Peristiwa Daerah

Hadiri Rakornas KMHDI, Wapres RI Ma'ruf Amin Ajak Generasi Muda Rawat Kemajemukan

Kamis, 30 Juni 2022 - 21:06 | 33.48k
Wakil Presiden (Wapres RI) Ma'ruf Amin saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) XV Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) di Mataram, Kamis (30/6/2022). (FOTO: Anugrah Dany/TIMES Indonesia)
Wakil Presiden (Wapres RI) Ma'ruf Amin saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) XV Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) di Mataram, Kamis (30/6/2022). (FOTO: Anugrah Dany/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MATARAM – Generasi muda diharapkan mampu merawat persatuan dan kesatuan, sehingga bangsa Indonesia dapat hidup dalam kedamaian dan kerukunan. Hal itu ditegaskan Wakil Presiden (Wapres RI) Ma'ruf Amin saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) XV Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) di Mataram, Kamis (30/6/2022).

Menurut Ma'ruf Amin, pesatnya arus informasi dan teknologi yang berkembang membuat budaya, pemikiran, ajaran, dan nilai-nilai asing masuk ke Indonesia dengan mudah.

Agar nasionalisme tidak terkikis oleh hal-hal yang bukan mencerminkan identitas bangsa, generasi muda perlu membangun kewaspadaan agar tidak larut dan lupa jati diri.

"Tentu kemajuan dunia modern boleh dinikmati, hanya saja generasi muda perlu membangun kewaspadaan agar tidak larut dan lupa jati diri. Jangan sampai nasionalisme terkikis oleh hal-hal yang bukan mencerminkan identitas bangsa Indonesia," ucapnya.

Dalam acara yang mengangkat tema “Merawat Indonesia” ini, Wapres RI meminta para pemuda sebagai pewaris dan perawat kebinekaan agar terus memperkuat dasar, memperkokoh fondasi diri sebagai satu bangsa dan satu negara.

“Merawat Indonesia bukan hanya dalam kerangka persatuan dan kesatuan bangsa, melainkan juga merawat kelestarian bumi dan kekayaan alamnya. Sehingga manfaatnya dapat dinikmati pula oleh generasi mendatang," kata Ma'ruf Amin.

Sementara, Ketua Presidium PP KMHDI, I Putu Yoga Saputra menyampaikan bahwa 'Merawat Indonesia' dapat diartikan sebagai semangat seluruh komponen bangsa dalam menjaga nilai-nilai dan dasar falsafah bangsa.

“Kami menyadari keberagaman dan nilai yang dimiliki Indonesia adalah anugerah, seluruh komponen bangsa termasuk KMHDI harus menjaga dan ikut bertanggung jawab untuk merawat dan menjaga hal tersebut,” ujar Putu Yoga.

Ia juga menegaskan melalui Rakornas kali ini, KMHDI hadir untuk bangsa sebagai kekuatan positif dan solusi dalam menjawab tantangan yang dihadapi Indonesia.

“KMHDI terus berkomitmen untuk menciptakan Mahasiswa Hindu yang berkualitas. Karena itu, kader KMHDI diharapkan dapat terus mengambil langkah-langkah strategis yang ditujukan untuk memperbaiki kondisi bangsa dan umat,” ungkapnya.

Selain Wapres RI Ma'ruf Amin, acara Rakornas KMHDI ini juga dihadiri Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Wali Kota Mataram Mohan Roliskana, Ketua Presidium Forum Alumni Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia I Ketut Wiriana, Forkopimda NTB, Bupati dan Walikota se-NTB, serta Ketua PD/PC KMHDI se-Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES