Peristiwa Daerah

Wabup Bantul Joko Purnomo: Program Padat Karya Tahun 2022 Sasar 215 Titik

Rabu, 29 Juni 2022 - 08:31 | 26.62k
Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo (baju batik) saat pencanangan Program Padat Karya Tahun 2022 beberapa waktu lalu. (FOTO: Diskominfo Bantul for TIMES Indonesia)
Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo (baju batik) saat pencanangan Program Padat Karya Tahun 2022 beberapa waktu lalu. (FOTO: Diskominfo Bantul for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANTUL – Wakil Bupati atau Wabup Bantul, Joko Purnomo mengaku senang Program Padat Karya Tahun 2022 dapat kembali terlaksana. Sebab, program yang dinanti masyarakat ini dapat dilaksanakan di tengah situasi pemulihan ekonomi pandemi Covid-19 yang sudah mulai terkendali.

“Program Padat Karya Tahun 2022 akan dikerjakan di 75 Kalurahan se-Kabupaten Bantul. Totalnya ada sebanyak 215 titik,” kata Joko Purnomo kepada TIMES Indonesia, Rabu (29/6/2022).

Mengenai sumber pendanaan? Joko menerangkan, sumber pembiayaan Program Padat Karya Tahun 2022 ada dua yaitu APBD Kabupaten Bantul dan APBD Pemda DIY. Untuk APBD Kabupaten Bantul akan mengerjakan sebanyak 99 titik dan APBD Pemda DIY sebanyak 116 titik.

“Program Padat Karya ini sangat dinanti masyarakat. Karena menyerap tenaga kerja lokal dan perbaikan infrastruktur yang ada di tengah masyarakat,” tandas mantan Ketua DPRD Bantul ini.

Wabup-Bantul-2.jpg

Menurutnya, Program Padat Karya ini memiliki manfaat yang sangat banyak. Diantaranya, kualitas bangunan tentu lebih bagus. Sebab, titik proyek diusulkan oleh masyarakat dan dikerjakan oleh masyarakat.

“Program Padat Karya mampu menyerap 6.000 tenaga kerja. Tentu ini sesuai dengan visi pemerintah Kabupaten Bantul yaitu membangun Bantul yang harmonis sejahtera dan berkeadilan, harapannya melalui kegiatan ini, masyarakat menjadi kompak, guyub rukun, dan bisa bersinergi,” jelas Joko.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Pemkab Bantul, Istirul, mengatakan jenis pekerjaan pada Program Padat Karya Tahun 2022 yaitu pembangunan cor blok, gorong-gorong, drainase terbuka, talud, drainase tertutup, dan saluran irigasi tersier.

“Anggaran Program Padat Karya Tahun 2022 sebesar Rp 30 miliar. Kami perkirakan akan selesai pada Juli mendatang,” tandas Istirul. 

Wabup Bantul, Joko Purnomo kembali mengapresiasi Program Padat Karya Tahun 2022. Ia berharap, program ini dapat kembali dilaksanakan pada tahun mendatang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Amar Riyadi
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES