Indonesia Positif

Inkoppas Apresiasi Langkah Kemendag Hadapi Pendemo

Jumat, 24 Juni 2022 - 19:01 | 24.51k
Ketua bidang hubungan antar lembaga INKOPPAS Andrian Lame Muhar.
Ketua bidang hubungan antar lembaga INKOPPAS Andrian Lame Muhar.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Masih naiknya harga-harga sembako yang membawa dampak di semua pihak, Induk Koperasi Pedagang Pasar (INKOPPAS) melaksanakan aksi damai di depan Kantor Kementerian Perdagangan, Rabu (22/6/22) kemarin.

Menurut ketua bidang hubungan antar lembaga INKOPPAS Andrian Lame Muhar kepada wartawan Jumat (24/6/22) dirinya mengatakan sebenarnya pelaksanaan aksi damai ini akan diikuti oleh INKOPPAS seluruh Indonesia, namun karena ada acara di Kemenkoperekonomian jadi yang turun dalam demo adalah puskoppas DKI yang juga sudah direstui oleh INKOPPAS pusat.

"Tadinya mau puskoppas seluruh Indonesia, tapi karena Inkoppas juga ada acara di Kemenkoperekonomian jadi yang turun dalam demo adalah puskoppas DKI dan sudah dapat restu dari InKoppas," ujar Andrian.

Pelaksanaan aksi damai Puskoppas yang diikuti oleh 300 anggota Puskoppas DKI ini, lebih lanjut Andrian mengatakan pihaknya juga sudah dihubungi pihak staf Kemendag bahwa sekitar dua minggu dari sekarang INKOPPAS dan juga Puskoppas diundang untuk melakukan audensi oleh Kemendag.

"Tuntutan yang kami wacanakan adalah tentang stabilitas harga sembako yang sedang naik tajam dan pedagang sangat kesulitan menjual barang- barang sembako ini karena terlalu tinggi harganya, sehingga konsumen menjadi menurun, dan lebih berhemat, pedagang pasar mulai menurun omsetnya, akhirnya meminta tolong kepada kemendag agar bagaimana caranya agar harga- harga sembako ini bisa ditekan agar harga sembako bisa normal kembali," ungkap Andrian di sela rapat dengan Kemenko.

Pihaknya juga mengklaim bahwa hanya INKOPPAS yang di undang oleh Kemenko Perekonamian untuk induk koperasi.

Dari hasil Via zoom tersebut berdiskusi terkait permasalahan masalah permodalan untuk koperasi, bagaimana cara permodalan di koperasi agar lebih mudah, khususnya di koperasi pedagang pasar  dan Inkoppas terlibat dalam mengatur pendisribusian permodalan ke Koppas dan ke anggotanya.

"Dengan Kementerian Perekonomian juga di bahas masalah teknis tatacara mendapatkan pinjaman baik APBN melalui LPDB maupun Bank yang dapat membantu Inkoppas dalam menyalurkan ke anggota- anggotanya,” ungkapnya.

Dirinya berharap dari hasil diskusi tersebut dapat mempermudah regulasi untuk bantuan modal kepada anggota koperasi pedagang kami dan juga tidak mempersulit anggotanya dalam mendapatkan pinjaman dana dan permodalan.

“Mudah- mudahan banyak mendapat masukan untuk kementrian perekonomian dari kami dan juga kami mendapat masukan apa yang mesti dilakukan dan apa yang harus diperbaiki. Kami juga memberi masukan kepada kemenkop agar koperasi- koperasi yang bermasalah harus di sehatkan agar koperasi- koperasi dapat berjalan dengan baik khususnya di koppas- koppas kami,” terangnya. 

INKOPPAS sendiri sangat mengapresiasi kepada mendag yang hadir kemudian turun bertemu dengan kawan- kawan pedagang serta menyapa mereka.

Harapannya, Mendag yang baru ini bisa membawa angin segar buat harga- harga sembako dapat lebih terjangkau.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES