Peristiwa Daerah

Kabar Baik, Vaksinasi PMK untuk Ternak di Jombang Sudah Mulai Laksanakan

Senin, 27 Juni 2022 - 21:10 | 35.35k
Petugas vaksinator saat menyuntik vaksin ke hewan ternak di Jombang. (FOTO : Rohmadi/TIMES Indonesia)
Petugas vaksinator saat menyuntik vaksin ke hewan ternak di Jombang. (FOTO : Rohmadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Kabar baik menghapiri para peternak di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Pasalnya Vaksin pada Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada ternak sudah dilakukan. vaksinasi pada hewan tersebut akan diberikan secara bertahap.

Kepala Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Jombang, Agus Susilo, menuturkan vaksin untuk sapi sudah berjalan.

Namun, untuk saat ini, tidak semua sapi di suntik vaksin dalam satu hari. Proses penyuntikan vaksin sendiri dilakukan selama kurun waktu 10 hari kedepan.

Kondisi-ternak-sapi-usai-disuntik-vaksin-PMK.jpgKondisi ternak sapi usai disuntik vaksin PMK. (FOTO : Rohmadi/TIMES Indonesia)

Vaksinasi PMK untuk sapi ini sudah berjalan sejak Minggu, (26/6/2022) kemarin. Kecamatan Wonosalam jadi tempat pertama dilakukannya vaksinasi pada sapi. Meskipun begitu, total pemberian vaksin PMK masih tergolong minim

"Hanya 12 persen atau sebanyak 8.500 dosis vaksin saja. Sedangkan, populasi sapi di Jombang, disebutnya berkisar 70 ribu lebih. Sapi yang divaksin untuk sekarang prioritas nya sapi perah," katanya, Senin (27/6/2022).

Untuk vaksin yang digunakan, jenisnya adalah Aftopor. Penyuntikan vaksin pada sapi ini diberikan tiga kali. Efek yang akan terjadi pada sapi jika diberikan, nantinya nafsu makan sapi akan berkurang.

"Setelah disuntik vaksin, nafsu sapi berkurang. Tapi peternak tidak usah khawatir karena besoknya nafsu sapi sudah kembali lagi," ujarnya.

Sekedar informasi, setelah pemberian dosis pertama vaksinasi PMK tahap 1, dalam jangka satu bulan akan dilakukan vaksin dosis kedua.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES