Peristiwa Daerah

Peternak Kelurahan Bontang Lestari Jadikan Maggot Bahan Alternarif Pakan Ikan

Selasa, 28 Juni 2022 - 15:58 | 38.43k
Kolaborasi Kelurahan Bontang lestari dan Badak LNG dalam memberikan solusi pakan alternatif berupa Maggot (Foto: Andryana For TIMES Indonesia)
Kolaborasi Kelurahan Bontang lestari dan Badak LNG dalam memberikan solusi pakan alternatif berupa Maggot (Foto: Andryana For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONTANGMaggot sebagai pakan ikan, kini digunakan oleh peternak ikan air tawar di kelurahan Bontang Lestari, kecamatan Bontang Selatan Kota Bontang.

Keseriusan kelurahan Bontang lestari itu ditandai dengan peluncuran inovasi aplikasi Maggot sebagai pakan ternak ikan Akas Tenan di tambak ikan tawar Pagung RT 05 Kelurahan Bontang lestari, Kecamatan Bontang Selatan pada (23/06/2022) lalu.

Kepada TIMES Indonesia, Lurah Bontang Lestari, Andryana menyampaikan alasan pihaknya menggunakan pakan dari Maggot.

Menurutnya, dengan dibantu program CSR Badak LNG ,Andryana menyaksikan sendiri pakan yang memiliki protein tinggi ini sangat cocok buat warganya yang separuhnya berprofesi petani dan nelayan.

Bontang-lestari-b.jpg

"Karena cara membuatnya mudah dengan biaya lebih hemat. Kandungan protein maggot yang tinggi juga merupakan hal yang sangat baik untuk dijadikan pakan ternak ikan air tawar atau hewan lainnya," ujarnya, Selasa 28/06/2022.

Tidak hanya menggunakannya sebagai pakan ternak, pihaknya sedang mendorong untuk lakukan budi daya maggot. 

Hal ini untuk memudahkan peternak ikan dan peternak lainnya memperoleh pakannya. Sehingga diharapkan pembinaan berkala diperlukan guna membina masyarakat yang ada di wilayah itu.

"Fase metamorfosa maggot BSF dimulai dari telur, larva, pre pupa, pupa, dan lalat dewasa, semuanya memakan waktu 40 sampai 45 hari saja," jelas Andryana.

Ia berharap inovasi ini dapat terus berlanjut. Tidak hanya maggot sebagai salah satu program, bantuan dan dukungan semua pihak guna memaksimalkan potensi ekonomi masyarakat ditunggu.

"Dan diharapkan dapat membantu dan menjadi solusi untuk masyarakat yang memiliki usaha ternak ikan air tawar atau hewan lainnya agar lebih ekonomis," jelasnya.

Diketahui, maggot adalah larva dari jenis lalat Black Soldier Fly (BSF). Larva berjenis lalat besar berwarna hitam yang terlihat seperti tawon. Maggot BSF adalah bentuk dari siklus pertama (larva) Black Soldier Fly yang melalui proses metamorfosis menjadi lalat dewasa.

Tidak seperti lalat yang biasa ditemui, jenis bernama latin Hermetia Illucens ini memiliki banyak keuntungan dan manfaat bagi manusia.

Pembuatan yang mudah dilakukan oleh siapa saja dengan biaya produksi yang murah dan terjangkau karena media utamanya adalah sampah organik.

Manfaat lain dari maggot, adalah pengolahan sampah organik yang biasanya banyak diproduksi oleh rumah tangga. Dengan diolah menjadi maggot, sampah akan menghilang dan di saat yang sama akan menjadi terurai.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES