Pendidikan

Ponpes Darul Hikam Undang Mahasiswa Washington State University Berbagi Tips Raih Beasiswa LPDP

Sabtu, 25 Juni 2022 - 13:36 | 33.59k
Putriesti Mandasari, peraih beasiswa LPDP luar negeri, Washington State University. (Foto: Tangkapan layar)
Putriesti Mandasari, peraih beasiswa LPDP luar negeri, Washington State University. (Foto: Tangkapan layar)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Hikam kembali menggelar webinar tentang kiat memperoleh beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Berbeda dengan sebelumnya, kali ini pihak penyelenggara menghadirkan narasumber peraih beasiswa kuliah luar negeri dalam webinar pendidikan tersebut.

"Ini kedua kalinya Darul Hikam menggelar webinar tentang scholarship. Kalau kemarin  sudah diselenggarakan untuk konteks menerima beasiswa LPDP di dalam negeri, pagi ini webinarnya yang dalam konteks beasiswa luar negeri,” kata Pengasuh Pondok Pesantren Darul Hikam, Mangli, Jember Nyai Robiatul Adawiyah, S.H.I., M.H dalam webinar yang digelar Jumat (23/6/2022) kemarin.

Putriesti Mandasari, peraih beasiswa LPDP luar negeri, Washington State University yang didapuk sebagai narasumber menjelaskan, syarat-syarat untuk mendaftar beasiswa ini dan menjelaskan persamaan dan perbedaan LPDP dalam dan luar negeri.

“Semua sama-sama baik, di luar negeri maupun dalam negeri. Persiapan bahasa itulah yang membedakan. Banyak mahasiswa yang ragu melanjutkan pendidikan di luar negeri karena terkendala bahasa,” ucap Dosen Universitas Sebelas Maret tersebut.

Putriesti Mandasari juga mengatakan bahwa belajar di luar negeri diharuskan memiliki kedisiplinan yang tinggi, mampu belajar secara mandiri, serta mampu problem solving (menyelesaikan masalah) dengan baik.

Menurutnya, keuntungan belajar di luar negeri juga cukup banyak, misalnya seperti menambah rasa cinta tanah air, dan salah satu hal penting yang wajib dimiliki yaitu punya relasi dengan banyak orang, sehingga peluang karir yang lebih tinggi.

Mahasiswa Ph.D Washington State University tersebut juga memberikan motivasi kepada para peserta untuk semangat dan optimis melanjutkan studi di luar negeri.

“Tetap semangat untuk teman-teman yang ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri dengan beasiswa. Saya yakin Anda semua bisa, saya tunggu kalian di luar negeri,” ungkapnya.

Dia juga menjelaskan strategi untuk meraih beasiswa LPDP yaitu dengan sering latihan, baik latihan soal terkait materi yang diujikan atau latihan proses wawancara, kemudian tracking skor dan evaluasi diri. 

“Interviewer itu biasanya melihat leadership, sikap resiliens, serta kontribusi pada riset yang akan dilakukan. Kunci utama wawancara yaitu kontemplasi atau mampu merenung tentang kekurangan, kelebihan, keinginan, serta cara mengubah kelemahan menjadi kekuatan,” imbuhnya.

Acara webinar Beasiswa LPDP tersebut diikuti oleh ratusan peserta terdiri atas mahasiswa, dosen dan profesi lainnya dari berbagai instansi dan universitas seluruh Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES