Peristiwa Daerah

Peringati Bulan Bung Karno, Seniman di Sidoarjo Melukis Bareng Sang Proklamator

Sabtu, 25 Juni 2022 - 13:18 | 69.05k
Seniman lukis di Sidoarjo saat melukis bersama Presiden RI pertama, Ir Soekarno di gelaran Bertajuk 'Gebyar Jejak Sang Proklamator Bung Karno' kawasan Monumen Jayandaru Alun-Alun Sidoarjo. (Foto: Dok. Taruna Merah Putih Sidoarjo)
Seniman lukis di Sidoarjo saat melukis bersama Presiden RI pertama, Ir Soekarno di gelaran Bertajuk 'Gebyar Jejak Sang Proklamator Bung Karno' kawasan Monumen Jayandaru Alun-Alun Sidoarjo. (Foto: Dok. Taruna Merah Putih Sidoarjo)

TIMESINDONESIA, SIDOARJO – Peringati Bulan Bung Karno, puluhan seniman lukis di Kabupaten Sidoarjo melukis bareng Presiden Pertama RI Soekarno. Bertajuk 'Gebyar Jejak Sang Proklamator Bung Karno' kegiatan tersebut digelar kawasan Monumen Jayandaru yang berada di Alun-Alun Sidoarjo, Sabtu (25/6/2022).

Melukis bersama para seniman lukis Sidoarjo ini diinisiasi oleh para pemuda dari Taruna Merah Putih (TMP) DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sidoarjo. Tak kurang 50 pelukis yang berasal dari komunitas Seniman lukis kota delta melukis bersama sang Proklamator.

Kepada TIMES Indonesia, Samsul Hadi selaku pembina Taruna Merah Putih Sidoarjo mengatakan jika  bulan Juni menjadi momentum untuk kembali menghidupkan nilai nasionalisme dan semangat dari sosok pahlawan sang proklamator yakni Presiden RI pertama Ir. Soekarno.

"Pada momentum bulan Bung Karno tahun ini kami coba menghidupkan kembali sejarah dan menyelami pemikiran beliau untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme lewat aksi melukis bareng jejak sang proklamator, yang melibatkan para seniman lukis di Kabupaten Sidoarjo," kata Samhad - sapaannya, Sabtu (25/6/2022).

Pria yang juga menjadi sekretaris DPC PDI-P kabupaten Sidoarjo ini mengungkapkan jika dalam merefleksikan bulan kelahiran sang putra fajar, banyak hal yang bisa dilakukan sesuai dengan passion diri untuk menghargai jasa para pahlawan Indonesia.

"Ini menjadi salah satu bentuk penghargaan kita pada bung Karno yang telah berjuang untuk bangsa ini, sebagai pemuda jangan sampai lupa atas perjuangan para pahlawan karena berkat perjuanganya bangsa kita menjadi bangsa yang merdeka," ungkapnya.

Senuman-Lukis-Sidoarjo-a.jpg

Melalui puluhan karya lukisan, papar Samsul diharapkan nantinya sebagai generasi penerus bangsa bisa meneladani perjuangan dan sikap nasionalis sang proklamator. 

"Ancaman berkurangnya rasa nasionalisme di kalangan millenial sudah didepan mata karena masuknya pengaruh budaya asing di era serba digital, oleh karena itu kami mengajak kembali mengingat sang proklamator untuk menumbuhkan rasa nasionalisme terutama pada generasi millenial, " Pungkas samsul.

Lebih jauh Samhad menambahkan jika hasil karya lukisan dari sekitar 50 seniman lukis ini, nantinya akan dipamerkan mengelilingi monumen jayandaru dan akan dilelang kepada warga Sidoarjo.

"Hari ini karya dari para pelukis, akan dipajang hingga sore hari. Setelah itu kita cari 10 karya terbaik dengan melibatkan juri yang kompeten untuk selanjutnya pada malam harinya akan dilelang untuk warga Sidoarjo," jelasnya.

Tak hanya itu pihaknya juga mengundang forkopimda Kabupaten Sidoarjo dalam lelang ini. "Hasil lelang lukisan nantinya akan diserahkan kepada sang pelukis atau pemilik lukisan tersebut," pungkas Samsul Hadi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES