Indonesia Positif

Peringati Hari Laut Sedunia, Sejumlah Komunitas Palu Aksi Bersih-Bersih Pantai

Minggu, 26 Juni 2022 - 21:21 | 41.09k
Komandan Pangkalan TNI AL (DanLanal) Palu Letnan Kolonel Laut Muhammad Catur Soestiyono saat melakukan aksi bersih-bersih di Pesisir Pantai Talise. (Foto : Sarifah Latowa/Times Indonesia)
Komandan Pangkalan TNI AL (DanLanal) Palu Letnan Kolonel Laut Muhammad Catur Soestiyono saat melakukan aksi bersih-bersih di Pesisir Pantai Talise. (Foto : Sarifah Latowa/Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, PALU – Komandan Pangkalan TNI AL (DanLanal) Palu Letnan Kolonel Laut Muhammad Catur Soestiyono bersama Komunitas Eath Hour, Seangle Indonesia, Duta Wisata Sulteng dan Dey ante Yojo Kota Palu turun langsung melakukan aksi bersih-bersih laut di Kampung Nelayan, Minggu (25/6/2022). 

Aksi bersih-bersih di Pesisir Pantai Talise itu dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Laut Sedunia yang diperingati setiap tanggal 8 Juni. 

Sejak pukul 07.00 Wita Danlanal Catur Soestiyono bersama anggota dan sejumlah komunitas yang tergabung dalam aksi bersih-bersih-bersih sudah bersiap memungut sampah-sampah yang bertebaran di pesisir pantai. 

Satu persatu sampah pelastik maupun sampah organik mereka masukan kedalam kantong pelastik lalu dimasukkan ke dalam mobil truk dan dibuang ke tempat pembuangan akhir. 

Gusti Andika Yudhistira inisiator kegiatan tersebut, menyampaikan tujuan kegiatan bersih laut dilakukan untuk memperkenalkan potensi maritim di Wilayah Kota Palu dan sekitarnya. 

Selain itu, aksi bersih-bersih pesisir pantai ini juga bertujuan untuk mengenalkan masyarakat betapa pentingnya menjaga ekosistem laut demi keberlangsungan hidup di masa mendatang. 

"Saya berharap aksi bersih-bersih sampah ini tidak hanya dilakukan saat peringatan Hari Laut Sedunia saja, melainkan bisa dilakukan setiap minggu oleh masyarakat setempat, sehingga Kota Palu bisa meraih piala Adi Pura," harapnya. 

BErsih-Pantai-2.jpg

Yudi nama sapaannya mengatakan, sampah-sampah yang dibersihkan hari ini terdiri dari sampah plastik dan sampah pecahan kaca. 

"Kami mengajak masyarakat dan teman-teman semua agar tidak mengotori laut. Karena sampai saat ini masih banyak sampah rumah tangga yang dibuang ke laut," pintanya. 

Ditempat yang sama, Danlanal Palu Catur Soestiyono mengungkapkan selain untuk membersihkan sampah-sampah yang ada di pantai kegiatan hari ini juga bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dan partisipasi masyarakat dalam menjaga lingkungan pesisir untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan lestari. 

"Kegiatan bersih pantai ini sekaligus sarana edukasi yang efektif untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat untuk melakukan pengendalian pencemaran pesisir dan laut khususnya," ucapnya. 

Melalui kesempatan itu, Danlanal mengajak  masyarakat Kota Palu untuk meningkatkan kebersihan lingkungan serta melindungi biota laut dari kepunahan akibat tercemarnya laut.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES