Peristiwa Internasional

Bayi Mammoth Betina Berumur 30.000 Tahun Ditemukan di Amerika Utara

Minggu, 26 Juni 2022 - 20:00 | 45.07k
Ini adalah mammoth berbulu terbaik yang ditemukan di Amerika Utara, kata para ahli. (FOTO: BBC/Pemerintah Yukon)
Ini adalah mammoth berbulu terbaik yang ditemukan di Amerika Utara, kata para ahli. (FOTO: BBC/Pemerintah Yukon)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Seekor bayi mammoth berbulu yang diperkirakan berumur lebih dari 30.000 tahun ditemukan membeku di permafrost barat laut Kanada, dan ini menjadi penemuan pertama di Amerika Utara.

Dilansir BBC, mammoth zaman es yang dimumikan ini ditemukan oleh seorang penambang emas di wilayah Klondike Yukon pada Selasa (21/6/2022). Daerah penemuan itu milik Bangsa Pertama Tr'ondek Hwech'in.

Pemerintah Yukon kemudian membandingkannya dengan penemuan bayi mammoth Rusia di lapisan es Siberia pada 2007 silam.

Dikatakan penemuan kali ini adalah mammoth mumi paling lengkap yang ditemukan di Amerika Utara dan kedua yang ditemukan di dunia.

Bayi itu, yang diduga betina ini diberi nama Nun cho ga, yang berarti bayi hewan besar dalam bahasa Han yang digunakan oleh penduduk asli Amerika di daerah tersebut.

"Nun cho ga cantik dan salah satu mumi hewan zaman es paling luar biasa yang pernah ditemukan di dunia," kata ahli paleontologi Yukon, Grant Zazula.

mammoth-2.jpg

"Ukurannya hampir sama dengan bayi Siberia yang ditemukan Lyuba pada 2007 itu, yang berusia sekitar 42.000 tahun," kata pemerintah Yukon dalam siaran persnya.

Ini adalah mammoth berbulu terbaik yang ditemukan di Amerika Utara. Sisa-sisa sebagian dari anak sapi mammoth, bernama Effie pernah ditemukan pada tahun 1948 di sebuah tambang emas di negara tetangga Alaska.

Prof Dan Shugar menulis di twitter: "menjadi bagian dari pemulihan Nun cho ga, bayi mammoth berbulu yang ditemukan di lapisan es di Klondike minggu ini (pada Solstice dan Hari Masyarakat Adat!), adalah hal ilmiah paling menarik satu-satunya yang pernah saya ikuti."

CBC News menambahkan bayi mammoth Nun cho ga digali setelah seorang penambang memanggil bosnya untuk memeriksa sesuatu yang terkena buldosernya di lumpur di Eureka Creek, selatan Dawson City, Amerika Utara. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES