Olahraga

Porprov Jatim 2022 Resmi Dibuka, KONI Kota Probolinggo Optimis Raih Prestasi 10 Besar

Minggu, 26 Juni 2022 - 07:51 | 76.47k
Optimisme kontingen Kota Probolinggo terpancar saat opening ceremony Porprov Jatim 2022 di Stadion Jember Sport Garden (foto: Ryan H/TIMES Indonesia)
Optimisme kontingen Kota Probolinggo terpancar saat opening ceremony Porprov Jatim 2022 di Stadion Jember Sport Garden (foto: Ryan H/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, secara resmi membuka gelaran Pekan Olahraga Provinsi atau Porprov Jatim 2022 di Stadion Jember Sport Garden (JSG), Sabtu (25/6/2022) malam. Kompetisi bergengsi ini digelar selama 9 hari ke depan di empat daerah, yaitu Jember, Lumajang, Situbondo dan Bondowoso.

Kota Probolinggo yang menjadi salah satu daerah dari 38 kota/kabupaten dalam ajang bergengsi itu, optimis mampu memperbaiki perolehan prestasi pada ajang kompetisi sebelumnya. Tak tanggung-tanggung, mereka membidik untuk bisa ambil bagian di deretan prestasi 10 besar.

Acara pembukaan atau opening ceremony diawali dengan parade (devile) dari perwakilan para atlet dan official masing-masing kontingen dari 38 kabupaten dan kota di Jawa Timur, yang memasuki Stadion JSG.

Acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dan pembukaan secara simbolis dengan penyalaan obor api Porprov Jatim 2022. Puncak opening ceremony ditutup dengan  penampilan bintang tamu Kotak Band.

Porprov-Jatim-2022-a.jpgKontingen Kota Probolinggo mengikuti parade di pembukaan Porprov Jatim 2022 (foto: Ryan H/TIMES Indonesia)

Gubernur Khofifah Indar Parawansa, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Bupati Jember, Lumajang, Situbondo dan Bondowoso, selaku daerah yang menjadi tuan rumah Porprov Jatim 2022.

Melihat mimik wajah para atlet di hamparan rumput lapang itu, Gubernur mengaku bangga atas ribuan atlet yang telah siap untuk berlaga. "Semuanya saya harapkan melaksanakan proses pertandingan ini dengan penuh sportivitas," kata Gubernur Khofifah.

Terpisah, Ketua KONI Kota Probolinggo, Rahadian Juniardi mengaku cukup optimis dalam menghadapi kompetisi Porprov Jatim ke-7 ini. Optimisme yang digenggang saat ini, tentunya bukan tak memiliki alasan.

Pria yang akrab disapa Dodi itu justru telah mempersiapkan dengan lebih matang, dari proses seleksi atlet hingga program puslatkot yang baru pertama dilakukan oleh pihaknya. Sehingga kesiapan yang lebih matang itu melahirkan optimisme untuk meraih prestasi di 10 besar terbaik.

"Ditambah support dan kehadiran pemerintah dalam pembinaan keolahragaan KONI Kota Probolinggo yang lebih dari cukup membuat langkah kami semakin mantap dan ringan," ujarnya.

Ia menegaskan, bidikan prestasi kali ini bukan lagi kenaikan peringkat biasa, melainkan loncatan peringkat. Sebab, kesiapan atlet saat ini sudah jauh lebih baik daripada ajang sebelumnya.

"Target kami cukup tinggi yaitu masuk 10 besar di peringkat klasemen . Kenapa saya katakan cukup tinggi karena pada Porprov yang lalu kita masih berkutat di papan bawah, peringkat 28 dari 38 peserta Porprov Jawa Timur. Target kita bukan naik 1-5 strip akan tetapi belasan strip," katanya.

Porprov-Jatim-2022-b.jpgSeorang atlet membawa obor Porprov Jatim 2022 (foto: Ryan H/TIMES Indonesia)

Sekadar informasi, sebanyak 54 cabang olahraga (cabor) akan dipertandingkan. Terbagi dalam 737 nomor pertandingan dengan jumlah peserta sebanyak 14.486 orang, terdiri dari 10.151 atlet, 3.512 official cabor, dan 823 official kontingen yang akan memperebutkan 5.183 keping medali, baik  medali emas, perak, maupun medali perunggu.

Sementara KONI Kota Probolinggo menerjunkan 135 atlet, yang terdiri dari 81 atlet putra, dan 54 atlet putri. Mereka akan berlaga di 20 cabor prestasi, dan 1 cabor eksibisi yaitu berkuda dalam Porprov Jatim 2022. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Muhammad Iqbal
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES