Peristiwa Daerah

Makom Alfi Hasan di Cigugur Potensi Jadi Wisata Religi

Sabtu, 25 Juni 2022 - 15:56 | 116.96k
Bupati Kabupaten Pangandaran Jeje Wiradinata menghadiri acara silaturahmi keluarga besar keturunan Alfi Hasan di Burujul Kecamatan Cigugur. (foto: Syamsul Ma'arif/TIMES Indonesia)
Bupati Kabupaten Pangandaran Jeje Wiradinata menghadiri acara silaturahmi keluarga besar keturunan Alfi Hasan di Burujul Kecamatan Cigugur. (foto: Syamsul Ma'arif/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PANGANDARANMakam Alfi Hasan di Blok Burujul, Desa Campaka, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Pangandaran potensi jadi wisata religi.

Alfi Hasan merupakan salahsatu tokoh pemuka dan penyebar Agama Islam yang telah melahirkan ulama dan pemimpin di pemerintahan.

Bahkan sejarah singkat memaparkan bahwa Alfi Hasan merupakan salahsatu keturunan dari Mataram. Hal ini memunculkan ungkapan yang mengatakan ti Mataram ka Burujul nyebar sa Nusantara yang artinya dari Mataram ke Burujul dan menyebar ke Nusantara.

Berdasarkan silsilah, Alfi Hasan memiliki keturunan terdiri dari Mustaham, Ali Diwangsa, Saleh-Jamit, Singawijaya, Munawijaya.

Bupati Kabupaten Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, Kecamatan Cigugur memiliki kearifan lokal yang kuat dengan kultur masyarakat yang religius.

"Untuk mempermudah akses agar pengunjung yang akan ziarah ke makam Alfi Hasan nyaman, perlu dibangun inprastruktur yang baik," kata Jeje, Sabtu (25/6/2022).

Jalan jalur Burujul tersebut merupakan tembusan dari Desa Campaka ke Desa Pagerbumi di Kecamatan Cigugur sepanjang 3 kilometer. Jeje menyatakan, Pemkab Pangandaran akan mengalokasikan anggaran untuk dibangun akses jalan bersumber dari APBD tahun 2023 mendatang.

Sebelumnya Pemkab Pangandaran telah merealisasikan jembatan penghubung Desa Campaka ke Desa Pagerbumi senilai Rp4,5 Miliar.

"Jembatan itu merupakan jalur sungai Cigugur dan sungai Cimandala yang terdapat Leuwi Cipatahunan yang memiliki sejarah kuat sebagai cikalbakal nama Cigugur," jelas Jeje.

Jeje menegaskan, jika akses Blok Burujul tersebut sudah refersentatif, maka makam Alfi Hasan bakal jadi kunjungan wisata religi.

"Saya secara pribadi sangat bahagia karena bisa berkumpul dengan keturunan Alfi Hasan dan ternyata isteri saya merupakan salahsatu keturunan dari Alfi Hasan," pungkas Jeje. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES