Peristiwa Daerah

Pemkab Lamongan Distribusikan 1500 Dosis Vaksin PMK dan 70 Vaksinator

Selasa, 28 Juni 2022 - 13:42 | 37.40k
Wakil Bupati Lamongan Abdul Rouf memberangkatkan 1500 dosis vaksin PMK perdana dan 70 personel di halaman Disnakeswan Lamongan, Selasa (28/6/2022). (foto: Moch. Nuril Huda/TIMES Indonesia)
Wakil Bupati Lamongan Abdul Rouf memberangkatkan 1500 dosis vaksin PMK perdana dan 70 personel di halaman Disnakeswan Lamongan, Selasa (28/6/2022). (foto: Moch. Nuril Huda/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGANPemkab Lamongan mendistribusikan 1500 dosis vaksin PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) untuk diberikan ke sapi betina dan anak sapi di wilayah Kecamatan Bluluk. 

Vaksin tersebut diberikan sebagai upaya untuk memblokir daerah merah wabah PMK agar tidak menyebar ke daerah hijau di Kota Soto. Untuk itu, Pemkab Lamongan harus mengerahkan 70 personel Tim Vaksinasi PMK (Vaksinator). 

"Hari kita memberangkatkan petugas vaksinasi PMK. Vaksin yang akan diberikan hari ini sebanyak 1500 dosis. Prioritas vaksinasi pada sapi betina dan anak sapi yang sehat," kata Wakil Bupati Lamongan Abdul Rouf di halaman Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Lamongan, Selasa (28/6/2022). 

Rouf menjelaskan, vaksinasi PMK perdana diberikan ke hewan ternak di wilayah dengan populasi sapi terbanyak. Menurutnya, supaya bisa memutus mata rantai penyebaran wabah PMK. 

"Untuk vaksinasi perdana dilakukan di wilayah Kecamatan Bluluk, Ngimbang, Kedungpring dan Sugio karena populasinya banyak. Yang sehat kita dahulukan. Supaya tidak terular dan makin parah," ucapnya. 

Sementara itu, Medik Veteriner Madya Disnakeswan Lamongan drh. Rahendra Prasetya mengungkapkan daerah merah di Lamongan sebanyak 141 dari 474 desa/kelurahan. 

Petugas-Vaksin-PMK.jpg

Untuk memblokir wabah PMK di deaeah merah agar tidak menyebar ke daerah hijua, drh Hendra mengatakan, pihaknya melakukan vaksinasi PMK perdana ini khusus sapi betina dan anak sapi. 

"Karena yang divaksin itu hewan. Maka filosofinya api yang berumur panjang dan sehat. Artinya betina dan pedet (anak sapi) yang dalam keadaan sehat. Paling tidak satu kandang itu tidak sakit," tutur drh Hendra. 

Vaskin PMK itu dikemas dalam botol yang berisi cairan sebanyak 200 ml. Satu botol vaksin tersebut, kata Hendra, untuk mencukupi 100 ekor sapi.

"Jadi sekali buka botol tersebut untuk mencukupi 100 ekor sapi tidak boleh kurang atau lebih. Oleh karena itu, pihaknya telah mempersiapkan lebih dini terkait pendataan by name by address peternak," katanya. 

Hendra menambahkan, vaksinasi PMK tahapannya seperti vaksinasi Covid-19. "Ya, vaksinasi nanti sampai 3 kali. Sekarang, 1 bulan dan 6 bulan setelahnya. Iya kayak vaksin Covid-19 ada boosternya di tahap ketiga," ucapnya. 

Untuk diketahui bahwa, populasi sapi di Kabupaten Lamongan sebanyak 117 ribu. Sedangkan populasi sapi yang terkena wabah PMK mencapai 3.031. 

Hendra menyebutkan, kalau 60 persen dari populasi itu sapi betina maka 40 persen itu jantan. Jadi, menurutnya, 25 persen dari sapi jantan itu bisa mencukupi kebutuhan hewan kurban di Lamongan. 

"Kalau 40 persen dari 117 ribu itu 46 ribu. Maka 25 persennya mencapai 11 ribu lebih. Artinya, hewan ternak untuk kurban di Hari Raya Idul Adha sudah cukup di Lamongan. Karena tahun kemarin itu hanya 4.800 ekor sapi," tuturnya. 

Penyakit yang menyasar sapi dan kambing ini dampaknya memang luar biasa. Selain dilakukan vaksinasi PMK, pihaknya juga tidak tinggal karena setiap peternak di Lamongan ada yang memiliki 10-20 kandang. "Makanya kita juga membantu pemasaran ternak mereka. Karena saat ini yang utama penjualan sapi harus dikandang masing-masing peternak," tutur drh Hendra. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES