-2022, akan mewakili Indonesia dalam ajang internasional ini.

Keduanya, Angelica Ayu Laras Kinanti merupakan Institut Teknologi Bandung untuk kategori desain interior dengan karya traditional medicine centre (RAMU), dan Daniel Jansen Harianto dari UNIKA Soegijapranata untuk kategori arsitektur dengan karya smoked county relish akan berkompetisi dengan 16 negara lainnya.

Salah-satu-karya-desainer-dan-arsitektur-tanah-air-2.jpg

Sementara itu, Jon Tan selaku CEO (Decorative Paints) Nippon Paint Indonesia mengatakan bahwa, paradigma desain telah bergeser dari sekadar desain ruangan menjadi perencanaan solusi untuk berbagai latar belakang masyarakat. Kata dia, saat ini kreasi desainer harus berjalan seiring dengan kebutuhan masyarakat, untuk memastikan perkembangan kota yang lebih kohesif dan berkelanjutan. 

“Saya yakin, Daniel dan Kinanti mampu menjadi representatif desainer muda di Indonesia yang turut mempelopori perubahan dalam industri desain untuk menghasilkan kreasi inovatif yang memberikan manfaat bagi komunitas dan lingkungan kita," kata Jon Tan kepada TIMES Indonesia di Jakarta, Kamis (30/6/2022).

Lebih lanjut, berada di bawah inisiatif program CSR #ColouringLives Nippon Paint, Ayda Awards 2021/2022 dengan tema Forward: Amplifying Empathy through Design, Nippon Paint mengajak para desainer muda menciptakan solusi desain untuk kebutuhan penghuni dan juga menjaga keseimbangan alam.

Salah-satu-karya-desainer-dan-arsitektur-tanah-air-3.jpg

Sebelumnya, pada Awards 2021-2022 melibatkan peserta di beberapa lokasi geografis seperti Bangladesh, China, Hong Kong, India, Indonesia, Iran, Jepang, Malaysia, Pakistan, Filipina, Singapura, Sri Lanka, Taiwan, Thailand, Turki dan Vietnam. Gold winners dari setiap negara akan bertanding kembali memperebutkan gelar Ayda Of The Year yang akan diumumkan pada 7 Juli 2022 dalam acara penghargaan eksklusif di Penang, Malaysia.

“Lansekap desain di masa depan akan menuntut kebutuhan yang lebih besar daripada apa yang kita lihat hari ini. Desainer akan dihadapkan dengan tantangan yang melibatkan pengguna pada isu-isu seperti perubahan iklim dan keseimbangan alam. Melalui Ayda Awards 2021/2022, saya berharap dapat melihat desain yang berjalan seiring dengan ruang koneksi emosional penggunanya," jelas Group Chief Executive Officer, Wee Siew Kim.

"Kami berharap yang terbaik untuk semua peserta dan berterima kasih kepada semua orang yang telah memberi dukungan untuk Ayda Awards selama ini,” sambungnya.

 Sebagai informasi, sejak 2008, Ayda Awards telah menyediakan platform kreatif untuk arsitek dan desainer muda yang melibatkan 16 negara, 1200 institusi pendidikan dan menerima lebih dari 47.000 karya yang memperkuat reputasi Ayda Awards sebagai penghargaan yang sangat diakui di kalangan komunitas desain internasional.

Pada Ayda Awards 2021-2022 ini menerima 6184 karya dan memberikan penghargaan kepada 27 gold winners dari berbagai negara partisipan. Beberapa nama praktisi arsitek dan desainer International seperti Paul Noritaka Tange, Ezumi Harzani Ismail, Lea Aviliani Aziz, dan Sami Savatli akan menjadi juri dalam Grand Finals AYDA Awards 2021/2022.

Kemudian, proses penjurian dan upacara penghargaan juga disiarkan secara virtual di YouTube dengan jadwal: 1. 22 Juni 2022 - Presentasi & Penilaian Kategori Arsitektur. 2. 23 Juni 2022 - Presentasi & Penjurian Kategori Desain Interior. 3. 7 Juli 2022 - Pengumuman & Penghargaan AYDA Internasional 2021/2022. 

Selanjutnya, Nippon Paint juga telah menjalin kerjasama dengan Harvard GSD untuk memberikan program beasiswa senilai USD10 ribu di Harvard Graduate School of Design (GSD) di Boston, Massachusetts, United States bagi pemenang utama Platinum Award Ayda International Awards kategori arsitektur dan desain Interior selama 3 minggu.

Selain Platinum Award, akan ada beberapa kategori pemenang lainnya, seperti: 1. Nippon Paint Colour Award - Hadiah USD1000 2. Best Sustainable Design Award - Hadiah USD1000 3. Best Design Impact Award - Hadiah USD1000. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES