Gaya Hidup

Minum Kopi 2-3 Cangkir Perhari Mengurangi Risiko Cedera Ginjal Akut?

Senin, 27 Juni 2022 - 05:32 | 65.27k
Minum kopi telah dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan. (Foto: MedicalNewsToday/ Stocksy)
Minum kopi telah dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan. (Foto: MedicalNewsToday/ Stocksy)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Para peneliti menemukan bahwa minum kopi 2-3 cangkir per hari paling bermanfaat untuk risiko cedera ginjal akut.

Mereka menemukan bahwa minum kopi dalam jumlah berapa pun mengurangi risiko cedera ginjal akut, tetapi 2-3 cangkir per hari paling bermanfaat.

Dilansir MedicalNewsToday, studi yang juga telah dipublikasikan di Kidney International Reports ini menyebutkan, bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami mengapa hubungan itu bisa ada.

Kopi mengandung banyak senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan, di antaranya kafein, diterpen, dan asam klorogenat.

Studi itu juga menunjukkan bahwa kebiasaan konsumsi kopi erat kaitannya dengan pencegahan kondisi kronis dan degeneratif, termasuk kanker, gangguan kardiovaskular, diabetes, dan penyakit Parkinson.

Kafein, senyawa yang paling umum dipelajari dalam kopi memberikan efek positif pada fungsi ginjal, dan konsumsi kopi setiap hari dikaitkan dengan risiko penyakit ginjal kronis yang lebih rendah.

Meskipun senyawa lain dalam kopi kurang dipelajari, senyawa seperti asam klorogenat dan trigonelin diketahui dapat mengurangi peradangan umum dan stres oksidatif.

Mengetahui lebih banyak tentang bagaimana konsumsi kopi memengaruhi kejadian kondisi terkait ginjal lainnya dapat membantu pembuat kebijakan mengambil langkah-langkah untuk mengurangi risiko orang terkena penyakit ginjal progresif.

Baru-baru ini, para peneliti menyelidiki efek konsumsi kopi pada cedera ginjal akut (AKI), ketika ginjal kehilangan seluruh atau sebagian fungsinya secara tiba-tiba.

AKI merupakan masalah kesehatan masyarakat dengan sekitar 0,25% dari populasi umum mengalami AKI, dan kini meningkat menjadi 18% di antara individu yang dirawat di rumah sakit setiap tahunnya.

Dari analisis mereka, para peneliti menemukan bahwa asupan kopi yang lebih tinggi terkait dengan risiko kejadian cedera ginjal akut atau AKI yang lebih rendah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES