Peristiwa Daerah

Hampir 200 Sapi di Kota Kediri Sudah Divaksinasi PMK

Senin, 27 Juni 2022 - 21:01 | 47.47k
Pelaksanaan vaksinasi PMK pada sapi di Kota Kediri (Foto: Yobby/TIMES Indonesia)
Pelaksanaan vaksinasi PMK pada sapi di Kota Kediri (Foto: Yobby/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, KEDIRI – Jelang Idul Adha, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kota Kediri menggencarkan pelaksanaan vaksinasi PMK. Sejak vaksin tiba pada Jumat lalu, DKPP Kota Kediri telah menyuntikkan sekitar 200 dosis vaksin. 

Penyuntikan pertama dilakukan pada Sabtu (25/06/2022) lalu sebanyak 100 dosis untuk sapi perah, dan berlanjut hari ini, Senin (27/06/2022) juga sebanyak 100 dosis untuk sapi potong. 

Kepala UPT Puskeswan DKPP Kota Kediri drh Moch Yunus mengungkapkan ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi bagi sapi yang akan divaksinasi.

Fokus vaksinasi sendiri tetap pada sapi perah, karena sapi perah menjadi jenis sapi yang mengalami gejala terparah saat terkena PMK. 

"Pertama hewannya, sapinya sehat. Yang kedua, dia belum pernah terkena PMK. Minimal umur dua minggu. Kalau sapi bunting masih boleh, aman untuk sapi bunting. Sementara untuk tahapan vaksinasi, ini adalah vaksin pertama, kemudian diulang lagi empat minggu, kemudian diulang lagi 6 bulan. Jadi ada 3 tahapan, " tutur drh Moch Yunus. 

Di Kota Kediri sendiri sampai hari Minggu (27/06/2022) terdapat 191 kasus PMK, di mana 104 adalah kasus aktif, sementara sisanya 87 telah sembuh. Semua kasus terjadi pada sapi. "Untuk kasus kematian nihil atau kosong," tambah drh Moch Yunus.(*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES