Peristiwa Internasional

Suhu Memanas, Jepang dan Cina Alami Heat Stroke

Rabu, 29 Juni 2022 - 19:42 | 76.79k
Ilustrasi: Perkampungan Jepang saat musim panas. (FOTO: Freepik)
Ilustrasi: Perkampungan Jepang saat musim panas. (FOTO: Freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Musim hujan telah berakhir di beberapa belahan bumi termasuk Indonesia. Beberapa wilayah negara ini akan mengalami jatuhnya suhu. Namun tidak dengan Jepang dan Cina. Negara ini harus berjuang dengan serangan panas sinar matahari yang melewati negara mereka.

Di Cina, suhu naik secara ekstrim hingga mencapai 42o C. Hal ini terbilang ekstrim karena sebelumnya suhu di Cina hanya mencapai paling tinggi 39o C. Suhu ini juga dinyatakan sebagai suhu tertinggi yang pernah di catat sejak 1957.

Dilansir South China Morning Post banyak penduduk yang mengunjungi arena waterpark untuk mendinginkan suhu badan mereka. Pemakain listrik guna menyalakan AC pun meningkat. Seperti yang tercatat di daerah Tianjin (25/6/2022).

Dalam sehari penduduk Tianjin mampu menghabiskan 15.7 juta kwh listrik yang menjadi rekor tertinggi pemakaian listrik sehari dalam setahun ini. Pemerintah Cina menyarankan warga untuk tetap berada di dalam rumah untuk menghindari terkena sengatan panas matahari.

Sementara itu di Jepang, sinar matahari membuat suhu di wilayah yang terkenal selalu terselimuti oleh salju ini naik mencapai 35o C. Bagi penduduk Jepang yang terbiasa dengan udara dingin suhu tersebut cukup mengkhawatirkan karena mereka belum terbiasa dengan sengatan panas.

Bahkan seorang petugas pembersih kaca gedung harus dilarikan ke rumah sakit saat gondola yang menghantarkannya naik turun wilayah luar gedung bertingkat yang dibersihkannya macet selama puluhan menit. Pekerja tersebut disinyalir terkena hempasan heat stroke saat berada dia atas.

Sama halnya di Cina, naiknya suhu lingkungan di Jepang juga mengakbatkan naiknya konsumsi listrik oleh warga lokal. Bahkan perusahaan penyedia pasokan listrik Tokyo menghimbau warga agar berhemat daya demi ketersediaan listrik. (*)

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES