Peristiwa Daerah

BPBD Ponorogo Evakuasi Bangkai Sapi di Danau Nglebak Sooko

Selasa, 28 Juni 2022 - 16:21 | 36.05k
Tim BPBD Ponorogo berhasil evakuasi bangkai sapi di danau Nglebak Sooko. (Foto:BPBD)
Tim BPBD Ponorogo berhasil evakuasi bangkai sapi di danau Nglebak Sooko. (Foto:BPBD)

TIMESINDONESIA, PONOROGO – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Ponorogo (BPBD Ponorogo) berhasil mengevakuasi bangkai 2 ekor sapi di danau Nglebak Kecamatan Sooko Ponorogo.  Evakuasi yang dilakukan tim BPBD tersebut dengan cara ditenggelamkan.

"Langkah ini diambil agar bau bangkai tidak mengganggu lingkungan dan bangkai bisa cepat terurai secara alami," kata Yudik Asmoro, Kabid Kedaruratan BPBD Ponorogo Selasa (28/6/2022).

Menurutnya proses evakuasi dua bangkai sapi tersebut memakan waktu cukup lama karena kondisi bangkai sudah rapuh dan keterbatasan alat. "Kami menerjunkan 6 petugas yang dibantu setempat berhasil menenggelamkan ke dasar danau," ulas Yudik Asmoro.

Ia pun menjelaskan, 2 bangkai sapi tersebut diperkirakan sudah beberapa hari di air sehingga mudah bercerai berai jika diangkat ke daratan.

"Sehingga bangkai sapi yang berukuran cukup besar itu ditenggelamkan. Dan satunya lagi   ukurannya lebih kecil yang sudah terbungkus karung goni oleh tim dibawa ke tengah telaga agar jauh dari lingkungan permukiman," jelas Yudik Asmoro.

Pihaknya berharap  kasus buang bangkai sapi tidak terulang. Selain itu keterbatasan alat juga semestinya mendapat perhatian khusus agar tim BPBD bisa lebih optimal dalam mengatasi kondisi kedaruratan.

Danai Nglebak yang berada di Desa Ngadirojo Kecamatan Sooko Ponorogo tersebut tercipta akibat  luapan dari impounbding waduk Bendo dan rencananya akan dibangun kawasan wisata oleh Pemerintah Kabupaten Ponorogo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES