Ekonomi

Kabupaten Probolinggo Terima 9 Ribu Dosis Vaksin PMK

Sabtu, 25 Juni 2022 - 21:11 | 39.83k
Petugas menyemprotkan cairan disinfektan ke arah sapi untuk mencegah PMK (FOTO: Diskominfo)
Petugas menyemprotkan cairan disinfektan ke arah sapi untuk mencegah PMK (FOTO: Diskominfo)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGOKabupaten Probolinggo menerima 9 ribu dosis vaksin PMK atau Penyakit Mulut dan Kuku dari Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur.

Rinciannya, 7 ribu dosis atau 70 botol vaksin sapi perah, dan 2 ribu dosis atau 20 botol vaksin sapi potong.

Vaksin PMK itu, diprioritaskan untuk sapi dan kerbau bibit di UPT perbibitan pusat dan daerah, sapi perah milik peternak dan koperasi, serta sapi dan kerbau indukan serta anakan.

Serah-terima-vaksin-PMK.jpgSerah terima vaksin PMK dari Dinas Peternakan Jatim ke Pemkab Probolinggo (FOTO: Diskominfo)

Plt Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Pertanian (Diperta) Kabupaten Probolinggo drh. Faiq El Himmah mengatakan, vaksinasi PMK diperlukan sebagai upaya pengendalian dan penanggulangan PMK yang sudah menyerang 11.314 ekor sapi di Kabupaten Probolinggo hingga Kamis (23/6/2022).

Faiq menjelaskan vaksin PMK diterima dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia kepada Kabupaten Probolinggo melalui Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur.

Vaksin PMK ini dialokasikan kepada 19 provinsi tertular PMK, salah satunya Kabupaten Probolinggo.

Menurut Faiq, kriteria sapi yang bisa divaksin adalah sapi dalam kondisi sehat dan belum pernah terinfeksi PMK, pedet umur minimal 2 minggu serta betina yang sedang bunting kondisi sehat.

“Setelah vaksinasi pertama, kemudian vaksinasi diulang 4 minggu kemudian dan booster 6 bulan kemudian. Dalam satu botol itu berisi 200 ml yang bisa digunakan untuk 100 ekor. Vaksin ini harus disimpan pada suhu 2 hingga 8 derajat Celsius,” terangnya.

Sementara Plt Kepala Diperta Kabupaten Probolinggo Maryoto mengharapkan, ternak sapi perah dan potong yang sehat bisa segera diberi vaksin PMK oleh tenaga medis kesehatan hewan.

“Selain itu, terkendalinya penyebaran penyakit PMK dan timbulnya antibodi pada ternak setelah divaksin, serta Kabupaten Probolinggo khususnya dan Indonesia pada umumnya bebas PMK,” harapnya terkait dengan kedatangan vaksin PMK. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Muhammad Iqbal
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES