Wisata

Desa Wisata Buwun Sejati Tawarkan Kearifan Lokal Nusa Tenggara Barat

Kamis, 30 Juni 2022 - 00:21 | 123.99k
Panorama hijau memaku Desa Wisata Buwun Sejati, Nusa Tenggara Barat tampak dari atas. (Foto: Kemneparekraf) 
Panorama hijau memaku Desa Wisata Buwun Sejati, Nusa Tenggara Barat tampak dari atas. (Foto: Kemneparekraf) 

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Nusa Tenggara Barat tampaknya tak lelah bersolek dan menawarkan segala keeksotisan alam yang mereka miliki. Termasuk salah satunya Desa Wisata Buwun Sejati. Tempat ini merupakan destinasi wisata baru yang patut dikunjungi.

Buwun Sejati merupakan desa wisata dengan segala keindahan alam serta daya tarik budya yang dimilikinya. Desa ini memiliki ribuan daya tarik yang akan membuat wisatawan jatuh cinta dan bahkan bisa saja memutuskan pindah ke tempat ini.

Terletak di Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Buwun Sejati memiliki puluhan jujugan wisata alami. Sebut saja wisata alam Aik Nyet, Bunut Ngengkang, air terjun Tibu Atas, dan Bendungan Jangkok dan beberapa lainnya.

Desa-Wisata-buwun-sejati-a.jpgPemandian Bunut Ngengkang, Salah satu objek wisata di desa wisata Buwun Sejati, Lombok Barat. (Foto: Twitter/ @Wisata_IDN)

Tempat-tempat tersebut menawarkan wisata air alami. Anda bisa mandi, berenang, atau bahkan mengejar ikan-ikan kecil yang tampak dari atas karena jernihnya air sungai. Bahkan di beberapa tempat juga menawarkan keindahan alam yang bisa dinikmati sambil melakukan river tubing. 

Sementara di lokasi desa wisata itu sendiri, Buwun Sejati menyembunyikan keindahan budaya dan adat istiadat. Mulai dari indahnya lantunan alat musik Baleganjur, sanggar tari, dan bahkan sekolah dalang wayang kulit.

Desa ini juga memiliki berbagai sajian kuliner yang dapat anda nikmati untuk mengganjal perut yang keroncongan. Sate Bulayak contohnya. Sate ini terbuat dari bahan daging ayam, ada pula yang membuatnya dari daging sapi atau jeroan. Cara masaknyapun sama.

Sate-Bulayake34fb30dada2e562.jpgSepiring sate bulayak Nusa Tenggara Barat yang menggoda selera. (Foto: Indonesia Kaya) 

Dengan siraman saus kacang sate ini disajikan dengan bulayak, semacam lontong berukuran kecil yang dibungkus pupus daun kelapa. Lontong ini yang membuat sate tersebut tambah terasa lezat saat disajikan.

"Di saat ekonomi penuh tantangan misalnya krisis pangan dan krisis energi yang mulai kita rasakan, justru desa ini menawarkan suatu solusi bahwa mereka bisa mandiri,” ungkap Sandiaga Uno Menparekraf saat mengunjungi Desa Wisata Buwun Sejati sabtu kemarin (25/6/2022). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES