Glutera News

12 Manfaat Olahraga Muaythai untuk Wanita

Jumat, 24 Juni 2022 - 10:32 | 42.82k
12 Manfaat Olahraga Muaythai untuk Wanita
Image: Glutera for Times Indonesia
Editor: Dhina Chahyanti

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Banyak orang melakukan seni bela diri apapun, misalnya karate, kungfu, wushu, taekwondo, dan muay thai hanya untuk tujuan melindungi diri dari maraknya tindakan kejahatan di luar sana.

Padahal, rutin melakukan olahraga bela diri juga sangat bermanfaat untuk menunjang kesehatan tubuh, lho!

Muaythai merupakan seni bela diri yang sedang populer di kalangan anak muda. Tak hanya untuk melindungi diri, manfaat Muaythai untuk kesehatan tubuh juga tidaklah sedikit, mulai dari menurunkan berat badan hingga menjaga kesehatan jantung.

Muaythai adalah olahraga bela diri asal Thailand yang mengandalkan serangan atas melalui pukulan dan tendangan. Muaythai juga banyak menggunakan teknik penguncian di sekitar kepala lawan (clinching).

Muaythai, salah satunya, merupakan olahraga yang bisa dibilang cukup menantang untuk dilakukan. Tak hanya pria, olahraga satu ini juga sekarang punya beberapa kelas yang bisa diikuti oleh para wanita. 

Nah, tak berbeda dengan ilmu bela diri lainnya, muay thai juga punya banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. gerakan yang kamu lakukan dalam bela diri ini bisa membantu meningkatkan kekuatan, daya tahan, kecepatan, dan kelincahan tubuh. 

Sekilas, Muaythai mungkin hampir serupa dengan kickboxing. Perbedaannya adalah kickboxing hanya boleh menggunakan tangan dan kaki. Sedangkan, Muaythai juga memperbolehkan serangan menggunakan siku dan lutut, selain tangan dan kaki.

Manfaat muaythai bagi kesehatan tubuh 

Muaythai tergolong olahraga dengan intensitas tinggi, sehingga efektif untuk membakar kalori dan mengurangi berat badan. Jumlah kalori yang dapat dibakar saat melakukan olahraga ini sekitar 350–500 kalori per jam. 

Jumlah tersebut hampir setara dengan jumlah kalori yang terdapat dalam semangkuk mi ramen.

Jika dilakukan secara rutin, ada manfaat Muaythai lainnya yang juga bisa Anda peroleh, antara lain:

1. Meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah

Olahraga intensitas tinggi seperti Muaythai, dapat melancarkan aliran darah dan merangsang tubuh untuk memompa darah lebih banyak ke seluruh tubuh. Manfaat ini membuat Muaythai sebagai salah satu olahraga yang baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

2. Menguatkan otot dan menjaga keseimbangan

Gerakan-gerakan dalam Muaythai dapat menguatkan otot tubuh bagian atas dan bawah. Selain itu, kecepatan gerakan dalam seni bela diri ini juga dapat meningkatkan kelenturan, keseimbangan, refleks, dan koordinasi tubuh.

3. Menjaga kesehatan mental

Gerakan memukul dan menendang dalam Muaythai efektif untuk melepas stres dan frustrasi. Selain itu, olahraga ini juga dapat merangsang produksi hormon endorfin yang dapat memperbaiki suasana hati dan bahkan meredakan nyeri, stres, serta rasa cemas.

Tak hanya itu, olahraga Muaythai juga dapat menjadi sarana untuk bersosialisasi dengan teman atau pelatih Anda, sehingga Anda tidak merasa kesepian.

4. Meningkatkan kualitas tidur

Setelah berolahraga, tubuh memang akan terasa lelah, tetapi Anda bisa menjadi lebih relaks sehingga lebih mudah mengantuk. Kondisi ini memudahkan Anda untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, terutama bila Anda mengalami gangguan tidur.

Tak hanya itu, olahraga seperti Muaythai juga menguras banyak energi, sehingga mendorong Anda untuk lebih banyak beristirahat guna mengembalikan energi tubuh.

5. Perpaduan kardio dan melatih kekuatan tubuh

Reputasi Muaythai sebagai olahraga yang menantang memang sudah dikenal sejak lama. Namun, hal ini juga sebanding dengan manfaat yang akan didapatkan apabila melakukan Muaythai dengan rutin.

Muaythai menggunakan hampir setiap otot di dalam tubuh. Olahraga ini merupakan perpaduan sempurna dari latihan kardio, melatih kekuatan, dan daya tahan tubuh.

6. Belajar bela diri

Salah satu manfaat yang bisa dirasakan saat melakukan Muaythai adalah secara tidak langsung Moms juga belajar bela diri dengan cepat. 

Faktanya, banyak wanita yang mengikuti Muaythai karena ini sekaligus teknik bela diri.

Teknik-teknik yang dipelajari sederhana, efektif, dan mudah dipelajari. Selama enam bulan setelah seseorang mulai belajar Muaythai, mereka dapat mempertahankan diri dengan cukup baik di sebagian besar situasi.

Menurut studi yang dijelaskan dalam jurnal Violence Against Women, wanita yang bisa melakukan bela diri dengan baik akan lebih siap untuk menghadapi orang asing yang berpotensi menyerang. 

Selain itu juga memiliki perasaan lebih positif tentang tubuh mereka, lebih percaya diri, dan memiliki strategi keselamatan yang lebih baik.

7. Mampu mengatasi stres

Olahraga Muaythai sangat efektif untuk mengatasi stres yang terpendam. Hal ini berkaitan dengan begitu menantangnya olahraga ini dan banyak waktu yang dihabiskan untuk menendang serta meninju.

Akhirnya, tubuh akan semakin rileks setelahnya karena banyak energi yang dikuras habis-habisan.

Melakukan Muaythai juga tidak membosankan karena anda akan terus belajar gerakan baru sehingga mampu meningkatkan keterampilan dengan lebih baik lagi.

Menurut Harvard Health Publishing, setiap jenis olahraga memang mampu meredakan tingkat stres dan meningkatkan kesehatan mental. Namun, tetap perhatikan kondisi tubuh agar tidak memaksakan diri.

Olahraga berat selama 15 sampai 20 menit, olahraga sedang selama 30 sampai 40 menit, serta tetap terapkan istirahat di sela-sela waktu latihan.

8. Membentuk otot

Inilah kabar baik bagi mereka yang ingin memamerkan perut six-pack suatu hari nanti. Saat olahraga Muaythai secara rutin, salah satu manfaat yang mungkin didapatkan adalah perut yang kencang. 

Karena Muaythai adalah olahraga menendang serta memainkan fungsi lutut dan tulang kering dengan baik, wajar jika perut di otot akan terbentuk.

Dalam latihan Muaythai, anda akan melakukan shadow boxing, jab-cross, skipping knees dan banyak lagi. Semua gerakan ini akan mengencangkan perut dan membentuk otot six pack.

Selain itu, saat gerakan memukul dengan keras, lemak di tubuh akan terbakar dan otot di sekitar perut akan kencang.

9. Membentuk struktur tubuh

Pernahkah anda bertanya-tanya mengapa banyak orang yang gagal konsisten dengan olahraga mereka? 

Mengapa sebagian dari mereka berhenti di tengah jalan ketika mencoba gym atau jadwal latihan yang teratur?

Umumnya, ini juga terjadi karena merasa monoton dan bosan terhadap latihan yang mereka ulang berkali-kali. Namun, karena Muaythai adalah olahraga pertarungan, Moms akan belajar banyak varian tentang taktik pertahanan diri.

Manfaat yang bisa dirasakan dari latihan Muaythai secara konsistensi adalah mendapat struktur tubuh yang bagus.  Tentu ini menjadi dambaan setiap orang bukan?

10. Kepercayaan diri meningkat

Percaya diri yang kuat pada diri sendiri itulah yang membuat seseorang lebih berani dalam menghadapi setiap kemungkinan. Menariknya, manfaat Muaythai memberikan dorongan yang diperlukan seseorang untuk diri sendiri.

Saat mempelajari teknik pertahanan diri, tingkat stres dan kecemasan akan berkurang, kesehatan fisik akan lebih bugar daripada sebelumnya, dan ini menaikkan kepercayaan diri.

Muaythai tidak hanya melatih tubuh tetapi juga melatih pikiran atau mind set. Dari Muaythai, anda akan lebih baik dalam mengambil keputusan.  Ini secara alami membuat tubuh dipenuhi dengan kepercayaan diri yang tinggi.

11. Tubuh lebih segar

Seiring bertambahnya usia, imunitas kita juga akan menurun. Dengan memulai kelas Muaythai, ini adalah cara yang tepat untuk membuat tubuh lebih segar dan sehat.

Anda akan belajar mempelajari teknik-teknik baru sambil membakar lemak dalam tubuh. 
Gerakan-gerakan dalam Muaythai juga akan membantu mengembangkan aspek lain dari kebugaran seperti fleksibilitas dan fungsi motorik. Gerakan menendang akan membantu membangun jaringan tulang, terutama jika sedang menjalani diet kaya kalsium.

Olahraga ini tidak membosankan seperti olahraga lainnya yang monoton, melainkan penuh dengan ketegangan dan keseruan.

12. Otot kaki lebih kuat

Menendang dan gerakan kaki memainkan peran besar dalam Muaythai. Salah satu gerakan yang menjadi ciri khas Muaythai adalah roundhouse kick.

Mempelajari cara menendang memperkuat otot-otot tubuh bagian bawah. Setiap otot di tubuh bagian bawah akan mendapat manfaat dari berlatih berbagai tendangan dan latihan gerak kaki dalam Muaythai.

Manfaat lainnya seperti ketangkasan, betis menjadi lebih kuat dan energi penuh bisa dirasakan.

Tips aman latihan Muaythai 

Muaythai merupakan salah satu jenis olahraga tarung, sehingga risiko cedera pun cukup tinggi. Cedera yang biasanya terjadi saat melakukan olahraga ini adalah keseleo, baik di area bahu, punggung, pinggul, lutut, dan pergelangan kaki.

Untuk mencegah cedera saat latihan Muaythai, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan, di antaranya:

• Lakukan pemanasan dengan benar sebelum latihan.
• Mulailah latihan dengan intensitas kecil, lalu meningkat secara bertahap.
• Pastikan latihan dilakukan di bawah bimbingan pelatih profesional.
• Gunakan pelindung tubuh, seperti sarung tinju, pelindung kepala, bantalan lutut, dan pelindung mulut, saat sesi latih tanding dengan lawan (sparring).
• Pastikan kebutuhan cairan tubuh selalu tercukupi selama latihan.
• Tutup sesi latihan dengan pendinginan.

Untuk mendapatkan manfaat Muaythai, berlatihlah setidaknya 1–2 kali seminggu selama kurang lebih 45–60 menit.

Jika Anda menderita kondisi medis atau penyakit tertentu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mulai sesi latihan Muaythai. Hal ini penting dilakukan agar Anda bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal dan terhindar dari cedera atau gangguan kesehatan lainnya saat melakukan olahraga tersebut. (*)

Be everlasting with glutera

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Publisher : Rochmat Shobirin

EKORAN

TERBARU

  • Matte Tetap Lembab, Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint Solusinya
    Matte Tetap Lembab, Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint Solusinya
    16/08/2022 - 05:01
  • Bola-Bola Nasi Keju, Menu Bekal Enak Pasti Kenyang
    Bola-Bola Nasi Keju, Menu Bekal Enak Pasti Kenyang
    16/08/2022 - 05:00
  • Seoul Vibe, Film Aksi Drifting Berlatar Tahun 1988
    Seoul Vibe, Film Aksi Drifting Berlatar Tahun 1988
    16/08/2022 - 04:22
  • Heat Stroke Wasn't the Main Cause of Death for the Pilgrims
    Heat Stroke Wasn't the Main Cause of Death for the Pilgrims
    16/08/2022 - 03:36
  • Keren, Film Pendek Taylor Swift Masuk Nominasi Oscar  
    Keren, Film Pendek Taylor Swift Masuk Nominasi Oscar  
    16/08/2022 - 02:45

TIMES TV

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

10/11/2021 - 09:39

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

iGuides

  • Tawarkan Konsep Baru, Saygon Hotel and Cottage Terekomendasi Iguides 5 Star
    20/03/2022 - 18:00
  • Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    28/01/2022 - 10:38
  • Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    07/12/2021 - 20:06
  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05

KOPI TIMES

  • Perlukah 'Motif' dalam Kasus Irjen Ferdy Sambo?
    Perlukah 'Motif' dalam Kasus Irjen Ferdy Sambo?
    15/08/2022 - 17:14
  • Retrospeksi 77 tahun Kemerdekaan di Sektor Pendidikan
    Retrospeksi 77 tahun Kemerdekaan di Sektor Pendidikan
    15/08/2022 - 16:11
  • KKN di Perguruan Tinggi: Sebuah Pengabdian atau Sekadar Penggugur Kewajiban?
    KKN di Perguruan Tinggi: Sebuah Pengabdian atau Sekadar Penggugur Kewajiban?
    15/08/2022 - 15:29
  • Peran Strategis Pemuda dalam Mengusung Semangat Nasionalisme di Era Society 5.0
    Peran Strategis Pemuda dalam Mengusung Semangat Nasionalisme di Era Society 5.0
    15/08/2022 - 14:28
  • Pers Perjuangan di Era Klik
    Pers Perjuangan di Era Klik
    13/08/2022 - 19:12
  • Idealitas Ruang Publik dalam Citayam Fashion Week
    Idealitas Ruang Publik dalam Citayam Fashion Week
    11/08/2022 - 16:16
  • Diskresi SKB 4 Menteri di Tengah Pandemi
    Diskresi SKB 4 Menteri di Tengah Pandemi
    11/08/2022 - 15:58
  • Bergerak dengan Hati hingga Menjadi Dambaan Hati
    Bergerak dengan Hati hingga Menjadi Dambaan Hati
    11/08/2022 - 13:29

KULINER

  • Bola-Bola Nasi Keju, Menu Bekal Enak Pasti Kenyang
    Bola-Bola Nasi Keju, Menu Bekal Enak Pasti Kenyang
    16/08/2022 - 05:00
  • Dijual di Pusat Perbelanjaan, Jajanan Jadul Khas Gresik Naik Kelas
    Dijual di Pusat Perbelanjaan, Jajanan Jadul Khas Gresik Naik Kelas
    15/08/2022 - 19:04
  • Resep Tumpeng Merah Putih, Sajian Lezat Saat Tujuh Belasan
    Resep Tumpeng Merah Putih, Sajian Lezat Saat Tujuh Belasan
    14/08/2022 - 07:12
  • Bancakan Sak Tempeh di Java Lotus Hotel, Sajian Ragam Kudapan Pandhalungan
    Bancakan Sak Tempeh di Java Lotus Hotel, Sajian Ragam Kudapan Pandhalungan
    13/08/2022 - 16:56
  • Berlumur 15 Bumbu Rahasia, Rasakan Kelezatan Mih Kocok Mang Dadeng di Kota Bandung
    Berlumur 15 Bumbu Rahasia, Rasakan Kelezatan Mih Kocok Mang Dadeng di Kota Bandung
    13/08/2022 - 12:56