News Commerce

Kandidat.id Hadir Mempermudah Cari Pekerjaan dan Rekrut Karyawan

Senin, 27 Juni 2022 - 13:20 | 51.24k
Kandidat.id Hadir Mempermudah Cari Pekerjaan dan Rekrut Karyawan
Editor: Deasy Mayasari

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Saat ini tersedia banyak situs penyedia lowongan kerja untuk dapat mempertemukan orang  yang cari pekerjaan dan pihak pencari karyawan. Kemajuan teknologi menjadikan proses rekrutmen menjadi semakin mudah.

Salah satu portal penyedia informasi lowongan kerja adalah www.kandidat.id. Sebelum mengenal lebih jauh tentang job portal ini, ada baiknya Anda mengetahui beberapa cara perusahaan menemukan calon karyawan terbaik.

Strategi Perusahaan Menemukan Kandidat Terbaik

Menemukan calon tenaga kerja terbaik bukanlah perkara mudah bagi sebuah perusahan. Divisi HRD harus melakukan serangkaian kegiatan untuk menemukan kandidat potensial.

Lantas, bagaimana cara perusahaan dapat menemukan kandidat potensial?

1. Memasang Iklan Lowongan Kerja Terbaru di Website Perusahaan

Website perusahaan merupakan salah satu cara efektif untuk memasang iklan lowongan pekerjaan. Para pencari kerja akan lebih percaya apabila mendapatkan informasi langsung dari situs resmi.

Maraknya kasus penipuan yang mengatasnamakan lowongan pekerjaan membuat para pencari kerja semakin berhati-hati. Anda harus membangun reputasi yang baik melalui website agar pelamar tidak ragu.

Memasang lowongan kerja di website juga menjadi salah satu cara menjaring calon karyawan secara gratis. Perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya pemasangan iklan.

2. Posting Iklan Lowongan Kerja Gratis di Akun Media Sosial

Anda dapat menggunakan akun media sosial resmi perusahaan untuk menyebarkan informasi lowongan kerja yang ada. Sama dengan penggunaan website, maka medsos juga merupakan tempat yang efektif dan gratis untuk beriklan.

Ajak para karyawan di perusahaan untuk ikut membagikan informasi lowongan tersebut. Harapannya adalah iklan akan menjangkau semakin banyak orang dan dapat menemukan pelamar yang potensial.

3. Memasang Iklan Lowongan Pekerjaan di Koran

Meskipun kini koran sudah mulai banyak ditinggalkan, namun masih ada perusahaan yang memanfaatkannya untuk memasang lowongan kerja. Dibandingkan dengan media online, media cetak lebih sempit jangkauannya.

4. Mengadakan Program Employee Referral

Program employee referral merupakan salah satu cara efektif untuk mendapatkan tenaga kerja berkualitas. Perusahaan memanfaatkan referensi dari karyawan yang ada untuk menjaring KANDIDAT 

Pihak HRD akan meminta para karyawan di perusahaan untuk memberikan rekomendasi orang yang sesuai dengan kriteria pencarian. Cara ini tentu saja lebih menghemat biaya.

5. Memanfaatkan Job portal

Kemajuan teknologi membawa perubahan dalam proses rekrutmen. Saat ini sangat mudah untuk menemukan situs penyedia lapangan pekerjaan. Anda dapat pasang iklan lowongan kerja terbaru di job portal untuk mendapatkan kandidat potensial.

Beriklan di job portal ada yang berbayar maupun gratis, Anda dapat menyesuaikan dengan situasi dan kondisi perusahaan. Job portal menawarkan banyak kemudahan baik bagi pencari maupun pemberi kerja.

Mengenal Employee Referral Program

Kandidat-2.jpgPhoto by Pressmaster on Envanto

Bagi para pencari kerja, mungkin masih ada yang merasa asing dengan istilah ini. Employee referral program merupakan salah satu cara rekrutmen karyawan yang sifatnya tertutup.

Pencari kerja harus memiliki relasi dengan karyawan dalam sebuah perusahaan. Tanpa rekomendasi dari pekerja yang ada, pencari kerja tidak memiliki akses untuk memasukkan lamaran pekerjaan.

1. Kelebihan Employee Referral Program

Meski sifatnya tertutup, program ini senyatanya memberikan banyak keuntungan baik bagi perusahaan maupun pemberi kerja. Beberapa hal berikut menjadi keunggulan sistem rekrutmen secara tertutup ini.

2. Hemat Biaya

Rekrutmen dengan sistem referral tentu saja sangat hemat biaya. Perusahaan cukup membagikan informasi kebutuhan tenaga kerja baru kepada seluruh karyawan.

Para karyawan dapat merekomendasikan orang-orang yang sesuai dengan kualifikasi. Dengan demikian perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk memasang iklan.

3. Proses Cepat

Dibandingkan dengan pasang iklan lowongan kerja gratis, cara ini terbilang relatif lebih cepat untuk menemukan karyawan baru. Pihak HRD bisa langsung memanggil para kandidat untuk mengikuti proses seleksi.

4. Mendapatkan Kandidat Berkualitas

Karyawan yang memberikan rekomendasi tentu saja sudah mengetahui kemampuan dan juga kapabilitas kandidat. Oleh karena itu, besar kemungkinan bagi perusahaan untuk menemukan calon karyawan yang berkualitas.

5. Mengurangi Tingkat Turnover Tenaga Kerja

Tingkat turnover tenaga kerja yang tinggi menjadi masalah serius bagi perusahaan. Dengan employee referral program, harapannya adalah karyawan betah sehingga tidak sering terjadi keluar masuk tenaga kerja.

6. Memberikan Lingkungan Nyaman Bagi Karyawan Baru

Dari sisi pelamar, mendapatkan pekerjaan berdasarkan referensi dari karyawan lama tentu sangat menguntungkan. Selain tidak perlu repot mencari iklan lowongan kerja terbaru, KANDIDAT sudah memiliki gambaran tentang lingkungan kerja.

Berkenalan dengan Kandidat.id

Selain employee referral program, perusahaan seringkali memanfaatkan job portal untuk mencari karyawan baru yang berkualitas. Salah satu website penyedia lowongan kerja yang terpercaya adalah Kandidat.id.

Situs ini memanfaatkan platform digital untuk mempertemukan para pencari kerja dengan pemberi pekerjaan. Hal ini memberikan kemudahan dan banyak keuntungan bagi kedua belah pihak.

Bagi perusahaan yang sedang mencari karyawan bidang pemasaran, memasang iklan lowongan kerja marketing di Kandidat.id menjadi cara tepat menemukan pelamar potensial.

Keuntungan Menggunakan Kandidat.id Bagi Pemberi Kerja

Kandidat.id menawarkan banyak keuntungan baik bagi perusahaan maupun para pencari kerja. Temukan keunggulan berikut apabila Anda memasang iklan lowongan pekerjaan di job portal yang memiliki kantor pusat di Cikarang, Jawa Barat ini.

1. Gratis

Perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya iklan jika memasang iklan lowongan kerja di situs pencarian kerja ini. Anda dapat melakukan penghematan dan mengalokasikan anggaran untuk kebutuhan lain.

2. Tanpa Batasan

Anda diperkenankan beriklan seberapapun banyaknya sesuai dengan kebutuhan. Kandidat.id tidak memberikan quota maksimal bagi perusahaan untuk pasang iklan lowongan kerja gratis.

3. Sistem Sudah Otomatis

Hal ini memudahkan perusahaan karena tidak perlu melakukan seleksi secara manual terhadap seluruh lamaran kerja yang masuk. Anda dapat menghemat waktu karena sistem otomatis sudah melakukan screening awal.

4. Data Pelamar yang Masuk sudah Terverifikasi

Kandidat.id memberlakukan sistem verifikasi offline untuk menjamin keaslian dan keabsahan data dari para pelamar. Anda tidak perlu khawatir akan mendapatkan calon karyawan yang memalsukan datanya.

5. Psikotest Gratis bagi Pelamar

Tahapan ini sangat menguntungkan perusahaan karena hanya akan menerima lamaran karyawan yang sudah lolos seleksi psikotes dari Kandidat.id. Harapannya pelamar benar-benar sesuai dengan kualifikasi.

6. Akses 24 jam 7 hari

Sebagai pemberi kerja, Anda bebas mengakses situs dan aplikasi portal ini kapanpun dan dimanapun. Kemudahan ini tentu saja sangat menguntungkan karena tidak harus melakukan rekrutmen dari kantor pada saat jam kerja.

7. Database yang Besar

Keuntungan lain menggunakan job portal ini adalah adanya database pencari kerja yang besar. Ini memungkinkan Anda mendapatkan pelamar potensial dalam waktu yang singkat.
 
Keuntungan Bagi Pencari Kerja

Kandidat-3.jpgPhoto by DragonImages on Envanto

Portal lowongan kerja ini tidak hanya memberikan keuntungan bagi perusahaan, namun juga bagi para pelamar. Inilah kelebihan bagi pencari kerja apabila menggunakan Kandidat.id.

1. Memperoleh Pekerjaan Sesuai Impian

Banyaknya perusahaan yang bergabung di Kandidat.id memungkinkan pencari untuk memperoleh pekerjaan sesuai dengan harapan. Beragam posisi dan level jabatan tersedia sehingga Anda memiliki kesempatan memilih.

2. Perusahaan Terverifikasi

Anda tidak perlu khawatir akan menjadi korban penipuan yang mengatas namakan iklan lowongan kerja terbaru. Seluruh perusahaan yang mendaftar di Kandidat.id sudah melalui tahapan verifikasi data sehingga terjamin legalitasnya.

3. Akses Tanpa Batas

Pencari kerja dapat mengakses job portal ini dimanapun dan kapanpun melalui website ataupun aplikasi smartphone. Kemudahan ini memungkinkan Anda mendapatkan informasi lowongan kerja setiap saat.

4. Otomatisasi Sistem

Sistem dari job portal secara otomatis akan mengirimkan pemberitahuan kepada pencari jika ada lowongan yang sesuai. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk selalu memperbaharui curriculum vitae yang ada di website.

5. Keanggotaan Premium

Di sana menerapkan keanggotaan premium dengan kontribusi hanya 79.000 rupiah untuk jangka waktu satu tahun. Dengan biaya yang sangat terjangkau tersebut, Anda dapat mengakses semua informasi lowongan kerja yang ada di portal.

6. Fitur QR Code

Pelamar tidak perlu khawatir pihak recruiter salah mengidentifikasi data meskipun banyak lamaran yang masuk. Websitenya memiliki fitur QR Code yang berfungsi untuk mencocokkan data pada saat tahap wawancara.

Bagaimana Cara Mendaftar Keanggotaan di Kandidat.id?

Untuk dapat mengakses semua layanan yang Kandidat.id sediakan, maka baik perusahaan maupun pencari kerja harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Proses registrasi ini cepat dan mudah.

Tahapan Pendaftaran Bagi Pemberi Kerja

•    Lakukan pendaftaran di www.kandidat.id
•    Unggah NPWP bagi pemberi kerja perusahaan atau KTP untuk perseorangan
•    Tunggu konfirmasi verifikasi
•    Anda siap untuk pasang iklan lowongan di website
•    Lakukan seleksi dan interview terhadap lamaran yang masuk

Cara Mendaftar Bagi Para Pencari Kerja

•    Download aplikasi KANDIDAT di Play Store atau App Store. Bisa juga dengan mengunjungi website www.kandidat.id.
•    Registrasi untuk mendapatkan akun.
•    Aktivasi akun dengan melakukan pembayaran menggunakan beberapa metode yang tersedia.
•    Lengkapi data diri dan profil yang sesuai secara akurat.
•    Anda sudah bisa menggunakan akun di portal Kandidat.id.
•    Lakukan verifikasi data di kantor cabang yang terdekat dengan tempat tinggal.

Syarat dan ketentuan

•    Dengan mendaftarkan diri di portal Kandidat.id, baik sebagai pencari ataupun penyedia lowongan kerja wajib, tunduk terhadap syarat dan ketentuan yang ada. Anda harus mematuhi ketentuan-ketentuan antara lain sebagai berikut.
•    Anda berhak untuk mengakses portal Kandidat.id selama 24 jam baik melalui website ataupun aplikasi pada smartphone.
•    Dengan mendaftarkan diri, maka secara otomatis menganggap Anda sudah membaca dan menyetujui keseluruhan syarat dan ketentuan yang ada.
•    Anda tidak boleh melakukan pemindahan program yang sudah melekat pada suatu akun.
•    Pihak Kandidat.id berhak untuk melakukan pemblokiran bahkan penutupan akun baik sementara maupun permanen tanpa pemberitahuan. Hal ini terjadi jika ada indikasi Anda melakukan hal-hal yang melanggar hukum dan ketentuan situs.
•    Anda wajib bertanggung jawab terhadap keseluruhan data atau konten yang diunggah ke situs.
•    Dengan mengunggah data ke Kandidat.id maka Anda memberikan wewenang untuk menyimpan data yang ada di situs.
•    Berhak juga untuk melakukan perubahan terhadap syarat dan ketentuan baik sebagian ataupun keseluruhan tanpa pemberitahuan.
•    Tidak melayani permintaan pengembalian dana yang sudah masuk dalam bentuk apapun.

Kesimpulan

Terdapat beberapa strategi dalam mencari kerja ataupun rekrut karyawan. Hal ini kurang lebih sama dengan mempertemukan antara supply dan demand. Artinya, tanpa positioning yang tepat, keduanya tidak dapat bertemu.

Untungnya, saat ini ada internet yang memudahkan bertemunya pencari kerja dengan rekruter, yaitu melalui suatu portal lowongan. Portal pencari kerja yang efektif dan efisien karena menggunakan sistem otomatis adalah KANDIDAT.

Kandidat.id hadir untuk menjembatani perusahaan dalam merekrut karyawan dan orang yang cari pekerjaan. Segera kunjungi website www.kandidat.id untuk menjadi member dan menemukan lowongan pekerjaan idaman ataupun karyawan terbaik.

UU tenaga kerja | pasang lowongan kerja gratis | pasang loker gratis | pasang lowongan kerja | iklan lowongan kerja | posting lowongan kerja | lapangan pekerjaan | program magang | pasang iklan lowongan kerja | rekrutmen karyawan

FAQ

1.      Apa itu Kandidat.id ?

Jawab : Selain employee referral program, perusahaan seringkali memanfaatkan job portal untuk mencari karyawan baru yang berkualitas. Salah satu website penyedia lowongan kerja yang terpercaya adalah Kandidat.id.

Situs ini memanfaatkan platform digital untuk mempertemukan para pencari kerja dengan pemberi pekerjaan. Hal ini memberikan kemudahan dan banyak keuntungan bagi kedua belah pihak.

Bagi perusahaan yang sedang mencari karyawan bidang pemasaran, memasang iklan lowongan kerja marketing di Kandidat.id menjadi cara tepat menemukan pelamar potensial.

2.      Apa keuntungan bagi para pencari kerja jika menggunakan fitur dari Kandidat.id ?

Jawab : Portal lowongan kerja ini tidak hanya memberikan keuntungan bagi perusahaan, namun juga bagi para pelamar. Inilah kelebihan bagi pencari kerja apabila menggunakan Kandidat.id.

Dan di antara kelebihannya adalah :
a.       Memperoleh pekerjaan sesuai impian
b.      Perusahaan terverifikasi
c.       Akses tanpa batas
d.      Otomatis sistem
e.       Keanggotaan premium
f.       Fitur QR Code
 
3.      Bagaimana cara mendaftar untuk pencari kerja ?

Jawab : Cara mendaftar bagi para pencari kerja
●        Download aplikasi KANDIDAT di Play Store atau App Store. Bisa juga dengan mengunjungi website 
●        Registrasi untuk mendapatkan akun.
●        Aktivasi akun dengan melakukan pembayaran menggunakan beberapa metode yang tersedia.
●        Lengkapi data diri dan profil yang sesuai secara akurat.
●        Anda sudah bisa menggunakan akun di portal Kandidat.id.
●        Lakukan verifikasi data di kantor cabang yang terdekat dengan tempat tinggal.

Syarat dan ketentuan

Dengan mendaftarkan diri di portal Kandidat.id, baik sebagai pencari ataupun penyedia lowongan kerja wajib, tunduk terhadap syarat dan ketentuan yang ada. Anda harus mematuhi ketentuan-ketentuan antara lain sebagai berikut.

●        Anda berhak untuk mengakses portal Kandidat.id selama 24 jam baik melalui website ataupun aplikasi pada smartphone.
●        Dengan mendaftarkan diri, maka secara otomatis menganggap Anda sudah membaca dan menyetujui keseluruhan syarat dan ketentuan yang ada.
●        Anda tidak boleh melakukan pemindahan program yang sudah melekat pada suatu akun.
●        Pihak Kandidat.id berhak untuk melakukan pemblokiran bahkan penutupan akun baik sementara maupun permanen tanpa pemberitahuan. Hal ini terjadi jika ada indikasi Anda melakukan hal-hal yang melanggar hukum dan ketentuan situs.
●        Anda wajib bertanggung jawab terhadap keseluruhan data atau konten yang diunggah ke situs.
●        Dengan mengunggah data ke Kandidat.id maka Anda memberikan wewenang untuk menyimpan data yang ada di situs.
●        Berhak juga untuk melakukan perubahan terhadap syarat dan ketentuan baik sebagian ataupun keseluruhan tanpa pemberitahuan.
●        Tidak melayani permintaan pengembalian dana yang sudah masuk dalam bentuk apapun. 

PT. META INTERMEDIA TEKNOLOGI
JL. INTI 1 BLOK C 1 NO. 7, LIPPO CIKARANG, BEKASI JAWA BARAT 17550
+6218990 5868 / info@kandidat.id

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Publisher : Rochmat Shobirin

EKORAN

TERBARU

  • Perselisihan Lahan Antar Warga dengan PT GPK, DPRD Bontang Bantu Menyelesaikan
    Perselisihan Lahan Antar Warga dengan PT GPK, DPRD Bontang Bantu Menyelesaikan
    17/08/2022 - 20:48
  • 73 Warga Binaan Rutan Banjarnegara Terima Remisi, 4 Diantaranya Bebas
    73 Warga Binaan Rutan Banjarnegara Terima Remisi, 4 Diantaranya Bebas
    17/08/2022 - 20:42
  • 77 Bendera Merah Putih Dikibarkan di Bundaran Glaser Probolinggo
    77 Bendera Merah Putih Dikibarkan di Bundaran Glaser Probolinggo
    17/08/2022 - 20:36
  • Umbul Dongo Kirab 77 Tumpeng, Cara Warga Kalikuning Pacitan Maknai Kemerdekaan
    Umbul Dongo Kirab 77 Tumpeng, Cara Warga Kalikuning Pacitan Maknai Kemerdekaan
    17/08/2022 - 20:33
  • Membanggakan! Siswi Banyuwangi Jadi Pembawa Baki Upacara Penurunan Bendera di Istana
    Membanggakan! Siswi Banyuwangi Jadi Pembawa Baki Upacara Penurunan Bendera di Istana
    17/08/2022 - 20:30

TIMES TV

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

10/11/2021 - 09:39

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

iGuides

  • Tawarkan Konsep Baru, Saygon Hotel and Cottage Terekomendasi Iguides 5 Star
    20/03/2022 - 18:00
  • Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    28/01/2022 - 10:38
  • Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    07/12/2021 - 20:06
  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05

KOPI TIMES

  • Tujuan Indonesia Merdeka
    Tujuan Indonesia Merdeka
    17/08/2022 - 18:17
  • Lingkaran Togog Membunuh Dursasana
    Lingkaran Togog Membunuh Dursasana
    17/08/2022 - 10:46
  • 17 (pitulasan) ke 77: Pitulungan, Pituduh, Pitutur
    17 (pitulasan) ke 77: Pitulungan, Pituduh, Pitutur
    17/08/2022 - 05:33
  • Bangkit Lebih Kuat dalam Mengisi Kemerdekaan
    Bangkit Lebih Kuat dalam Mengisi Kemerdekaan
    17/08/2022 - 04:02
  • Gus Men & Pelaksanaan Haji Paripurna Pasca Corona
    Gus Men & Pelaksanaan Haji Paripurna Pasca Corona
    16/08/2022 - 07:32
  • Perlukah 'Motif' dalam Kasus Irjen Ferdy Sambo?
    Perlukah 'Motif' dalam Kasus Irjen Ferdy Sambo?
    15/08/2022 - 17:14
  • Retrospeksi 77 tahun Kemerdekaan di Sektor Pendidikan
    Retrospeksi 77 tahun Kemerdekaan di Sektor Pendidikan
    15/08/2022 - 16:11
  • KKN di Perguruan Tinggi: Sebuah Pengabdian atau Sekadar Penggugur Kewajiban?
    KKN di Perguruan Tinggi: Sebuah Pengabdian atau Sekadar Penggugur Kewajiban?
    15/08/2022 - 15:29

KULINER

  • Pepes Ayam Kemangi, Olahan Tak Biasa yang Bikin Kangen 
    Pepes Ayam Kemangi, Olahan Tak Biasa yang Bikin Kangen 
    17/08/2022 - 00:47
  • Ragam Kue Beras, Makanan Khas Korea yang Sering Muncul di Drakor
    Ragam Kue Beras, Makanan Khas Korea yang Sering Muncul di Drakor
    16/08/2022 - 10:07
  • Bola-Bola Nasi Keju, Menu Bekal Enak Pasti Kenyang
    Bola-Bola Nasi Keju, Menu Bekal Enak Pasti Kenyang
    16/08/2022 - 05:00
  • Bola-Bola Nasi Keju, Menu Bekal Enak Pasti Kenyang
    Bola-Bola Nasi Keju, Menu Bekal Enak Pasti Kenyang
    16/08/2022 - 05:00
  • Dijual di Pusat Perbelanjaan, Jajanan Jadul Khas Gresik Naik Kelas
    Dijual di Pusat Perbelanjaan, Jajanan Jadul Khas Gresik Naik Kelas
    15/08/2022 - 19:04